1.3.f.4 Eksplorasi Konsep - Modul 1.3 POINT 5
Durasi: 2 JP
Moda: Belajar Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus:
1.
1.
1.
1.
1. CGP dapat menjelaskan
pentingnya visi yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif
perubahan dalam pendidikan.
2. CGP dapat menguraikan
manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri
apresiatif dilakukan.
Gunakan navigasi diatas untuk ke halaman berikutnya!
B. Mengelola Perubahan
Positif
Tahapan BAGJA
BAGJA adalah gubahan tahapan Inkuiri Apresiatif sebagai pendekatan
manajemen perubahan yang pertama kali diperkenalkan oleh Cooperrider ke dalam
langkah 4D Discover-Dream-Design-Deliver (Cooperrider &
Whitney, 2005) yang kemudian dalam praktik-praktik selanjutnya tahapan Discover dipecah
menjadi Define dan Discover (Cooperrider
et.al, 2008). Inilah kemudian yang menjadi langkah-langkah yang perlu Bapak/Ibu
ikuti dalam menerapkan perubahan sesuai dengan visi yang Bapak/Ibu telah
impikan berdasarkan tahapan BAGJA. Tahap pertama, Buat Pertanyaan
Utama (Define). Di tahap ini, Bapak/Ibu merumuskan pertanyaan sebagai
penentu arah penelusuran terkait perubahan yang diinginkan atau diimpikan.
Tahap kedua, Ambil Pelajaran (Discover). Pada
tahapan ini, Bapak/Ibu mengumpulkan berbagai pengalaman positif yang telah
dicapai di kelas maupun sekolah serta pelajaran apa yang dapat diambil dari
hal-hal positif tersebut. Tahap ketiga, Gali Mimpi (Dream). Pada
tahapan ini, Bapak/Ibu dapat menyusun narasi tentang kondisi ideal apa yang
diimpikan dan diharapkan terjadi di lingkungan pembelajaran. Disinilah visi
benar-benar dirumuskan dengan jelas. Tahap ketiga, Jabarkan Rencana
(Design). Di tahapan ini, Bapak/Ibu dapat merumuskan rencana
tindakan tentang hal-hal penting apa yang perlu dilakukan untuk mewujudkan
visi. Tahapan terakhir, Atur Eksekusi (Deliver). Di
bagian ini, Bapak/Ibu memutuskan langkah-langkah yang akan diambil, siapa yang
akan Bapak/Ibu ajak dan pasti mau untuk terlibat, bagaimana strateginya, dan
aksi lainnya demi mewujudkan visi perlahan-lahan. Tabel berikut ini berupaya
memperlihatkan rangkuman (ciri) tiap tahapan B-A-G-J-A.
Komentar
Posting Komentar