1.3.f.7 Eksplorasi Konsep - Modul 1.3 POINT 8
All sections
44
Jawaban belum terbaca.2424
Jawaban.
Durasi: 2 JP
Moda: Belajar Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus:
1.
1.
1.
1.
1. CGP dapat menjelaskan
pentingnya visi yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif
perubahan dalam pendidikan.
2. CGP dapat menguraikan
manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri
apresiatif dilakukan.
Gunakan navigasi diatas untuk ke halaman
berikutnya!
Refleksi Mandiri
Berdasarkan penjelasan mengenai Inkuiri Apresiatif dan video-video BAGJA
sebelumnya, Bapak/Ibu CGP diajak untuk mengaplikasikan BAGJA ke dalam konteks
pengalaman pribadi. Bayangkan impian, cita-cita, tujuan yang telah
Bapak/Ibu raih, yang telah tercapai. Ingat kembali proses yang telah
Bapak/Ibu lalui sejak mulai menetapkan hati untuk memiliki impian, cita-cita,
tujuan tersebut, berproses untuk mencapai dan mewujudkannya, hingga akhirnya
impian, cita-cita, tujuan tersebut tercapai. Pengalaman pribadi tersebut
mungkin terjadi bertahun-tahun yang lalu. Pengalaman tersebut bisa saja terjadi
di masa bersekolah dahulu. Sesederhana bermimpi mendapatkan prestasi yang bagus
pada mata pelajaran yang disukai saat bersekolah dulu.
Tugas Bapak/Ibu adalah menceritakannya
tahap demi tahap menggunakan kanvas B-A-G-J-A (Links to an external site.).
Petunjuk penggunaan
forum diskusi:
·
Klik Reply untuk membuat diskusi baru.
·
Klik Reply pada topik diskusi yang diberikan
peserta lain untuk memberikan komentar.
·
Tahapan yang saya pahami menggunakan kanvas BAGJA
dengan tujuan menjadi guru penggerak
·
B = Buat pertanyaan utama untuk menentukan arah
penelusuran
·
Contoh: Bagaimana saya dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas
pendidikan di sekolah saya?
·
A = Ambil pelajaran untuk menuntun pengambilan
pelajaran setelah kita sepakat dengan pertanyaan yang mana, seperti
pertanyaan di bagian B maka akan muncul siapa saja yang terlibat/
dilibatkan untuk mendukung
·
G = Gali mimpi sebagai keadaan ideal melakukan
narasi, seperti apa orang – orang yang terlibat di dalamnya terlihat,
bertindak, berfikir dan merasa
· Bagaimana saya ingin
menciptakan lingkungan belajar yang ideal bagi murid-murid saya?
·
J = Jabarkan rencana, komunitas seolah
bersama – sama menjabarka gambaran yang mereka putuskan (mengidentifikasi
tindakan dan mengambil keputusan)
· Contoh : Dengan siapa
saya dapat berkolaborasi/ belajar untuk mencapai tujuan saya?
·
A = Atur eksekusi, jelas siapa saja yang terlibat.
Bagian yang mentransformasi rencana menjai nyata
·
Contoh: Siapa yang dapat membantu saya dalam perjalanan ini?
Komentar
Posting Komentar