1.3.f. Eksplorasi Konsep - Modul 1.3.1 POINT 1
Durasi: 2 JP
Moda: Belajar Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus:
1.
1.
1.
1.
1. CGP dapat menjelaskan
pentingnya visi yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif
perubahan dalam pendidikan.
2. CGP dapat menguraikan
manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri
apresiatif dilakukan.
Gunakan navigasi diatas untuk ke halaman berikutnya!
PENGANTAR
Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak, selamat
datang di pembelajaran kedua! Kali ini, kita akan mengeksplorasi mengapa
lingkungan belajar yang bermakna dan berpihak pada murid itu harus ditumbuhkan.
Bapak/Ibu CGP telah membuat lukisan mimpi dan narasi visi mengenai murid dan
lingkungan belajar di masa depan yang sesuai murid yang Bapak/Ibu impikan. Nah,
kali ini kita akan membahas lanjutan mengenai visi, bagaimana mewujudkannya
dengan sebuah pendekatan Inkuiri Apresiatif. Inkuiri Apresiatif (IA)
adalah suatu filosofi, suatu landasan berpikir yang berfokus pada upaya
kolaboratif untuk menemukan hal positif dalam diri seseorang, dalam suatu
organisasi dan dunia di sekitarnya baik di masa lalu, masa kini maupun masa
depan (Cooperrider & Whitney, 2005). Untuk mengetahui lebih
lanjut tentang IA dan bagaimana melakukannya di satuan pendidikan kita, mari
kita menyimak bacaan-bacaan pada halaman berikutnya.
Aku Melihat Indonesia Karya: Ir. Soekarno Jikalau aku berdiri di pantai Ngliyep Aku mendengar Lautan
Hindia bergelora membanting di pantai Ngliyep itu Jikalau aku
melihat sawah-sawah yang menguning-menghijau Jikalau aku melihat
gunung-gunung Jikalau aku
mendengarkan Lagu-lagu yang merdu dari Batak Jikalau aku
mendengarkan Pangkur Palaran Jikalau aku
mendengarkan lagu Olesio dari Maluku Jikalau aku
mendengarkan burung Perkutut </align="center"><align="center"> Jikalau aku
menghirup udara ini Jikalau aku
melihat wajah anak-anak |
Komentar
Posting Komentar