soal uas simulasi digital kelas x semster gasal
A. PILIHAN
GANDA
Pilihlah
jawaban yang paling benar!
1. Apabila
aplikasi interaksi online diantaranya berikut ini yaitu …
a. Adobe
flash player d. Hotmail
b. Gmail e. semua jawaban benar
c. Skype
2. Teknologi
komunikasi dan informasi sangat menunjang dalam proses pembelajaran. Kelebihan
komunikasi online dalam menunjang proses pembelajaran adalah…
a. Peserta
didik perlu kecermatan dalam mencerna materi
b. Dalam
kegiatan dapat dalam keadaan offline
c. Guru
dan peserta didik dapat langsung bertatap muka secara massal
d. Kegiatan
pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja
e. Interaksi
antara guru dan peserta didik semakin interaktif
3. Berikut
ini fitur yang tidak termasuk dalam aplikasi yahoo messenger yaitu…
a. Konferensi
telepon d. video call
b. Text
chat e. SMS
c. Y
update
4. Fungsi
pemanfaatan teknologi komunikasi adalah…
a. Untuk
memperlancar komunikasi
b. Sebagai
sarana penghubung antara peserta didik dan guru
c. Untuk
mendukung dan meningkatkan kegiatan pembelajaran
d. Sebagai
pengolah data dan informasi yang nasuk
e. Media
pengelola kelas berbasis web
5. Pengertian
tentang kelas maya yang paling tepat berikut ini adalah…
a. Pembelajaran
yang memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi dengan media internet
b. Pembelajaran
yang memanfaatkan media internet untuk berkomunikasi
c. Kegiatan
belajar berbasis web
d. Pengelolaan
kelas yang berbasis web
e. System
pembelajaran online antara guru dan peserta didik dapat berkomunikasi dengan
media internet
6. Manfaat
kelas maya bagi pembelajaran adalah…
a. Pembelajaran
bersifat sosial
b. Akses
internet tersedia luas
c. Informasi
dapat ditemukan dimana saja
d. Pembelajaran
menarik sehingga mampu meningkatkan kemapuan peserta didik
e. Interaksi
guru dan peserta didik efektif
7. Faktor
yang perlu diperhatikan dalam penerapan kelas maya adalah…
a. Hadware
dan software yang harus diperlukan harus spesifikasi yang tinggi
b. Cara
mengelola kelas maya
c. Data
yang akan di share perlu dipecah menjadi lebih kecil
d. Kemapuan
dengan spesifikasi tinggi
e. Ketersediaan
infrastruktur jaringan pendukung yang memadai
8. Langkah
perubahan password peserta didik pada edmodo adalah…
a. Account,
setting, password, klik change password
b. Account,
setting, password
c. Setting,
account, password
d. Account,
setting, change password
e. Setting,
account, change password
9. Dalam
komunikasi daring sebisa mungkin dihindari dalam penggunaan huruf capital. Hal
ini dimaksudkan karena…
a. Huruf
capital berarti tidak menghargai
b. Huruf
capital bermakna menyuruh
c. Huruf
capital berarti memaksakan kehendak
d. Huruf
capital bermakna menghina
e. Huruf
capital mengandung makna teriakan
10. Chatting
dan mendengarkan music serta dapat digunakan untuk update status music adalah
fitur dari aplikasi…
a. Gtalk d. campfrog
b. WeChat e. Line
c. Skype
11. Fitur
add pada Gtalk berfungsi sebagai…
a. Untuk
menambah aplikasi d. ditambahkan sebagai teman
b. Menambah
jaringan e. menambah quota
c. Menambah
teman
12. Pengertian
tentang kelas maya yang paling tepat berikut ini adalah…
a. System
pembelajaran online antara guru dan peserta didik dapat berinteraksi sesukanya.
b. Pembelajaran yang memanfaatkan media internet
untuk berkomunikasi
c. Pembelajaran
yang memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi dengan media internet
d. Kegiatan
belajar berbasis web
e. Pengelolaan
kelas yang berbasis web
13. Fungsi
learning management system (LMS) dalam pengelolaan pembelajaran kelas maya
yaitu…
a. Untuk
membuat materi pembelajaran dan megelola hasil pembelajran yang berbasis web
b. Menggunakan
kembali, menempatkan, menyampaikan, mengelola, dan memperbaiki, materi
pembelajaran
c. Digunakan
membuat materi pelajaran saja
d. Digunakan
hanya mengelola informasi yang diterima
e. Hanya
digunakan untuk mendistribusikan informasi yang akan dikirim
14. Fungsi
pemanfaatan teknologi komunikasi adalah…
a. Untuk
memperlancar komunikasi
b. Untuk
mendukung dan meningkatkan kegiatan pembelajaran
c. Sebagai
sarana penghubung antara peserta didik dengan guru
d. Media
pengelola kelas berbasis web
e. Sebagai
pengelola data dan informasi yang masuk
15. Berikut
yang termasuk dalam kegiatan pembelajaran dalam kelas maya dinataranya…
a. Interaksi
antara peserta didika dan guru tidak perlu
b. Peserta
didik tidak perlu cermat dalam mempelajari materi di kelas maya
c. Kegiatan
pembelajaran dan mata pelajaran dijadwalkan pada jam- jam tertentu sehingga
antar mata pelajaran tidak bertumbukan
d. Guru
sebagai fasilitator untuk menyampaikan materi pembelajaran
e. Peserta
didik tidak perlu cermat dalam mempelajari materi dikelas maya
16. Manfaat
kelas maya bagi pembelajaran adalah…
a. Interaksi
guru dan peserta didik efektif
b. Akses
internet tersedia luas
c. Informasi
dapat ditemukan dimana saja
d. Pembelajaran
menarik sehingga mampu meningkatkan kemampuan peserta didik
e. Pembelajaran
bersifat sosial
17. Factor
yang perlu diperhatikan dalam penerapan kelas maya adalah…
a. Hardware
dan software harus dalam spesifikasi tinggi
b. Data
yang perlu dshare perlu dipecah menjadi lebih kecil
c. Cara
mengelola kelas maya
d. Kemampuan
dengan spesifikasi yang tinggi
e. Katersediaan
infrastruktur jaringan pendukung yang memadai
18. Langkah
perubahan password peseta didik dalam edmodo adalah…
a. Setting,
account, password
b. Account,
setting, password, klik change password
c. Account,
setting, password
d. Account,
setting, change password
e. Setting,
password change password
19. Yang
bukan adanya kelas maya yaitu…
a. Kelas
maya daoat mengukur kemampuan peserta didik dengan sendirinya
b. Menumbuhkan
minta peserta didik akan belajar
c. Menciptakan
lingkungan belajar yang kondusif
d. Memfasilitasi
interaksi antara guru dan peserta didik
e. Meningkatkan
kemampuan peserta didik dalam belajar
20. Fasilitas
Perpustakaan maya di edmodo berfungsi …
a. Sebagai
katalog materi dengan koneksi internet
b. Untuk
mengunggah dan menyimpan materi
c. Untuk
menyediakan materi pembelajaran baik video, audio, teks dan sebagainya
d. Sebagai
perangkat elektronik untuk mencari sumber belajar
e. Untuk
mendukung pembelajaran
21. Format
materi yang dapat diunggah di perpustakaan maya edmodo adalah…
a. Mkv d. pdf
b. Mp4 e. semua jawaban benar
c. Doc
22. Pertama
kali yang dilakukan peserta didik yang menggunakan edmodo adalah…
a. Membuat
account d. merubah password
b. Pengaturan
profile e.
mengerjaka tugas
c. Membuat
jadwal dikalender
23. Yang
merupakan tujuan penggunaan polling adalah…
a. Ntuk
membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran
b. Untuk
mengetahui seberapa minat peserta didik terhadap suatu pelajaran
c. Untuk
menemukan konsep pembelajaran yang tepat
d. Memberi
kemudahan akses peserta didik dalam megakses materi
e. Sebagai
media media perantara anatara guru dan peserta didik
24. Yang
bukan jenis pertanyaan yang terdapat pada fitur kuis adalah…
a. Benar
salah d. uraian ganda
b. Pilihan
ganda e. uraian singkat
c. Mencocokkan
25. Syarat
utama untuk dapat mengunduh materi diperpustakaan maya yaitu dengan …
a. Terkoneksi
internet d. keahlian yang tinggi
b. Keahlian
yang tinggi e. spesifikasi hardware yang tinggi
c. Diakses
hanya orang- orang tertentu
26. Berikut
aplikasi yang digunkan untuk mendukung presentasi video yaitu…
a. Movie
maker d. adobe reader
b. Adobe
premiere e. ulead photoshop
c. Screen
o matic
27. Berikut
syarat- syarat presentasi video yang tepat diantaranya…
a. Audien
mengerti sebelum materi informasi disampaikan
b. Maksud
dan tujuan jelas
c. Terdapat
pendahuluan, isi, penutup
d. Presentasi
video sederhana
e. Presentasi
berupa video, audien, teks
28. Salah
satu fungsi presentasi video ialah dapat memepengaruhi. Maksud dari
mempengaruhi tersebut yaitu…
a. Orang
lain dapat melakukan sesuka hati sesuai apa yang diinginkan presenter
b. Supaya
orang lain melakukan sesuatu (tujuan tertentu) sesuai dengan pa yang diinginkan
presenter
c. Agar
orang lain dapat mengerti informasi yang disampaikan dan membeli produk
d. Supaya
dapat digunkana untuk memasarkan hasil produksi
e. Orang
lain dapat memahami maksud dan tujuan presenter mempresentasikan video
29. Kelebihan
presentasi video pembelajaran adalah…
a. Tidak
terpaku pada presentasi konvensional
b. Menggabungkan
semua unsur media, seperti teks, audio, animasi, gambar, grafik, dan video,
yang menjadi satu kesatuan
c. Penyajian
materi menjadi lebih menarik
d. Pemilihan
materi lebih luas
30. Dalam
presentasi video informasi yang
dosampaikan harus jelas, hal ini berkaitan dengan …
a. Pesan
yang disampaikan supaya tepat dan mudah dimengerti
b. Alur
kerja runtut
c. Komunikasi
lebih mudah
d. Proses
pembuatan presentasi video rumit
e. Pemahaman
setiap orang berbeda- beda
31. Synopsis
adalah…
a. Skenario
sebuah video yang diperankan oleh pemain
b. Rangkaian
suatu proses pembuatan suatu video yang dilengkapi dengan alur
c. Rangkaian
suatu peristiwa yang dikisahkan dalam bentuk cerita yang disimpulkan dalam bentuk
uraian singkat dan jelas
d. Alur
cerita yang dikisahkan dalam bentuk teks dalam bentuk teks dan diperankan oleh
pemain
e. Kupulan
teks yang berisis tentang alur cerita diperankan oleh pemain.
32. Berikut
yang bukan tujuan dari presentasi video yaitu…
a. Menyampaiakan
ide
b. Memanfaatkan
orang lain untuk melakukan sesuatu
c. Mengomunikasikan
gagasan
d. Memberikan
informasi
e. Memperoleh
informasi mengenai sesuatu
33. Pengambila gambar maksimal 10 detik bertujuan untuk…
a. Memudahkan
editor memotong gambar
b. Resolusi
video supaya besar
c. Data
video terekam baik
d. Objek
tidak mudah bergerak
e. File
size tidak terlalu besar
34. Cara
memegang kamera atau handycam yang baik diantaranya…
a. Kedua
tangan mengatur pemain dengan aba- aba dan satunya memegang zoom
b. Tangan
kanan memeganag tombol zoom dan power , dan tangan kiri menjaga keseimbangan
c. Satu
tangan memegang tombol power dan satunya memegang tombol zoom
d. Satu
tangan ditombol zoom, dan satunya memegang keseimbangan kamera
e. Kedua
tangan sama- sama menjaga keseimbangan kamera
35. Presentasi
video harus memiliki alur yang logis. Hal ini berkaitan dengan…
a. Kemampuan
presenter meyajikan presentasi video
b. Kondisi
peralatan
c. Kebutuhan
pasar
d. Kemampuan
editor membuat video
e. Keruntutan
cerita mengenai informasi suatu produk
36. Manakah
yang tidak termasuk software 3D animasi…
a. 3DSMax d. FLV
b. FBF e. JGW
c. GIF
37. Dibawah
ini yang termasuk dalam media penyimpanan dan publikasi online untuk
visualisasi digital adalah…
a. Ekternal
hardisk d. Flashdisk
b. Memory
card e. youtube
c. DVDC
38. Berikut
yang tidak termasuk pengertian simulasi visual 3D adalah…
a. Memiliki
ruang d. panjang, lebar, tinggi
b. Memiliki
volume e. panjang, lebar, tinggi, luas
c. Titik
koordinat sumbu x (datar), sumbu y(tegak), dan sumbu z (miring)
39. Yang
tidak termasuk dalam fungsi simulasi visual adalah…
a. Media
pembelajaran d.
media produksi sekaligus penjualan
b. Menyampaikan
informasi e. menyampaikan gagasan komersial
40. teknik
yang tidak digunakan untuk membuat animasi video adalah…
a. digital
2D d. dubbling
b. collage e. stop motion
c. rotoscoping
B. Kerjakan
soal uraian berikut dengan benar!
1. Mengapa
pada zaman modern ini kita harus mengenal dengan namanya media sosial?jelaskan!
2. Apakah
komunikasi secara daring hanya bias dilakukan bila ada jaringan
internet?mengapa?
3. Apakah
semua mata pelajaran dapat di buat kelas maya? Jelaskan!
4. Jelaskan
mengapa dalam pembuatan video berdurasi pendek!
5. Mengapa
di zaman modern ini sangat perlu adanya jaringan internet!
Komentar
Posting Komentar