Senin, 08 Oktober 2018

JURNAL PSG 2016


BUKU PANDUAN
PENDIDIKAN SISTEM GANDA
(PSG) SMK NU ROGOJAMPI
TAHUN AJARAN 2016-2017







 
















PANITIA PELAKSANA
PRAKERIN SMK NU ROGOJAMPI
MEI 2017








KATA PENGANTAR
Image result for kaligrafi bismillah terindah
            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT  sehingga buku Panduan Pelaksanaan Pendidikan sistem ganda (PSG) untuk siswa SMK NU Rogojampi dapat diselesaikan dengan baik.  Panduan ini di susun dalam rangka konsolidasi manajemen Pendidikan sistem ganda menuju profesionalisme untuk mencapai visi dan misi SMK NU Rogojampi.
Panduan  teknis ini disusun dengan maksud untuk menjadikan pedoman bagi siswa dalam melaksanakan  Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di dunia usaha/ industri. Buku panduan ini mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan petunjuk pelaksanaan Pendidikan sistem ganda pada Sekolah Menengah Kejuruan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kejuruan.
            Semoga Allah SWT senantiasa memberikan perlindungan dan bimbingan. Amin.

                          Rogojampi,   April 2017
                                                                                                         Tim Penyusun











DAFTAR ISI
                                                                                                                                      Hal
Halaman Sampul  .................................................................................................
Kata pengantar .....................................................................................................
Daftar Isi .............................................................................................................
BAB  PENDAHULUAN......................................................................................
1.1  Latar belakang ..........................................................................................
1.2  Landasan Hukum .....................................................................................
1.3  Tujuan Pendidikan sistem ganda ..............................................................
1.4  Manfaat Pendidikan sistem ganda ............................................................
1.4.1        Manfaat bagi Industri ...................................................................
1.4.2        Manfaat bagi Sekolah ...................................................................
1.4.3        Manfaat bagi Peserta Didik ..........................................................
BAB II   PELAKSANAAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA .........................
2.1  Petunjuk Umum pendidikan sistem ganda ...............................................
2.2  Prosedur Kegiatan Pendidikan sistem ganda ...........................................
2.3  Tata Tertib Pendidikan sistem ganda .......................................................
2.3.1        Hak Peserta ...................................................................................
2.3.2        Kewajiban Peserta ........................................................................
2.4  Sanksi Peserta ..........................................................................................
BAB III LAPORAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA ....................................
3.1  Sistematika Penulisan Laporan ................................................................
3.2  Teknik Penulisan laporan .........................................................................
BAB IV PENUTUP .............................................................................................
LAMPIRAN

i
ii
iii
1
1
2
2
2
2
3
3
4
4
4
5
5
5
5
6
6
7
9



 


BAB I. PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Pendidikan Menengah Kejuruan merupakan jenjang pendidikan yang mengutamakan pengembangan kemampuan peserta didik untuk dapat bekerja pada bidang tertentu, kemampuan beradaptasi dengan lingkungan kerja, melihat peluang kerja dan dapat mengembangkan diri di Era Globalisasi.
SMK menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan di berbagai Program Keahlian yang disesuaikan dengan lapangan kerja. Program Keahlian tersebut dikelompokkan menjadi bidang keahlian sesuai dengan kelompok bidang industri / usaha asosiasi profesi. Jenis bidang dan program keahlian ditetapkan oleh  direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Substansi atau materi yang diajarkan di SMK disajikan sesuai dengan KurikulumTingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang telah ditetapkan berdasarkan Standar Pendidikan Nasional Pusat, dan dilaksanakan dalam berbagai jenis kompetensi yang  dinilai penting dan perlu bagi peserta didik dalam menjalani kehidupan sesuai dengan zamannya. Kompetensi dimaksud meliputi kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadi manusia Indonesia yang cerdas dan pekerja yang berkompeten, sesuai dengan Standar Kompetensi yang ada dalam Dunia Usaha/ Industri/Asosiasi Profesi.
Pendidikan di SMK dapat menerapkan berbagai pola penyelenggaraan pendidikan yang dapat dilaksanakan secara terpadu, seperti: Pola Pendidikan Sistim Ganda (PSG) dan pendidikan jarak jauh.
PSG adalah pola penyelenggaraan pendidikan yang dikelola bersama-sama antara SMK dengan Dunia Usaha/ Industri/Asosiasi Profesi, Pemerintah sebagai Institusi Pasangan (IP), mulai dari tahap Perencanaan, Pelaksanaan, hingga tahap Evaluasidan Sertifikasi yang merupakan satu kesatuan program. Durasi pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) ini 1-3 bulan efektif. Pola Praktik Kerja Industri diterapkan dalam proses penyelenggaraan SMK dalam rangka lebih mendekatkan mutu lulusan dengan kemampuan yang diminati oleh dunia usaha/ Industri/Asosiasi Profesi (Pemerintah).
Dengan demikian, seorang siswa dikatakan mampu mengembangkan kecakapan/keterampilan hidupnya  jika menguasai dengan sungguh-sungguh seluk belukkeahliannya secara tuntas, mulai dari penguasaan aspek Technical Skill dan Soft Skill yang terkait, hingga aspek personal skill dan social skill yang diperlukan untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu perlu modul pembelajaran dalam bentuk unjuk kerja (Performance), melaksanakan pekerjaan yang sesungguhnya (Real Job) dan alami (Natural) melalui Pendidikan Sistem Ganda (PSG), yang pada akhirnya pada diri siswa SMK tumbuh keyakinan bahwa keahlian yang dikuasainya cukup bermakna (Meanningfull ) untuk dijadikan sebagai pilihan jalan hidup.
1.2 Landasan Hukum
Adapun landasan hukum pelaksanaan PSG adalah:
1.      UU No. 20 / 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.      PP. Nomor: 29 / 1990 tentang Pendidikan Menengah
3.      Kep. Menaker No: 285 / MEN / 1991 tentang Pelaksanaan Permagangan Nasional
4.      Surat Keputusan Mendikbud Nomor : 0490 / U / 1992 tentang Sekolah Menengah Kejuruan
5.      Surat Keputusan Mendikbud No: 080 / U / 1993 tentang Kurikulum SMK sebagaimana telah diubah menjadi Kurikulum SMK Edisi 1999
1.3 Tujuan Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
Penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) bertujuan untuk:
1.      Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
2.      Memperkokoh hubungan keterkaitan dan kesepadanan (Link and Match) antara SMK dan Industri.
3.      Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional.
4.      Memberi pengakuan dan pengahargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan

1.4 Manfaat Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
Kerjasama antara SMK dengan dunia usaha / industri atau instansi dilaksanakan dalam prinsip  saling membantu, saling mengisi, dan saling melengkapi untuk keuntungan bersama. Berdasarkan prinsip ini, pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) akan memberi nilai tambah atau manfaat bagi pihak-pihak yang bekerjasama, sebagai berikut:
1.4.1        Manfaat  Bagi Industri
Penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) memberi keuntungan nyata bagi dunia industri antara lain:
a.         Perusahaan dapat mengenal kualitas peserta Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang belajar dan bekerja di industri.
b.        Umumnya peserta Pendidikan Sistem Ganda (PSG) telah ikut dalam proses produksi secara aktif sehingga pada pengertian tertentu peserta Pendidikan Sistem Ganda (PSG) adalah tenaga kerja yang memberi keuntungan.
c.         Perusahaan dapat memberi tugas kepada peserta Pendidikan Sistem Ganda (PSG) untuk kepentingan perusahaan sesuai kompetensi dan kemampuan yang dimiliki.
d.        Selama proses pendidikan melalui kerja industri, peserta Pendidikan Sistem Ganda (PSG) lebih mudah diatur dalam hal disiplin berupa kepatuhan terhadap peraturan perusahaan. Karena itu, sikap peserta Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dapat dibentuk sesuai dengan ciri khas tertentu industri.
e.         Memberi kepuasan bagi dunia usaha/ industri karena diakui ikut serta menentukan hari depan bangsa melalui Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
1.4.2        Manfaat Bagi Sekolah
a.       Tujuan pendidikan untuk memberi keahlian professional bagi peserta didik lebih terjamin pencapaiannya.
b.      Terdapat kesesuaian yang lebih pas antara program pendiddikan dengan kebutuhan lapangan kerja (sesuai dengan prinsip Link and Match).
c.       Memberi kepuasan bagi penyelenggaraan pendidikan sekolah karena tamatannya lebih terjamin memperoleh bekal yang bermanfaat, baik untuk kepentingan tamatan, kepentingan dunia kerja, dan kepentingan bangsa.

1.4.3        Manfaat Bagi Praktikan / Peserta didik
Hasil belajar peserta PSG akan lebih bermakna, karena setelah tamat akan betul-betul memiliki keahlian profesional sebagai bekal untuk meningkatkan taraf hidupnya dan sebagai bekal untuk pengembangan dirinya secara berkelanjutan.
Keahlian profesional yang diperoleh dapat mengangkat harga diri dan rasa percaya diri tamatan, yang selanjutnya akan mendorong mereka untuk meningkatkan keahlian profesionalnya pada tingkat yang lebih tinggi.

















BAB II. PELAKSANAAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)
2.1 Petunjuk Umum Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
1.        Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dilaksanakan siswa kelas XI pada semester 2
2.        Lama Pendidikan Sistem Ganda (PSG) 3  bulan
3.        Siswa dianjurkan untuk memilih tempat Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang dekat dengan tempat tinggal dan juga diperbolehkan untuk memilih sendiri tempat Pendidikan Sistem Ganda (PSG) sesuai dengan program keahliannya dengan persetujuan dari sekolah
4.        Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dilaksanakan siswa sesuai dengan hari dan jam kerja yang telah ditetapkan DU/DI atau atas dasar kesepakatan antara pihak sekolah dan DU/DI.
5.        Syarat peserta Pendidikan Sistem Ganda (PSG):
a.    Kompetensi dasar keahlian siswa untuk semester 1 s/d 3  sudah tuntas
b.    Sudah menyelesaikan administrasi sekolah sebelum melaksanakan PSG
6.          Memenuhi pemberkasan PSG antara lain :
a.    Membuat surat pernyataan siswa untuk mematuhi tata tertib sekolah dan DU/DI yang diketahui oleh orang tua/wali
b.    Mengisi biodata siswa dilengkapi foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 1 lembar
c.    Mengikuti kegiatan pembekalan yang dilaksanakan oleh sekolah
7.Siswa menerima buku panduan dan jurnal kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
8.Siswa mendapat pembelajaran yang sesuai dengan program keahliannya
9.DU/DI menerima buku buku panduan penilaian Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
10. Siswa mendapatkan sertifikat Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dari sekolah dan dari DU/DI
2.2 Prosedur Kegiatan PSG
        1.          Penentuan jadwal  pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) oleh sekolah
        2.          Pertemuan dengan orang tua/wali siswa untuk sosilaisasi pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
        3.          Pencarian partner industri (DU/DI)/ tempat Pendidikan Sistem Ganda (PSG) . Siswa diperbolehkan untuk menentukan tempat Pendidikan Sistem Ganda (PSG) sendiri dengan persetujuan sekolah.
        4.          Penandatanganan MOU antara pihak sekolah dan DU/DI
        5.          Penempatan siswa ke DU/DI dan Pembimbingan
        6.          Monitoring siswa Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
        7.          Penjemputan Siswa Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
        8.          Pembuatan laporan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) oleh siswa
        9.          Ujian laporan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) oleh siswa
2.3 Tata Tertib PSG
2.3.1  Hak Peserta
1.        Mengikuti program Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
2.        Mendapat perlakuan yang sesuai dengan bidang / program keahlian
3.        Memperoleh kesempatan melaksanakan ibadah sesuai dengan agamanya.
4.        Memperoleh penilaian penghargaan atas hasil praktiknya
2.3.2 Kewajiban Peserta
1.        Mematuhi peraturan yang berlaku atau ditetapkan oleh tempat Pendidikan Sistem Ganda (PSG) siswa
2.        Memperhatikan dan melaksanakan aturan keselamatan kerja yang diperlukan dalam melaksanakan suatu pekerjaan
3.        Menghormati instruktur
4.        Berada di tempat Pendidikan Sistem Ganda (PSG) 30 menit sebelum jam kerja dimulai
5.        Berlaku sopan dan santun serta bekerja jujur, bertanggung jawab berinisiatif dan kreatif terhadap tugas-tugas yang diberikan dalam praktuk kerja.
6.        Mengenakan pakaian sesuai dengan ketentuan. ( memakai seragam sekolah )
7.        Memberitahu pimpinan/pembimbing DU/DI dan pembimbing dari sekolah  apabila berhalangan hadir.
8.        Membicarakan dengan segera kepada guru pembimbing dan pembimbing DU/DI apabila menemui kesulitan dalam melaksanakan praktik kerja
9.        Melaporkan dengan segera kepada pembimbing DU/DI atau yang berwenang apabila terjadi kerusakan atau salah mengambil bahan/alat
10.    Ikut memelihara sarana, prasarana, kebersihan, ketertiban dan keamanan di tempat praktik kerja
2.4 Sanksi Peserta
Peserta yang tidak mengikuti atau meninggalkan kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) tanpa ada surat keterangan akan dikenakan sanksi sebagai berikut:
a.      Surat teguran
b.      Surat peringatan keras
c.      Dinyatakan tidak lulus Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dan mengulang.






















BAB III.  LAPORAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)
Laporan kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) diwajibkan bagi seluruh siswa yang telah melaksanakan kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG). Laporan kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dibuat rangkap 3 (tiga),  setelah disahkan distribusikan kepada guru pembimbing (asli), pihak DU/DI (duplikat) dan siswa sebagai pegangan (duplikat). Laporan harus sudah diselesaikan dan dikumpulkan kesekolah paling lambat satu minggu setelah masa Pendidikan Sistem Ganda (PSG) berakhir. 
3.1 Sistematika Penulisan Laporan Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
Laporan PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG) terbagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian awal, bagian inti dan bagian akhir. Secara umum bagian dari laporan PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG) tersebut adalah sebagai berikut:
3.1.1        BAGIAN AWAL
ü  Halaman Judul/ Sampul
ü  Halaman Pengesahan
ü  Kata Pengantar
ü  Daftar Isi
ü  Daftar Tabel
ü  Daftar Gambar
ü  Daftar Lampiran
ü  Daftar Lainnya
3.1.2        BAGIAN INTI
ü  BAB I.  PENDAHULUAN
·         Latar Belakang
·         Tujuan Praktik Industri
·         Manfaat Praktik Industri
ü  BAB II. GAMBARAN PERUSAHAAN
·         Sejarah ……(diisi NamaPerusahaan/Kantor)  
·         Struktur Organisasi (pada Perusahaan/Kantor)
·         Kedudukan dan Letak (Nama Perusahaan/Kantor)
·         Prosedur Pelayanan (Nama Perusahaan/Kantor)

ü  BAB III.  PELAKSANAAN PRAKTIK
·         Waktu dan Tempat Pelaksanaan Praktik
·         Bahan dan Alat
·         Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Praktik
·         Laporan Kegiatan Harian
ü  BAB IV. PENUTUP
·         Kesimpulan
·         Saran
3.1.3        BAGIAN AKHIR
ü  DAFTAR PUSTAKA
ü  LAMPIRAN
·         Daftar Hadir
·         Agenda Kegiatan pada jurnal
·         Foto Kegiatan pada saat melaksanakan pekerjaan di tempat DU/DI
·         Sumber Dokumen seperti contoh pekerjaan yang diselesaikan
3.2      Teknik Penulisan Laporan
Laporan Praktik Kerja Industri (Pendidikan Sistem Ganda (PSG)) disusun menurut tata tulis ilmiah dengan menggunakan Bahasa Indonesia dengan ejaan dan cara penulisan yang baik dan benar serta diketik dengan komputer.
3.2.1 Tata Penulisan
ü  Ukuran kertas A4, 70 Gram
ü  Batas kanan & batas atas 3 cm, sedangkan batas bawah dan batas kiri 4 cm
ü  Jarak ketikan adalah 1,5 spasi
ü  Tipe huruf (font)  : Times New Roman
ü  Ukuran huruf 12
ü  Penomoran Bab serta subbab
o  Bab dinomori dengan menggunakan angka romawi.
o  Subbab dinomori dengan menggunakan angka latin.
Contoh :
II ...........................(judul bab)
2.1 ..........................(judul subbab)
   2.1.1.....................(judul sub-subbab)
o   Penulisan tulisan nomor dan judul bab ditengah, dengan huruf besar, ukuran font 14 tebal
o   Penulisan nomor dan judul subbab, dimulai dari kiri, dimulai dengan huruf besar, ukuran font 12, tebal
ü  Penomoran halaman
o   Bagian Awal, nomor halaman ditulis dengan angka romawi huruf kecil(i,ii,iii,iv,…).Posisi di tengah bawah (2 cm dari bawah). Khusus untuk lembar judul dan lembar pengesahan, nomor halaman tidak perlu diketik, tapi tetap dihitung.
o   Bagian inti, nomor halaman ditulis dengan angka latin (1,2,3,4,5...). Halaman pertama dari bab pertama adalah halaman nomor satu. Peletakan nomor halaman di bagian bawah tengah, sedangkan halaman lainnya dipojok kanan bawah
ü  Judul dan Nomor Gambar / Grafik / Tabel
o  Judul gambar/grafik diketik di bagian bawah tengah dari gambar.
o  Judul tabel diketik di bagian atas kiri dari tabel.
o  Penomoran gambar/grafik/tabel tergantung pada bab yang bersangkutan, contoh : gambar 3.1 berarti gambar pertama yang ada di bab III.
3.2.2        Halaman Depan (cover)
o   Halaman depan laporan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) berisi informasi tentang nama dan lokasi industry tempat melaksanakan praktik industri, logo sekolah, data dan lembaga.
o   Warna cover laporan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) TKJ (warna biru), TKJ (warna hijau), TPHP (warna merah)
3.2.3        Penulisan Daftar Pustaka
Daftar pusataka terdiri atas buku-buku referensi, buku teks, jurnal, paper, artikel ilmiah dan internet.
Contoh penulisan daftar pustaka.
Tim Penyusun PI. 2011.  Panduan Praktik Industri SMK 2. Surabaya
Mintana, anjrah. 2012. Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi untuk SMK dan MK kelas X. Jakarta : Erlangga
https://www.scribd.com/doc/115373418/Buku-Panduan-Pendidikan Sistem Ganda (PSG)

BAB IV. PENUTUP
Demikianlah Buku Panduan Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) untuk siswa SMK NU Rogojampi ini disusun untuk dijadikan acuan dalam melaksanakan kegiatan Pendidikan Sistem Ganda. Diharapkan kepada seluruh stake holder sekolah dan panitia bisa melaksanakan seluruh kegiatan yang sudah diprogramkan.
Perbaikan dan perbaikan adalah hal yang mutlak diperlukan dalam melanjutkan program ini kedepan. Semoga apa yang kita rencanakan dan apa yang kita kerjakan senantiasa mendapat Ridho dan pertolongan dari Allah SWT. Amin ya Rabbal alamin.




Contoh : sampul depan / cover

LAPORAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)
DI PT. INDO MOBIL
TAHUN AJARAN 2016 / 2017
PERIODE : 1 MEI s.d 10 AGUSTUS 2017
Diajukan sebagai salah satu tugas akhir dalam pelaksanaan
Praktek Kerja Industri






 
















DISUSUN OLEH :
NAMA SISWA
NISN SISWA


PEMERINTAH KABUPATEN BANYUWANGI
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NU ROGOJAMPI
PAKET KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
2017

Contoh : Halaman judul

LAPORAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG))
DI PT. INDO MOBIL
TAHUN AJARAN 2016 / 2017
PERIODE : 1 MEI s.d 10 AGUSTUS 2017
Diajukan sebagai salah satu tugas akhir dalam pelaksanaan
Praktek Kerja Industri






 
















DISUSUN OLEH :
NAMA SISWA
NISN SISWA


PEMERINTAH KABUPATEN BANYUWANGI
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NU ROGOJAMPI
PAKET KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
2017

Contoh : Halaman Pengesahan

HALAMAN PENGESAHAN

Laporan Pendidikan Sistem Ganda
Judul                                :…………………………………………………
Yang telah dilaksanakan oleh siswa
Nama                                : ……………………………
NIS/NISN                         : …………………/…………
Program Keahlian            :  ……………………………
Ditulis sebagai syarat kenaikan kelas dan mengikuti Ujian Nasional
Menyetujui,

Pembimbing Sekolah,                                                           Pembimbing DU/DI,

                                               
……………………….                                                       ……………………… 
                                                                                                 

Kepala Program Keahlian                                                   Pimpinan DU/DI
             TKR/ TKJ/ TPHP                                                              PT/Nama Kantor……...


………………………….                                                                ………………………
                                                           
Mengetahui,
  Kepala SMK NU Rogojampi,


          ………………………
                                                    NIY.                       


Contoh : Kata Pengantar

KATA PENGANTAR
Dengan mengucap syukur atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa, yang senantiasa melimpahkan berkah, rahmat, taufiq, serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Pendidikan Sistem Ganda di PT/ Kantor……………. Laporan ini di buat berdasarkan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan siswa selama berada di dunia industri. Laporan ini disusun sebagai pertanggungjawaban siswa selama PSG dan berfungsi sebagai acuan dalam ujian yang dilaksanakan setelah siswa melaksanakan praktik di dunia industri.
Pelaksanaan PSG dapat berjalan lancar karena adanya dukungan kerja sama yang baik dari berbagai pihak. Pada kesempatan kali ini penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1.  Bapak ……………………… selaku kepala SMK NU Rogojampi.
2.  ……………. selaku Ketua Program Keahlian……………
3.  ……………………selaku Pimpinan PT/ Kepala Kantor……………
4.  …….selaku guru pembimbing selama pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda
5. …………….. selaku pembimbing pada PT/ Kantor……...
6. Seluruh staff dan karyawan PT/ Kantor………………….
7. Dewan guru atas bimbingannya selama penulis belajar di SMK NU Rogjampi
8. Seluruh karyawan SMK NU Rogojampi
9.Teman-teman yang membantu hingga terselesainya laporan Praktik Kerja Industri ini.
Penulis menyadari akan kekurangan-kekurangan dalam pembuatan laporan ini yang harus dibenahi, oleh karena itu penulis mengharapkan masukan kritik dan saran yang bersifat membangun guna sempurnanya laporan ini di masa mendatang. Akhir kata penulis mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan. Semoga laporan Praktik Kerja Industri ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.     
                                                                                                                                Rogojampi, ............... (bln / tahun)
                                                                     Penulis,
           

                                                                                  (Nama Siswa)
Contoh : Daftar isi

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL........................................................................................
i
HALAMAN PENGESAHAN..........................................................................
ii
KATA PENGANTAR......................................................................................
iii
DAFTAR ISI ....................................................................................................
iv
BAB I    PENDAHULUAN .............................................................................
1
         1.1 Latar Belakang ...................................................................................
1
         1.2 Tujuan Praktik Industri ......................................................................

         1.3 Manfaat Praktik Industri ......................................... ..........................

BAB II  GAMBARAN PERUSAHAAN .......................................................

      2.1 Sejarah (Nama Perusahaan/Kantor)...................................................

      2.2  Struktur Organisasi (pada Perusahaan/Kantor)...... ..........................

      2.3 Kedudukan dan Letak (Nama Perusahaan/Kantor).. .........................

      2.4 Prosedur Pelayanan (Nama Perusahaan/Kantor)....... ........................

BAB III  PELAKSANAAN PRAKTIK ........................................................

      3.1 Waktu dan Tempat Pelaksanaan Praktik ............................................

      3.2  Bahan dan Alat  ..................................................................................

      3.3 Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Praktik ..................

      3.4 Laporan Kegiatan Harian............................................... .....................

BAB IV    KESIMPULAN DAN SARAN ....................................... .............

     4.1 Kesimpulan ..........................................................................................

     4.2 Saran ....................................................................................................

DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR LAMPIRAN


    




    


DATA PEMBIMBING PSG

NO
NAMA
ALAMAT
NO. TELP
1
Achmad Fajarudin, S.Pd
Dsn. Krajan RT/RW: 01/01 Pakis taji – Kabat – Banyuwangi
085336656957
2
Agung Willis P,A.Md
Jajang Surat - Rogojampi
08113412602
082244008147
3
Ahmad Ziad Zabadi, S.Pd
Gladag
082232572765
4
Asta Nevilia .S,S.Pd
Dsn. Umbulrejo RT/RW :01/07 Bagorejo – Srono – Banyuwangi
08113587772
5
Firdaus Eko N,A.Md
Dsn. Sidomulyo RT/RW:02/01 Gitik - Rogojampi
082341727223
6
Jefri Al Buchori
Ds. Kedaleman
082245604370
7
Lutfi Desiyanti, S.Pd
Dsn. Krajan RT?RW:03/04 Gladag – Rogojampi
085733072530
8
M. Agus Syafi’i,S.Se
Ds. Mangir - Rogojampi
082257710282
9
Mafidatul Ilmi, S.Pd
Perumahan Pengantigan Indah Blok D3 RT/RW: 01/04 Rogojampi - Banyuwangi
085259056051
10
Rustam Efendi, S.Pd
Jln. S. Parman no. 40 Banyuwangi
082337341334
11
Triyana Mayorita, S.Pd
Dsn. Sukorejo RT/RW : 03/01 Sukomaju – Srono - Banyuwangi
085235627879
12
Ummi Lestari
Dsn.GumukAgung RT/RW: 03/01 Gintangan – Blimbing Sari
085292494283







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

momentum, impuls dan kekekalan momentum kelas x tkr semester 1

Pengertian  Momentum dan Impuls , Hukum Kekekalan, Energi, Tumbukan, Aplikasi Kehidupan, Rumus, Contoh Soal, Kunci Jawaban - Pernahkah ...