Sabtu, 07 Juli 2012

TEORI DIELEKTRISITAS



TEORI DIELEKTRISITAS

Dengan adanya medan listrik mempengaruhi bahan dielektrik, maka muatan negative dari bahan dielektrik akan tertarik kearah yang berlawanan dengan medan magnet, seangkan muatan positif akan tertarik searah dengan medan listrik. Peristiwa ini disebut dengan peristiwa polarisasi. Dielektrisitas merupakan tingkatan suatu bahan dielektrik apabila terpolarisasi oleh medan listrik. Dielektrisitas suatu bahan akan meningkat jika jarak antar atom semakin kecil dan volume Kristal menjadi semakin kecil sehingga ikatannya akan semakin kuat dan electron semakin tidak mudah terlepas dari inti. Sifat dielektrisitas terdapat pada bahan non sentrosimetri yaitu bahan yang memiliki momen simentrinya > 0.
Dielektrik adalah bahan isolator yang digunakan untuk memisahkan kedua plat konduktor pada suatu konduktor plat sejajar. Pemasangan dielektrik dapat meningkatkan kapasitas kapasitor. Kapasitor merupakan dua plat logam yang disusun sejajar dan diantara dua plat tersebut diisi oeh suatu bahan dielektrik.
Penyebab atau penyumbang utama dielektrisitas oleh bahan disebabkan oleh Polarisasi. Polarisasi adalah julah vector dari momen dipole kecil-kecil persatuan waktu, volume, luas. Momen dipole yang terpolarisasi merupakan hasil kali antara muatan Q dan jarak de antara pusat muatan positif dan negative:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

momentum, impuls dan kekekalan momentum kelas x tkr semester 1

Pengertian  Momentum dan Impuls , Hukum Kekekalan, Energi, Tumbukan, Aplikasi Kehidupan, Rumus, Contoh Soal, Kunci Jawaban - Pernahkah ...