1.4.f.1. Disiplin Positif dan Nilai-Nilai Kebajikan Universal POINT 7

Moda: Kegiatan mandiri, Forum Diskusi
Tujuan Pembelajaran Khusus:

·       

o    

§   

§   

§  CGP dapat menjelaskan makna ‘kontrol’ dari paparan Teori Kontrol Dr. William Glasser serta miskonsepsi yang terjadi di kehidupan sehari-hari, serta dapat menjelaskan perubahan paradigma stimulus respon kepada teori kontrol.

§  CGP dapat menjelaskan makna Disiplin Positif, dan mengamati penerapannya di lingkungannya, serta kaitan Teori Kontrol dengan 3 Motivasi Perilaku Manusia.

§  CGP menjelaskan pentingnya memilih dan menentukan nilai-nilai kebajikan yang akan diyakini dan disepakati seluruh warga sekolah, sehingga kelak tercipta sebuah budaya positif.


1  2  3  4  5  6  7  8   9   10   11   12   13   14  

Gunakan navigasi diatas untuk ke halaman berikutnya!

Nilai-Nilai Kebajikan dari Enam Institusi/Organisasi

Silakan cermati bacaan mengenai nilai-nilai kebajikan berikut.

Profil Pelajar Pancasila

o   Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia.

o   Mandiri

o   Bernalar Kritis

o   Berkebinekaan Global

o   Bergotong royong

o   Kreatif

IBO Primary Years Program (PYP)

Sikap Murid:

o   Toleransi

o   Rasa Hormat

o   Integritas

o   Mandiri

o   Menghargai

o   Antusias

o   Empati

o   Keingintahuan

o   Kreativitas

o   Kerja sama

o   Percaya Diri

o   Komitmen

Sembilan Pilar Karakter (Indonesian Heritage Foundation/IHF)

o   Cinta Tuhan dan segenap ciptaanNYA

o   Kemandirian dan Tanggung jawab

o   Kejujuran (Amanah), Diplomatis

o   Hormat dan Santun

o   Dermawan, Suka Menolong dan Gotong Royong

o   Percaya Diri, Kreatif dan Pekerja Keras

o   Kepemimpinan dan Keadilan

o   Baik dan Rendah Hati

o   Toleransi, Kedamaian dan Kesatuan

Petunjuk Seumur Hidup dan Keterampilan Hidup (LIfelong Gu...

Keterampilan Hidup

o   Dapat dipercaya

o   Lurus Hati

o   Pendengar yang Aktif

o   Tidak Merendahkan Orang Lain

o   Memberikan yang Terbaik dari Diri


Petunjuk Hidup

o   Peduli

o   Penalaran

o   Bekerja sama

o   Keberanian

o   Keingintahuan

o   Usaha

o   Keluwesan/Fleksibilitas

o   Berorganisasi

o   Kesabaran

o   Keteguhan hati

o   Kehormatan

o   Memiliki Rasa Humor

o   Berinisiatif

o   Integritas

o   Pemecahan Masalah

o   Sumber pengetahuan

o   Tanggung jawab

o   Persahabatan

The Seven Essential Virtues (Building Moral Intelligence,...

o   Empati

o   Suara Hati

o   Kontrol Diri

o   Rasa Hormat

o   Kebaikan

o   Toleransi

o   Keadilan

 

The Virtues Project (Proyek Nilai-nilai Kebajikan)

 

Silakan Anda membaca nilai-nilai kebajikan dari keenam institusi/organisasi yang telah disampaikan di sini, dan pilihlah salah satu yang menurut Anda paling menarik. Bandingkan dengan nilai-nilai kebajikan atau prinsip-prinsip yang Anda miliki di sekolah Anda. Adakah suatu perbedaan atau persamaan? Kemudian pikirkan bagaimana nilai-nilai kebajikan yang Anda pilih tersebut dapat disampaikan dan menjadi fondasi dari keyakinan sekolah atau keyakinan kelas yang disepakati seluruh warga sekolah. Kemudian pikirkan kegiatan-kegiatan apa saja yang dapat dilakukan agar keyakinan-keyakinan tersebut dapat dipahami, dan diterapkan seluruh warga sekolah dalam kehidupan mereka sehari-hari.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal uas semester gasal senibudaya kelas x

SOAL DAN JAWABAN KARBOHIDRAT KIMIA KELAS XII SEMESTER 1