Senin, 08 Oktober 2018

ENERGI DAN DAYA LISTRIK KELAS XII SEMESTER 1

Energi dapat didefinisakan sebagai kekuatan untuk melakukan usaha. Satuan energi dinyatakan dalam Joule (J), kalori (kal), atau erg.

Dalam pembahasan kali ini, idSCHOOL akan mefokuskan pada energi listrik. Penjelasan bentuk energi lain dapat dilihat pada artikel lalinnya. Energi Listrik diakibatkan oleh muatan listrik yang bergerak, yang disebut arus listrik (I). Energi listrik banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari seperti menyalakan lampu, mengisi daya baterai handphone, menghidupkan komputer, dan lain sebagainya. Energi listrik yang sampai pada rumah sobat idschool mengalami proses panjang. Sebagian besar, produksi listrik di Indonesia dilakukan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Besar energi listrik dapat dihitung melalui rumus berikut.

Rumus Energi Listrik
    \[ W = P \cdot t \]
    \[W = V \cdot I \cdot t \]
    \[W = I^{2} \cdot R \cdot t \]
    \[W = \frac{V^{2}}{R} \cdot t \]

Keterangan:
     P    = daya listrik (W)
     W    = energi listrik (J)
     t    = waktu (s)
     R    = hambatan (\Omega)
     I    = kuat arus listrik (A)
     V    = beda potensial/tegangan (Volt)


Daya listrik

Daya, dalam bahasa Inggris disebut power, sehingga dalam fisikan disimbolkan dengan P. Daya dapat diartikan sebagai kekuatan. Besarnya suatu daya dipengaruhi oleh usaha yang dilakukan dan waktu. Satuan daya dinyatakan dalam watt (diambil dari nama penemu mesin uap, James Watt). Satu watt sama dengan satu Joule per sekon.
    \[ 1 \; \textrm{watt} \; = \; 1 \; \textrm{joule/sekon} \]
Daya listrik dinyatakan sebagai banyaknya energi listrik untuk setiap satuan waktu. Pada peralatan listrik biasanya tertera keterangan daya yang dibutuhkan untuk menggunakan alat tersebut. Misalkan pada sebuah lampu tertulis 60 W/220 V, artinya jika lampu tersebut dipasang pada tegangan listrik 220 V maka akan dihasilkan daya listrik sebesar 60 W.
Besar tegangan 220 V adalah besar tegangan yang disuplai oleh PLN Indonesia. Sehingga, kebanyakan peralatan listrik yang dijual di Indonesia cocok dipasang pada tegangan 220 V.

Sekarang, mari simak rumus daya listri pada persamaan di bawah.

Rumus Daya Listrik
    \[P = \frac{W}{t} \]
    \[P = V \cdot I \]
    \[P = I^{2} \cdot R \]
    \[P = \frac{V^{2}}{R} \]

Keterangan:
     P    = daya listrik (W)
     W    = energi listrik (J)
     t   = waktu (s)
     R    = hambatan (\Omega)
     I    = kuat arus listrik (A)
     V    = beda potensial/tegangan (Volt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

momentum, impuls dan kekekalan momentum kelas x tkr semester 1

Pengertian  Momentum dan Impuls , Hukum Kekekalan, Energi, Tumbukan, Aplikasi Kehidupan, Rumus, Contoh Soal, Kunci Jawaban - Pernahkah ...