1.1.e. Mulai dari Diri - Modul 1.1
·
Batas waktu 19 Jun at 23:59
·
Jumlah Soal 2
·
Available after 19 Jun at 8:00
·
Batas durasi Tidak ada
·
Batas jumlah pengerjaan Tidak dibatasi
Instruksi
Durasi : 1 JP (45 menit)
Moda: Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus: Peserta mampu membuat refleksi diri tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara
Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak
(CGP),
Kegiatan ini merupakan kegiatan pembuka dari seluruh rangkaian materi
belajar di Program Pendidikan Guru Penggerak. Pada kegiatan ini, Anda akan
melakukan sebuah refleksi diri sejauh mana Anda mengenal dan memahami Filosofi
Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD). Sejauh ini Anda sudah sering mendengar
kata kata seperti budi pekerti, ing ngarso sung tulodo, ing madya
mangun karso, tut wuri handayani yang menjadi jiwa dari pendidikan
nasional. Oleh sebab itu, pada tahap awal ini, Anda akan berdialog dengan
diri Anda sendiri untuk menemukan pemikiran mendasar Ki Hadjar Dewantara dan
relevansinya dengan peran Anda sebagai pendidik’.
Sebagai pemantik proses refleksi tersebut, mari kita ingat-ingat kembali
pengalaman ketika kita bersekolah. Jawaban pertanyaan berikut tidak
perlu ditulis namun tetap perlu dilakukan dengan
sungguh-sungguh.
1. Pengalaman apa yang
membuat Anda menjadi rindu bersekolah, atau, pengalaman apa yang membuat Anda
kehilangan motivasi untuk bersekolah? (pilih salah satu)
2. Peristiwa apa yang
membuat Anda merasa berkembang dan belajar sebagai seorang pembelajar?
3. Siapa sosok guru yang
menginspirasi Anda?
4. Apa pengalaman yang
berkesan bersama guru tersebut?
5. Pernahkah Anda
menduplikasi atau mengadaptasi yang dilakukan oleh guru tersebut di kelas yang
Anda ampu?
Selanjutnya, Anda diminta untuk
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tersedia terkait pemikiran-pemikiran Ki
Hadjar Dewantara (KHD).
Soal 1
Buatlah sebuah tulisan
reflektif kritis dengan jumlah minimum 300 kata dan maksimum 500 kata dengan
menjawab pertanyaan-pertanyaan panduan yang telah disediakan. Pertanyaan
panduan tulisan reflektif kritis Anda terkait konsep pemikiran Pendidikan KHD:
·
Apa yang ada Anda ketahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD)
mengenai pendidikan dan pengajaran?
·
Apa relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini
dan konteks pendidikan di sekolah Anda secara khusus?
·
Apakah Anda merasa sudah melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki
kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru?
*) Maknai dan
hayati pilihan Anda menjadi guru dalam menuliskan tulisan reflektif-kritis.
Hindari perihal teknis seperti tidak tersedianya buku ajar bagi murid, masih
berstatus guru honorer dsb-nya. Fokus pada pilihan Anda menjadi guru.
Your answer:
Pendidikan dan pengajaran adalah salah satu kesatuan
yang saling dan tidak dapat dipisahkan. Pengajaran adalah pendidikan dengan
cara memberi ilmu buat anak – anak baik lahir maupun batin. Sedangkan
pendidikan memberi tuntunan terhadap segala kekuatan kodrat yang dimiliki anak
agar mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi- tinginya baik sebagai
manusia maupun sebagai anggota masyarakat.
Dasar pendidikan anak berhubungan dengan kodrat alam
dan kodrat zaman. Kodrat alam berkaitan dengan bakat dan minat peserta didik,
sedangkan kodrad zaman berkaitan dengan pemenuhan ketrampilan ilmu pengetahuan
dan teknologi.
Hal ini relevan dengan pendidikan di Indonesia saat
ini pendidik sebagai pamong yang dapat mendidik sesuai minat dan potensi yang
dimiliki anak, serta memberdayakan peserta didik agar menjadi individu yang
mandiri dan kreatif. Saat ini pendidikan Indonesia menggunakan pembelajaran
yang lebih berpusat ke peserta didik.
Dengan memperhatikan kodrat alam dan kodrat zaman kita
dapat membentuk pendidikan secara menyeluruh dan relevan dengan kebutuhan anak-
anak.
Konteks pendidikan disekolah saya terus mendorong
anak- anak yang memiliki bakat dan minat untuk terus berkembang dan terus
memberikan ketrampilan sesuai dengan kebutuhan zaman saat ini, misalnya saya
menemukan anak yang pandai matematika, sekolah akan membimbing dan mencarikan
perlombaan/ olimpiade, seperti halnya juga ketika saya menemukan anak yang suka
bernyanyi sekolah akan membimbing dan mencarikan perlombaan yang bisa diikuti.
Sekolah saya saat ini melatih/ mewadahi anak – anak
yang memiliki bakat bernyanyi dan MC untuk ditawarkan ke dunia luar seperti
perpisahan dan hajatan.
Sebagai guru seharusnya kita menerapkan pemikiran –
pemikiran KHD dalam aktivitas sebagai guru. Namun untuk saat ini saya belum
menerapkan secara penuh pemikiran – pemikiran KHD di dalam aktivitas saya
sebagai guru. Salah satunya dalam konsep merdeka belajar yang memberikan
kebebasan untuk mengatur dan mengambil tanggung jawab dalam pembelajaran.
Saat ini saya telah mencoba pendekatan – pendekatan
inovatif dalam mengajar seperti, diskusi bebasis proyek, pembelajaran
kolaboratif.
Selebihnya untuk menerapkan pemikiran – pemikiran KHD
saya harus melakukan perubahan diri untuk menjadi lebih baik dan terus
mengupgrade ilmu pengetahuan dan teknologi untuk proses belajar mengajar.
Bener sekali ibu, sebelum semua yg ibu
terapkan diatas, harus dimulai dari diri ibu sendiri.
Soal 2
Ungkapkan Harapan dan
Ekspektasi Anda terkait dengan pembelajaran pada modul ini.
·
Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang
pendidik setelah mempelajari modul ini?
·
Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada murid-murid Anda setelah
mempelajari modul ini?
·
Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?
Your answer:
Harapan saya setelah saya mempelajari modul ini saya
dapat menerapkan pemikiran KHD dalam setiap kegiatan saya sebagai guru.
Berusaha terus menjadi guru yang mengupgrade ilmu dan teknologi agar terus bisa
merinovasi dan inovatif di kelas. Dan terus bisa memberi contoh dan motivasi ke
peserta didik agar memiliki budi pekerti yang lebih baik.
Harapan yang saya ingin lihat pada murid – murid
setelah saya mempelajari modul ini adalah siswa lebih termotivasi dan semangat
belajar di kelas. Lebih senang dan betah mengikuti pelajaran yang saya ajarkan.
Dan adanya perubahan budi pekerti serta karakter yang lebih baik.
Kegiatan dan materi yang diharapkan dari modul ini
adanya diskusi tentang bagaimana pemikiran – pemikiran KHD disekolah disertai
dengan aksi nyata yang nantinya bisa saya terapkan disekolah saya.
Jangan sampai harapan yang sudah ibu
tuliskan diatas hanyalah sebatas tulisan. Harus ada action dan contoh yg baik
dari pendidik itu sendiri
Komentar
Posting Komentar