JURNAL PSG 2016
BUKU PANDUAN
PENDIDIKAN
SISTEM GANDA
TAHUN
AJARAN 2016-2017
![]() |
PANITIA
PELAKSANA
PRAKERIN
SMK NU ROGOJAMPI
MEI
2017
KATA PENGANTAR
![Image result for kaligrafi bismillah terindah](file:///C:\Users\tkj\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.jpg)
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT
sehingga buku Panduan Pelaksanaan Pendidikan sistem ganda (PSG) untuk siswa SMK NU Rogojampi dapat diselesaikan dengan
baik. Panduan ini di susun dalam rangka konsolidasi manajemen Pendidikan
sistem ganda menuju profesionalisme untuk mencapai visi dan misi SMK NU Rogojampi.
Panduan teknis ini disusun dengan maksud untuk
menjadikan pedoman bagi siswa dalam melaksanakan Pendidikan
Sistem Ganda (PSG) di dunia usaha/ industri. Buku
panduan ini mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan
petunjuk pelaksanaan Pendidikan sistem ganda pada Sekolah Menengah Kejuruan
yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kejuruan.
Semoga Allah SWT senantiasa memberikan
perlindungan dan bimbingan. Amin.
Rogojampi, April 2017
Tim Penyusun
DAFTAR
ISI
Hal
Halaman
Sampul
.................................................................................................
Kata
pengantar .....................................................................................................
Daftar
Isi .............................................................................................................
BAB PENDAHULUAN......................................................................................
1.1 Latar belakang
..........................................................................................
1.2 Landasan Hukum
.....................................................................................
1.3 Tujuan Pendidikan sistem ganda ..............................................................
1.4 Manfaat Pendidikan sistem ganda
............................................................
1.4.1
Manfaat
bagi Industri ...................................................................
1.4.2
Manfaat
bagi Sekolah ...................................................................
1.4.3
Manfaat
bagi Peserta Didik ..........................................................
BAB
II PELAKSANAAN PENDIDIKAN SISTEM
GANDA .........................
2.1 Petunjuk Umum pendidikan sistem ganda
...............................................
2.2 Prosedur Kegiatan
Pendidikan sistem ganda
...........................................
2.3 Tata Tertib Pendidikan sistem ganda
.......................................................
2.3.1
Hak
Peserta ...................................................................................
2.3.2
Kewajiban
Peserta ........................................................................
2.4 Sanksi Peserta
..........................................................................................
BAB
III LAPORAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA ....................................
3.1 Sistematika Penulisan Laporan ................................................................
3.2 Teknik Penulisan laporan .........................................................................
BAB
IV PENUTUP .............................................................................................
LAMPIRAN
|
i
ii
iii
1
1
2
2
2
2
3
3
4
4
4
5
5
5
5
6
6
7
9
|
BAB I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pendidikan Menengah
Kejuruan merupakan jenjang pendidikan yang mengutamakan pengembangan kemampuan
peserta didik untuk dapat bekerja pada bidang tertentu, kemampuan beradaptasi
dengan lingkungan kerja, melihat peluang kerja dan dapat mengembangkan diri di
Era Globalisasi.
SMK menyelenggarakan
Pendidikan dan Pelatihan di berbagai Program Keahlian yang disesuaikan dengan
lapangan kerja. Program Keahlian tersebut dikelompokkan menjadi bidang keahlian
sesuai dengan kelompok bidang industri / usaha asosiasi profesi. Jenis bidang
dan program keahlian ditetapkan oleh direktur Jenderal Pendidikan
Dasar dan Menengah.
Substansi atau materi
yang diajarkan di SMK disajikan sesuai dengan KurikulumTingkat Satuan
Pendidikan (KTSP) yang telah ditetapkan berdasarkan Standar Pendidikan Nasional
Pusat, dan dilaksanakan dalam berbagai jenis kompetensi yang dinilai penting dan perlu bagi peserta
didik dalam menjalani kehidupan sesuai dengan zamannya. Kompetensi dimaksud
meliputi kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadi manusia Indonesia
yang cerdas dan pekerja yang berkompeten, sesuai dengan Standar Kompetensi yang
ada dalam Dunia Usaha/ Industri/Asosiasi Profesi.
Pendidikan di SMK
dapat menerapkan berbagai pola penyelenggaraan pendidikan yang dapat
dilaksanakan secara terpadu, seperti: Pola Pendidikan Sistim Ganda (PSG) dan
pendidikan jarak jauh.
PSG adalah pola
penyelenggaraan pendidikan yang dikelola bersama-sama antara SMK dengan Dunia
Usaha/ Industri/Asosiasi Profesi, Pemerintah sebagai Institusi Pasangan (IP),
mulai dari tahap Perencanaan, Pelaksanaan, hingga tahap Evaluasidan Sertifikasi
yang merupakan satu kesatuan program. Durasi pelaksanaan Pendidikan Sistem
Ganda (PSG) ini 1-3 bulan efektif. Pola Praktik Kerja Industri diterapkan
dalam proses penyelenggaraan SMK dalam rangka lebih mendekatkan mutu lulusan
dengan kemampuan yang diminati oleh dunia usaha/ Industri/Asosiasi Profesi
(Pemerintah).
Dengan demikian,
seorang siswa dikatakan mampu mengembangkan kecakapan/keterampilan hidupnya jika menguasai dengan sungguh-sungguh seluk
belukkeahliannya secara tuntas, mulai dari penguasaan aspek Technical Skill dan Soft Skill yang terkait, hingga
aspek personal skill dan social skill yang diperlukan untuk mengaplikasikannya
dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu perlu modul pembelajaran dalam bentuk
unjuk kerja (Performance), melaksanakan pekerjaan yang sesungguhnya (Real Job)
dan alami (Natural) melalui Pendidikan Sistem Ganda (PSG), yang pada akhirnya
pada diri siswa SMK tumbuh keyakinan bahwa keahlian yang dikuasainya
cukup bermakna (Meanningfull ) untuk
dijadikan sebagai pilihan jalan hidup.
1.2 Landasan Hukum
Adapun landasan hukum pelaksanaan PSG adalah:
1.
UU No. 20 / 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.
PP. Nomor: 29 / 1990 tentang Pendidikan Menengah
3.
Kep. Menaker No: 285 / MEN / 1991 tentang Pelaksanaan
Permagangan Nasional
4.
Surat Keputusan Mendikbud Nomor : 0490 / U / 1992 tentang
Sekolah Menengah Kejuruan
5.
Surat Keputusan Mendikbud No: 080 / U / 1993 tentang
Kurikulum SMK sebagaimana telah diubah menjadi Kurikulum SMK Edisi 1999
1.3 Tujuan Pendidikan Sistem
Ganda (PSG)
Penyelenggaraan
Pendidikan Sistem Ganda (PSG) bertujuan untuk:
1.
Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional, yaitu tenaga
kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang
sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
2.
Memperkokoh hubungan keterkaitan dan kesepadanan (Link and Match)
antara SMK dan Industri.
3.
Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan
tenaga kerja yang berkualitas profesional.
4.
Memberi pengakuan dan pengahargaan terhadap pengalaman
kerja sebagai bagian dari proses pendidikan
1.4 Manfaat Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
Kerjasama antara SMK dengan dunia usaha / industri atau instansi
dilaksanakan dalam prinsip saling membantu, saling mengisi, dan saling
melengkapi untuk keuntungan bersama. Berdasarkan prinsip ini, pelaksanaan Pendidikan
Sistem Ganda (PSG) akan memberi nilai tambah atau manfaat bagi pihak-pihak yang
bekerjasama, sebagai berikut:
1.4.1
Manfaat Bagi Industri
Penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) memberi keuntungan nyata bagi
dunia industri antara lain:
a.
Perusahaan dapat mengenal kualitas peserta Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
yang belajar dan bekerja di industri.
b.
Umumnya peserta Pendidikan Sistem Ganda (PSG) telah ikut dalam proses
produksi secara aktif sehingga pada pengertian tertentu peserta Pendidikan
Sistem Ganda (PSG) adalah tenaga kerja yang memberi keuntungan.
c.
Perusahaan dapat memberi tugas kepada peserta Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
untuk kepentingan perusahaan sesuai kompetensi dan kemampuan yang dimiliki.
d.
Selama proses pendidikan melalui kerja industri, peserta Pendidikan Sistem
Ganda (PSG) lebih mudah diatur dalam hal disiplin berupa kepatuhan terhadap
peraturan perusahaan. Karena itu, sikap peserta Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
dapat dibentuk sesuai dengan ciri khas tertentu industri.
e.
Memberi kepuasan bagi dunia usaha/ industri karena diakui ikut serta
menentukan hari depan bangsa melalui Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
1.4.2
Manfaat Bagi Sekolah
a.
Tujuan pendidikan untuk memberi keahlian professional
bagi peserta didik lebih terjamin pencapaiannya.
b.
Terdapat kesesuaian yang lebih pas antara program
pendiddikan dengan kebutuhan lapangan kerja (sesuai dengan prinsip Link and
Match).
c.
Memberi kepuasan bagi penyelenggaraan pendidikan
sekolah karena tamatannya lebih terjamin memperoleh bekal yang bermanfaat, baik
untuk kepentingan tamatan, kepentingan dunia kerja, dan kepentingan bangsa.
1.4.3
Manfaat Bagi Praktikan / Peserta didik
Hasil belajar peserta PSG akan lebih bermakna, karena
setelah tamat akan betul-betul memiliki keahlian profesional sebagai bekal
untuk meningkatkan taraf hidupnya dan sebagai bekal untuk pengembangan dirinya
secara berkelanjutan.
Keahlian profesional yang
diperoleh dapat mengangkat harga diri dan rasa percaya diri tamatan, yang
selanjutnya akan mendorong mereka untuk meningkatkan keahlian profesionalnya
pada tingkat yang lebih tinggi.
BAB II.
PELAKSANAAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)
2.1 Petunjuk Umum Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
1.
Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dilaksanakan siswa kelas
XI pada semester 2
2.
Lama Pendidikan Sistem Ganda (PSG) 3 bulan
3.
Siswa dianjurkan untuk memilih tempat Pendidikan
Sistem Ganda (PSG) yang dekat dengan tempat tinggal dan juga diperbolehkan
untuk memilih sendiri tempat Pendidikan Sistem Ganda (PSG) sesuai dengan
program keahliannya dengan persetujuan dari sekolah
4.
Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dilaksanakan siswa
sesuai dengan hari dan jam kerja yang telah ditetapkan DU/DI atau atas dasar
kesepakatan antara pihak sekolah dan DU/DI.
5.
Syarat peserta Pendidikan Sistem Ganda (PSG):
a.
Kompetensi dasar keahlian siswa untuk semester 1 s/d
3 sudah tuntas
b.
Sudah menyelesaikan administrasi sekolah sebelum melaksanakan PSG
6.
Memenuhi pemberkasan PSG antara lain :
a.
Membuat surat pernyataan siswa untuk mematuhi tata
tertib sekolah dan DU/DI yang diketahui oleh orang tua/wali
b.
Mengisi biodata siswa dilengkapi foto berwarna ukuran
3 x 4 sebanyak 1 lembar
c.
Mengikuti kegiatan pembekalan yang dilaksanakan oleh
sekolah
7.Siswa menerima buku panduan dan jurnal kegiatan Pendidikan
Sistem Ganda (PSG)
8.Siswa mendapat pembelajaran yang sesuai dengan program
keahliannya
9.DU/DI menerima buku buku panduan penilaian Pendidikan Sistem
Ganda (PSG)
10. Siswa mendapatkan sertifikat Pendidikan
Sistem Ganda (PSG) dari sekolah dan dari DU/DI
2.2 Prosedur Kegiatan PSG
1.
Penentuan jadwal
pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) oleh sekolah
2.
Pertemuan dengan orang tua/wali siswa untuk
sosilaisasi pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
3.
Pencarian partner
industri (DU/DI)/ tempat Pendidikan Sistem Ganda (PSG) . Siswa diperbolehkan untuk
menentukan tempat Pendidikan Sistem Ganda (PSG) sendiri dengan persetujuan
sekolah.
4.
Penandatanganan MOU antara pihak sekolah dan DU/DI
5.
Penempatan siswa ke DU/DI dan Pembimbingan
6.
Monitoring siswa Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
7.
Penjemputan Siswa Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
8.
Pembuatan laporan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) oleh
siswa
9.
Ujian laporan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) oleh siswa
2.3 Tata Tertib PSG
2.3.1 Hak
Peserta
1.
Mengikuti program Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
2.
Mendapat perlakuan yang sesuai dengan bidang / program keahlian
3.
Memperoleh kesempatan melaksanakan ibadah sesuai dengan agamanya.
4.
Memperoleh penilaian penghargaan atas hasil praktiknya
2.3.2 Kewajiban Peserta
1.
Mematuhi peraturan yang berlaku atau ditetapkan oleh
tempat Pendidikan Sistem Ganda (PSG) siswa
2.
Memperhatikan dan melaksanakan aturan keselamatan
kerja yang diperlukan dalam melaksanakan suatu pekerjaan
3.
Menghormati instruktur
4.
Berada di tempat Pendidikan Sistem Ganda (PSG) 30 menit sebelum jam kerja dimulai
5.
Berlaku sopan dan santun serta bekerja jujur,
bertanggung jawab berinisiatif dan kreatif terhadap tugas-tugas yang diberikan
dalam praktuk kerja.
6.
Mengenakan pakaian sesuai dengan ketentuan. ( memakai
seragam sekolah )
7.
Memberitahu pimpinan/pembimbing DU/DI dan pembimbing
dari sekolah apabila berhalangan hadir.
8.
Membicarakan dengan segera kepada guru pembimbing dan
pembimbing DU/DI apabila menemui kesulitan dalam melaksanakan praktik kerja
9.
Melaporkan dengan segera kepada pembimbing DU/DI atau
yang berwenang apabila terjadi kerusakan atau salah mengambil bahan/alat
10.
Ikut memelihara sarana, prasarana, kebersihan,
ketertiban dan keamanan di tempat praktik kerja
2.4 Sanksi Peserta
Peserta yang tidak mengikuti atau meninggalkan
kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) tanpa ada surat keterangan akan
dikenakan sanksi sebagai berikut:
a. Surat teguran
b. Surat peringatan keras
c. Dinyatakan tidak lulus Pendidikan Sistem
Ganda (PSG) dan mengulang.
BAB III. LAPORAN PENDIDIKAN
SISTEM GANDA (PSG)
Laporan
kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) diwajibkan bagi seluruh siswa yang telah
melaksanakan kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG). Laporan kegiatan Pendidikan
Sistem Ganda (PSG) dibuat rangkap 3 (tiga),
setelah disahkan distribusikan kepada guru pembimbing (asli), pihak
DU/DI (duplikat) dan siswa sebagai pegangan (duplikat). Laporan harus sudah diselesaikan dan dikumpulkan
kesekolah paling lambat satu minggu setelah masa Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
berakhir.
3.1 Sistematika Penulisan Laporan Pendidikan Sistem Ganda
(PSG)
Laporan PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG) terbagi menjadi 3 bagian,
yaitu bagian awal, bagian inti dan bagian akhir. Secara umum bagian dari laporan PENDIDIKAN
SISTEM GANDA (PSG) tersebut adalah sebagai berikut:
3.1.1
BAGIAN AWAL
ü Halaman Judul/ Sampul
ü Halaman Pengesahan
ü Kata Pengantar
ü Daftar Isi
ü Daftar Tabel
ü Daftar Gambar
ü Daftar Lampiran
ü Daftar Lainnya
3.1.2
BAGIAN INTI
ü BAB I. PENDAHULUAN
·
Latar
Belakang
·
Tujuan
Praktik Industri
·
Manfaat
Praktik Industri
ü BAB II. GAMBARAN PERUSAHAAN
·
Sejarah ……(diisi NamaPerusahaan/Kantor)
·
Struktur
Organisasi (pada Perusahaan/Kantor)
·
Kedudukan
dan Letak (Nama Perusahaan/Kantor)
·
Prosedur
Pelayanan (Nama Perusahaan/Kantor)
ü BAB III. PELAKSANAAN PRAKTIK
·
Waktu dan
Tempat Pelaksanaan Praktik
·
Bahan dan
Alat
·
Faktor
Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Praktik
·
Laporan
Kegiatan Harian
ü BAB IV. PENUTUP
·
Kesimpulan
·
Saran
3.1.3
BAGIAN
AKHIR
ü DAFTAR PUSTAKA
ü LAMPIRAN
·
Daftar
Hadir
·
Agenda
Kegiatan pada jurnal
·
Foto
Kegiatan pada saat melaksanakan pekerjaan di tempat DU/DI
·
Sumber
Dokumen seperti contoh pekerjaan yang diselesaikan
3.2
Teknik Penulisan Laporan
Laporan
Praktik Kerja Industri (Pendidikan Sistem Ganda (PSG)) disusun menurut tata
tulis ilmiah dengan menggunakan Bahasa Indonesia dengan ejaan dan cara
penulisan yang baik dan benar serta diketik dengan komputer.
3.2.1 Tata Penulisan
ü Ukuran kertas A4, 70 Gram
ü Batas kanan & batas atas 3 cm, sedangkan batas bawah dan batas
kiri 4 cm
ü Jarak ketikan adalah 1,5 spasi
ü Tipe huruf (font) : Times
New Roman
ü Ukuran huruf 12
ü Penomoran Bab serta subbab
o
Bab
dinomori dengan menggunakan angka romawi.
o
Subbab
dinomori dengan menggunakan angka latin.
Contoh :
II ...........................(judul bab)
2.1 ..........................(judul subbab)
2.1.1.....................(judul
sub-subbab)
o Penulisan tulisan nomor dan judul bab
ditengah, dengan huruf besar, ukuran font 14 tebal
o Penulisan nomor dan judul subbab, dimulai
dari kiri, dimulai dengan huruf besar, ukuran font 12, tebal
ü Penomoran halaman
o
Bagian
Awal, nomor halaman ditulis dengan angka romawi huruf
kecil(i,ii,iii,iv,…).Posisi di tengah bawah (2 cm dari bawah). Khusus untuk
lembar judul dan lembar pengesahan, nomor halaman tidak perlu diketik, tapi
tetap dihitung.
o
Bagian
inti, nomor halaman ditulis dengan angka latin (1,2,3,4,5...).
Halaman pertama dari bab pertama adalah halaman nomor satu. Peletakan nomor
halaman di bagian bawah tengah,
sedangkan halaman lainnya dipojok kanan bawah
ü Judul dan Nomor Gambar / Grafik / Tabel
o
Judul
gambar/grafik diketik di bagian bawah tengah dari gambar.
o
Judul tabel
diketik di bagian atas kiri dari tabel.
o Penomoran gambar/grafik/tabel tergantung pada bab yang
bersangkutan, contoh : gambar 3.1 berarti gambar pertama yang ada di bab III.
3.2.2
Halaman Depan (cover)
o Halaman depan laporan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) berisi
informasi tentang nama dan lokasi industry tempat melaksanakan praktik
industri, logo sekolah, data dan lembaga.
o Warna cover laporan Pendidikan Sistem Ganda
(PSG) TKJ (warna biru), TKJ (warna hijau), TPHP (warna merah)
3.2.3
Penulisan Daftar Pustaka
Daftar pusataka terdiri atas
buku-buku referensi, buku teks, jurnal, paper, artikel ilmiah dan internet.
Contoh penulisan daftar pustaka.
Tim Penyusun PI. 2011. Panduan Praktik Industri SMK 2. Surabaya
Mintana,
anjrah. 2012. Keterampilan Komputer dan
Pengelolaan Informasi untuk SMK dan MK kelas X. Jakarta : Erlangga
https://www.scribd.com/doc/115373418/Buku-Panduan-Pendidikan
Sistem Ganda (PSG)
BAB IV. PENUTUP
Demikianlah Buku Panduan Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) untuk
siswa SMK NU Rogojampi ini disusun untuk dijadikan acuan dalam melaksanakan
kegiatan Pendidikan
Sistem Ganda. Diharapkan kepada seluruh stake holder sekolah dan panitia bisa
melaksanakan seluruh kegiatan yang sudah diprogramkan.
Perbaikan dan perbaikan adalah hal yang mutlak
diperlukan dalam melanjutkan program ini kedepan. Semoga apa yang kita
rencanakan dan apa yang kita kerjakan senantiasa mendapat Ridho dan pertolongan
dari Allah SWT. Amin ya Rabbal alamin.
Contoh
: sampul depan / cover
LAPORAN
PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)
DI
PT. INDO MOBIL
TAHUN
AJARAN 2016 / 2017
PERIODE : 1 MEI s.d 10 AGUSTUS 2017
Diajukan sebagai salah satu tugas akhir dalam
pelaksanaan
Praktek Kerja Industri
![]() |
DISUSUN
OLEH :
NAMA
SISWA
NISN
SISWA
PEMERINTAH
KABUPATEN BANYUWANGI
DINAS
PENDIDIKAN
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN NU ROGOJAMPI
PAKET
KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
2017
Contoh
: Halaman judul
LAPORAN
PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG))
DI
PT. INDO MOBIL
TAHUN
AJARAN 2016 / 2017
PERIODE : 1 MEI s.d 10 AGUSTUS 2017
Diajukan sebagai salah satu tugas akhir dalam
pelaksanaan
Praktek Kerja Industri
![]() |
DISUSUN
OLEH :
NAMA
SISWA
NISN
SISWA
PEMERINTAH
KABUPATEN BANYUWANGI
DINAS
PENDIDIKAN
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN NU ROGOJAMPI
PAKET
KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
2017
Contoh : Halaman Pengesahan
HALAMAN PENGESAHAN
Laporan Pendidikan Sistem Ganda
Judul
:…………………………………………………
Yang telah dilaksanakan oleh siswa
Nama
: ……………………………
NIS/NISN
: …………………/…………
Program Keahlian
: ……………………………
Ditulis sebagai syarat kenaikan kelas
dan mengikuti Ujian Nasional
Menyetujui,
Pembimbing
Sekolah, Pembimbing
DU/DI,
………………………. ………………………
Kepala
Program Keahlian Pimpinan DU/DI
TKR/ TKJ/ TPHP PT/Nama Kantor……...
…………………………. ………………………
Mengetahui,
Kepala SMK NU Rogojampi,
………………………
NIY.
Contoh
: Kata Pengantar
KATA
PENGANTAR
Dengan mengucap syukur
atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa, yang senantiasa melimpahkan berkah, rahmat,
taufiq, serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Pendidikan
Sistem Ganda di PT/ Kantor……………. Laporan ini di buat berdasarkan kegiatan-kegiatan
yang dilaksanakan siswa selama berada di dunia industri. Laporan ini disusun
sebagai pertanggungjawaban siswa selama PSG dan berfungsi sebagai acuan dalam
ujian yang dilaksanakan setelah siswa melaksanakan praktik di dunia industri.
Pelaksanaan PSG dapat
berjalan lancar karena adanya dukungan kerja sama yang baik dari berbagai
pihak. Pada kesempatan kali ini penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada
:
1. Bapak ……………………… selaku
kepala SMK NU Rogojampi.
2. ……………. selaku Ketua
Program Keahlian……………
3. ……………………selaku Pimpinan
PT/ Kepala Kantor……………
4. …….selaku guru pembimbing
selama pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda
5. …………….. selaku pembimbing pada
PT/ Kantor……...
6. Seluruh staff dan karyawan PT/
Kantor………………….
7. Dewan guru atas bimbingannya selama penulis
belajar di SMK NU Rogjampi
8. Seluruh karyawan SMK NU Rogojampi
9.Teman-teman yang membantu hingga terselesainya
laporan Praktik Kerja Industri ini.
Penulis menyadari akan
kekurangan-kekurangan dalam pembuatan laporan ini yang harus dibenahi, oleh
karena itu penulis mengharapkan masukan kritik dan saran yang bersifat
membangun guna sempurnanya laporan ini di masa mendatang. Akhir kata penulis
mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan. Semoga laporan Praktik Kerja
Industri ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.
Rogojampi,
............... (bln / tahun)
Penulis,
(Nama Siswa)
Contoh
: Daftar isi
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL........................................................................................
|
i
|
HALAMAN PENGESAHAN..........................................................................
|
ii
|
KATA
PENGANTAR......................................................................................
|
iii
|
DAFTAR ISI
....................................................................................................
|
iv
|
BAB I PENDAHULUAN .............................................................................
|
1
|
1.1 Latar Belakang
...................................................................................
|
1
|
1.2 Tujuan Praktik Industri
......................................................................
|
|
1.3 Manfaat Praktik Industri
......................................... ..........................
|
|
BAB II GAMBARAN PERUSAHAAN
.......................................................
|
|
2.1 Sejarah (Nama Perusahaan/Kantor)...................................................
|
|
2.2 Struktur Organisasi (pada Perusahaan/Kantor)...... ..........................
|
|
2.3 Kedudukan dan Letak (Nama Perusahaan/Kantor).. .........................
|
|
2.4 Prosedur Pelayanan (Nama Perusahaan/Kantor)....... ........................
|
|
BAB III PELAKSANAAN PRAKTIK
........................................................
|
|
3.1 Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Praktik ............................................
|
|
3.2 Bahan dan Alat
..................................................................................
|
|
3.3 Faktor Pendukung dan Penghambat
Pelaksanaan Praktik ..................
|
|
3.4 Laporan Kegiatan
Harian............................................... .....................
|
|
BAB
IV KESIMPULAN DAN SARAN
....................................... .............
|
|
4.1 Kesimpulan
..........................................................................................
|
|
4.2 Saran
....................................................................................................
|
|
DAFTAR PUSTAKA
|
|
DAFTAR LAMPIRAN
|
|
DATA PEMBIMBING PSG
NO
|
NAMA
|
ALAMAT
|
NO. TELP
|
1
|
Achmad Fajarudin, S.Pd
|
Dsn. Krajan RT/RW: 01/01 Pakis taji – Kabat –
Banyuwangi
|
085336656957
|
2
|
Agung Willis P,A.Md
|
Jajang Surat - Rogojampi
|
08113412602
082244008147
|
3
|
Ahmad Ziad Zabadi, S.Pd
|
Gladag
|
082232572765
|
4
|
Asta Nevilia .S,S.Pd
|
Dsn. Umbulrejo RT/RW :01/07 Bagorejo – Srono –
Banyuwangi
|
08113587772
|
5
|
Firdaus Eko N,A.Md
|
Dsn. Sidomulyo RT/RW:02/01 Gitik - Rogojampi
|
082341727223
|
6
|
Jefri Al Buchori
|
Ds. Kedaleman
|
082245604370
|
7
|
Lutfi Desiyanti, S.Pd
|
Dsn. Krajan RT?RW:03/04 Gladag – Rogojampi
|
085733072530
|
8
|
M. Agus Syafi’i,S.Se
|
Ds. Mangir - Rogojampi
|
082257710282
|
9
|
Mafidatul Ilmi, S.Pd
|
Perumahan Pengantigan Indah Blok D3 RT/RW: 01/04
Rogojampi - Banyuwangi
|
085259056051
|
10
|
Rustam Efendi, S.Pd
|
Jln. S. Parman no. 40 Banyuwangi
|
082337341334
|
11
|
Triyana Mayorita, S.Pd
|
Dsn. Sukorejo RT/RW : 03/01 Sukomaju – Srono -
Banyuwangi
|
085235627879
|
12
|
Ummi Lestari
|
Dsn.GumukAgung RT/RW: 03/01 Gintangan – Blimbing Sari
|
Komentar
Posting Komentar