1.1.e. Mulai dari Diri - Modul 1.1

·       Batas waktu 19 Jun at 23:59

 

·       Jumlah Soal 2

 

·       Available after 19 Jun at 8:00

 

·       Batas durasi Tidak ada

 

·       Batas jumlah pengerjaan Tidak dibatasi

Instruksi


Durasi : 1 JP (45 menit)
Moda: Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus:
  Peserta mampu membuat refleksi diri tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP),

Kegiatan ini merupakan kegiatan pembuka dari seluruh rangkaian materi belajar di Program Pendidikan Guru Penggerak. Pada kegiatan ini, Anda akan melakukan sebuah refleksi diri sejauh mana Anda mengenal dan memahami Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD). Sejauh ini Anda sudah sering mendengar kata kata seperti budi pekerti, ing ngarso sung tulodo, ing madya mangun karso, tut wuri handayani yang menjadi jiwa dari pendidikan nasional. Oleh sebab itu, pada tahap awal ini, Anda akan berdialog dengan diri Anda sendiri untuk menemukan pemikiran mendasar Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya dengan peran Anda sebagai pendidik’.

Sebagai pemantik proses refleksi tersebut, mari kita ingat-ingat kembali pengalaman ketika kita bersekolah. Jawaban pertanyaan berikut tidak perlu ditulis namun tetap perlu dilakukan dengan sungguh-sungguh. 

1.    Pengalaman apa yang membuat Anda menjadi rindu bersekolah, atau, pengalaman apa yang membuat Anda kehilangan motivasi untuk bersekolah? (pilih salah satu)

2.    Peristiwa apa yang membuat Anda merasa berkembang dan belajar sebagai seorang pembelajar?

3.    Siapa sosok guru yang menginspirasi Anda? 

4.    Apa pengalaman yang berkesan bersama guru tersebut?   

5.    Pernahkah Anda menduplikasi atau mengadaptasi yang dilakukan oleh guru tersebut di kelas yang Anda ampu?

Selanjutnya, Anda diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tersedia terkait pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD).

Soal 1

Buatlah sebuah tulisan reflektif kritis dengan jumlah minimum 300 kata dan maksimum 500 kata dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan panduan yang telah disediakan. Pertanyaan panduan tulisan reflektif kritis Anda terkait konsep pemikiran Pendidikan KHD:

·       Apa yang ada Anda ketahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran?

·       Apa relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah Anda secara khusus?

·       Apakah Anda merasa sudah melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru?

*) Maknai dan hayati pilihan Anda menjadi guru dalam menuliskan tulisan reflektif-kritis. Hindari perihal teknis seperti tidak tersedianya buku ajar bagi murid, masih berstatus guru honorer dsb-nya. Fokus pada pilihan Anda menjadi guru.

Your answer:

Pendidikan dan pengajaran adalah salah satu kesatuan yang saling dan tidak dapat dipisahkan. Pengajaran adalah pendidikan dengan cara memberi ilmu buat anak – anak baik lahir maupun batin. Sedangkan pendidikan memberi tuntunan terhadap segala kekuatan kodrat yang dimiliki anak agar mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi- tinginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.

Dasar pendidikan anak berhubungan dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Kodrat alam berkaitan dengan bakat dan minat peserta didik, sedangkan kodrad zaman berkaitan dengan pemenuhan ketrampilan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Hal ini relevan dengan pendidikan di Indonesia saat ini pendidik sebagai pamong yang dapat mendidik sesuai minat dan potensi yang dimiliki anak, serta memberdayakan peserta didik agar menjadi individu yang mandiri dan kreatif. Saat ini pendidikan Indonesia menggunakan pembelajaran yang lebih berpusat ke peserta didik.

Dengan memperhatikan kodrat alam dan kodrat zaman kita dapat membentuk pendidikan secara menyeluruh dan relevan dengan kebutuhan anak- anak.

Konteks pendidikan disekolah saya terus mendorong anak- anak yang memiliki bakat dan minat untuk terus berkembang dan terus memberikan ketrampilan sesuai dengan kebutuhan zaman saat ini, misalnya saya menemukan anak yang pandai matematika, sekolah akan membimbing dan mencarikan perlombaan/ olimpiade, seperti halnya juga ketika saya menemukan anak yang suka bernyanyi sekolah akan membimbing dan mencarikan perlombaan yang bisa diikuti.

Sekolah saya saat ini melatih/ mewadahi anak – anak yang memiliki bakat bernyanyi dan MC untuk ditawarkan ke dunia luar seperti perpisahan dan hajatan.

Sebagai guru seharusnya kita menerapkan pemikiran – pemikiran KHD dalam aktivitas sebagai guru. Namun untuk saat ini saya belum menerapkan secara penuh pemikiran – pemikiran KHD di dalam aktivitas saya sebagai guru. Salah satunya dalam konsep merdeka belajar yang memberikan kebebasan untuk mengatur dan mengambil tanggung jawab dalam pembelajaran.

Saat ini saya telah mencoba pendekatan – pendekatan inovatif dalam mengajar seperti, diskusi bebasis proyek, pembelajaran kolaboratif.

Selebihnya untuk menerapkan pemikiran – pemikiran KHD saya harus melakukan perubahan diri untuk menjadi lebih baik dan terus mengupgrade ilmu pengetahuan dan teknologi untuk proses belajar mengajar.

Bener sekali ibu, sebelum semua yg ibu terapkan diatas, harus dimulai dari diri ibu sendiri.

 

Soal 2

Ungkapkan Harapan dan Ekspektasi Anda terkait dengan pembelajaran pada modul ini.

·       Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

·       Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?

·       Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

Your answer:

Harapan saya setelah saya mempelajari modul ini saya dapat menerapkan pemikiran KHD dalam setiap kegiatan saya sebagai guru. Berusaha terus menjadi guru yang mengupgrade ilmu dan teknologi agar terus bisa merinovasi dan inovatif di kelas. Dan terus bisa memberi contoh dan motivasi ke peserta didik agar memiliki budi pekerti yang lebih baik.

Harapan yang saya ingin lihat pada murid – murid setelah saya mempelajari modul ini adalah siswa lebih termotivasi dan semangat belajar di kelas. Lebih senang dan betah mengikuti pelajaran yang saya ajarkan. Dan adanya perubahan budi pekerti serta karakter yang lebih baik.

Kegiatan dan materi yang diharapkan dari modul ini adanya diskusi tentang bagaimana pemikiran – pemikiran KHD disekolah disertai dengan aksi nyata yang nantinya bisa saya terapkan disekolah saya.

Jangan sampai harapan yang sudah ibu tuliskan diatas hanyalah sebatas tulisan. Harus ada action dan contoh yg baik dari pendidik itu sendiri

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal uas semester gasal senibudaya kelas x

SOAL DAN JAWABAN KARBOHIDRAT KIMIA KELAS XII SEMESTER 1