1.2.f.1. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2

All sections

66 Jawaban belum terbaca.3232 Jawaban.

Durasi : 2 JP
Moda : Forum Diskusi Tertulis

Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak,

Setelah mempelajari paparan materi dalam tahap eksplorasi konsep ini, diharapkan Bapak/Ibu secara individu dapat menguatkan pemahaman dan mempersiapkan diri untuk berkolaborasi dalam kelompok dengan menjawab pertanyaan:

1.    Apa yang dapat saya ceritakan mengenai salah SATU dari nilai-nilai GP (berpihak pada murid, inovatif, kolaboratif, reflektif, dan mandiri) yang telah membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik?. Tuliskan dalam bentuk narasi singkat untuk berbagi dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi.

2.    Apa saja 10 kegiatan di sekolah yang saya anggap masuk sebagai contoh penerapan dari peran GP yang saya pahami saat ini (pemimpin pembelajaran, pendorong kolaborasi, penggerak komunitas praktisi, mewujudkan kepemimpinan murid, menjadi coach bagi rekan guru)?. Buatlah daftarnya untuk digunakan saat berbagi ide dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi.

Pada segmen ini, selain diminta untuk merespon kedua pertanyaan di atas, Bapak/Ibu juga diminta memberikan komentar dan umpan balik atas respon rekan CGP lainnya pada 2 pertanyaan di atas (paling tidak untuk 2 rekan CGP lain). Gunakan kesempatan ini untuk menangkap atau memikirkan bagaimana ide dan wawasan rekan lain dapat bekerja dalam konteks Bapak/Ibu masing-masing.

TUGAS 1.2.f.1 Forum Diskusi Ekplorasi Konsep Oleh : Ngesti Utami, S.Si 1. Apa yang dapat saya ceritakan mengenai salah SATU dari nilai-nilai GP (berpihak pada murid, inovatif, kolaboratif, reflektif, dan mandiri) yang telah membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik?. Tuliskan dalam bentuk narasi singkat untuk berbagi dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi. Yang dapat saya ceritakan mengenai salah satu nilai GP adalah kolaborasi. Sebagai guru IPA, saya selalu mencari cara untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan bermakna bagi murid-murid saya. Salah satu nilai GP yang sangat membantu saya dalam hal ini adalah kolaboratif. Nilai ini mendorong saya untuk bekerja sama dengan murid-murid, rekan guru, dan pihak lain untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih holistik. Salah satu contoh penerapan nilai ini adalah ketika saya mengajar materi tentang fotosintesis. Saya ingin murid-murid saya tidak hanya memahami konsep fotosintesis secara teoritis, tetapi juga dapat melihatnya secara langsung dalam kehidupan nyata. Oleh karena itu, saya mengajak murid-murid saya untuk melakukan proyek kolaboratif. Kami membuat taman mini di sekolah yang berisi berbagai jenis tanaman. Murid-murid dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok bertanggung jawab untuk merawat satu jenis tanaman. Selama proyek berlangsung, murid-murid melakukan berbagai pengamatan dan pencatatan data. Mereka juga melakukan eksperimen sederhana untuk mempelajari lebih lanjut tentang fotosintesis. Puncak dari proyek ini adalah presentasi hasil penelitian yang dilakukan oleh setiap kelompok. Murid-murid dengan antusias memaparkan hasil temuan mereka dan saling bertukar informasi. Proyek kolaboratif ini terbukti sangat bermanfaat bagi murid-murid saya. Mereka tidak hanya memahami konsep fotosintesis dengan lebih baik, tetapi juga mengembangkan berbagai keterampilan, seperti kerja sama, komunikasi, dan pemecahan masalah. Kesimpulannya, nilai kolaboratif merupakan alat yang ampuh untuk membuat pembelajaran IPA lebih menarik dan bermakna. Dengan bekerja sama, guru dan murid dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih holistik dan bermanfaat. 2. Apa saja 10 kegiatan di sekolah yang saya anggap masuk sebagai contoh penerapan dari peran GP yang saya pahami saat ini (pemimpin pembelajaran, pendorong kolaborasi, penggerak komunitas praktisi, mewujudkan kepemimpinan murid, menjadi coach bagi rekan guru)?. Buatlah daftarnya untuk digunakan saat berbagi ide dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi a. 5 S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun) b. Menundukkan kepala saat ada guru ataupun tamu yang masuk c. Tari glipang setiap kamis d. Jumat bersih atau jumat sehat e. Berdoa dan berbaris di depan kelas secara bersama – sama f. Ngaji kitab g. Pramuka h. Berkolaborasi dengan teman guru semapel i. Pelatihan kepada guru, yang terakhir dilakukan pelatihan pengisian pmm j. Mengadakan komunitas pembelajaran

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal uas semester gasal senibudaya kelas x

SOAL DAN JAWABAN KARBOHIDRAT KIMIA KELAS XII SEMESTER 1