1.1.i. Elaborasi Pemahaman - Modul 1.1
To-do date: 27 Jun at 7:00
Durasi : 2 JP
Moda: Ruang Diskusi Virtual bersama Instruktur
Tujuan Pembelajaran Khusus: Peserta mampu memberikan perspektif
refleksi kritis tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara
dalam Elaborasi Pemahaman dengan berdialog bersama Instruktur.
Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)
Pada Pembelajaran kali ini, Anda akan
berlatih membangun kerangka berpikir dan menyampaikan ide serta gagasan
berdasarkan pemahaman dan internalisasi konsep pemikiran Ki Hadjar Dewantara
(KHD) dalam ruang diskusi virtual.
Diskusi di forum diskusi virtual,
Instruktur memberikan penguatan pemahaman konsep pemikiran filosofis KHD untuk
melatih Anda untuk lebih saksama memaknai dan menghayati pemikiran KHD dan
bagaimana penerapannya pada konteks lokal sosial budaya di daerah Anda.
Pertanyaan pemantik untuk diskusi
bersama Instruktur
Memulai Eksplorasi Konsep melalui forum
diskusi di ruang ‘virtual’, Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak diberikan pertanyaan
reflektif terkait pemahaman Anda mengenai pemikiran filosofis KHD. Pertanyaan
pemantik berikut dapat Anda renungkan sebelum sesi dimulai:
1. Bagaimana perwujudan ‘menuntun’
yang saya lihat dalam konteks sosial budaya di daerah saya?
Perubahan konkret apa yang dapat saya lakukan untuk mewujudkannya?
2. Mengapa Pendidikan
perlu mempertimbangkan kodrat alam dan kodrat zaman?
3. Apa relevansi
pemikiran KHD “Pendidikan yang berhamba pada anak” dengan peran saya
sebagai pendidik?
4. Bagaimana gambaran
proses pembelajaran yang merefleksikan (mencerminkan) pemikiran Ki Hadjar
Dewantara (KHD)?
Pemaparan Materi dari Instruktur
Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak, diskusi ruang virtual akan dipandu oleh
Instruktur dengan tahapan sebagai berikut:
·
Presentasi Materi (25’)
Instruktur mempresentasikan materi Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar
Dewantara (KHD) selama 25 menit untuk memberikan penguatan pemahaman peserta
terhadap pemikiran-pemikiran KHD.
·
Diskusi (20’)
Instruktur memberi penguatan terhadap pertanyaan-pertanyaan CGP.
·
Berbagi & Tanya Jawab (25’)
o
CGP berbagi pengalaman praktik baik proses pembelajaran yang merefleksikan
pemikiran filosofis Pendidikan KHD,
o
CGP bertanya dan berdiskusi kepada Instruktur terkait pembelajaran yang
diperoleh dalam ruang diskusi.
·
Refleksi dan Umpan Balik (15’)
o
Instruktur memberi umpan balik penguatan terhadap pemahaman CGP
o
Refleksi pembelajaran dituliskan pada aplikasi yang disediakan oleh
Instruktur (mentimeter/padlet/jamboard)
·
Penutup (05’)
Instruktur menutup kegiatan pembelajaran Eksplorasi Konsep Refleksi Kritis
Pemikiran KHD
Namun sebelum melakukan elaborasi
pemahaman bersama instruktur, Anda diperkenankan untuk menuangkan
berbagai pertanyaan mengenai materi Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki
Hadjar Dewantara yang masih ingin digali lebih lanjut pada aktivitas
ini.
Diharapkan Bapak/Ibu Calon Guru
Penggerak dapat mendorong rasa keingintahuannya dalam bentuk pertanyaan
mendalam untuk dibahas bersama Instruktur. Jadi, bukan soal seberapa banyak
pertanyaan yang disampaikan, namun seberapa pentingkah pertanyaan tersebut bagi
Bapak/Ibu dalam menguatkan pemahaman pada Modul 1.1 ini.
Silahkan tuangkan pertanyaan dan ikuti
kegiatan elaborasi pemahaman dengan klik menu Elaborasi
Pemahaman.
Selamat mengikuti!
Komentar
Posting Komentar