1.4.f.1. Disiplin Positif dan Nilai-Nilai Kebajikan Universal POINT 7
Moda: Kegiatan mandiri, Forum Diskusi
Tujuan Pembelajaran Khusus:
·
o
§
§
§
CGP dapat menjelaskan makna ‘kontrol’ dari paparan Teori Kontrol Dr.
William Glasser serta miskonsepsi yang terjadi di kehidupan sehari-hari, serta
dapat menjelaskan perubahan paradigma stimulus respon kepada teori kontrol.
§
CGP dapat menjelaskan makna Disiplin Positif, dan mengamati penerapannya di
lingkungannya, serta kaitan Teori Kontrol dengan 3 Motivasi Perilaku Manusia.
§
CGP menjelaskan pentingnya memilih dan menentukan nilai-nilai kebajikan
yang akan diyakini dan disepakati seluruh warga sekolah, sehingga kelak
tercipta sebuah budaya positif.
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14
Gunakan navigasi diatas untuk ke halaman berikutnya!
Nilai-Nilai
Kebajikan dari Enam Institusi/Organisasi
Silakan
cermati bacaan mengenai nilai-nilai kebajikan berikut.
Profil Pelajar Pancasila
o
Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia.
o
Mandiri
o
Bernalar Kritis
o
Berkebinekaan Global
o
Bergotong royong
o
Kreatif
IBO Primary Years Program (PYP)
Sikap Murid:
o
Toleransi
o
Rasa Hormat
o
Integritas
o
Mandiri
o
Menghargai
o
Antusias
o
Empati
o
Keingintahuan
o
Kreativitas
o
Kerja sama
o
Percaya Diri
o
Komitmen
Sembilan Pilar Karakter (Indonesian Heritage Foundation/IHF)
o
Cinta Tuhan dan segenap ciptaanNYA
o
Kemandirian dan Tanggung jawab
o
Kejujuran (Amanah), Diplomatis
o
Hormat dan Santun
o
Dermawan, Suka Menolong dan Gotong Royong
o
Percaya Diri, Kreatif dan Pekerja Keras
o
Kepemimpinan dan Keadilan
o
Baik dan Rendah Hati
o
Toleransi, Kedamaian dan Kesatuan
Petunjuk Seumur Hidup dan Keterampilan Hidup (LIfelong Gu...
Keterampilan Hidup
o
Dapat dipercaya
o
Lurus Hati
o
Pendengar yang Aktif
o
Tidak Merendahkan Orang Lain
o
Memberikan yang Terbaik dari Diri
Petunjuk Hidup
o
Peduli
o
Penalaran
o
Bekerja sama
o
Keberanian
o
Keingintahuan
o
Usaha
o
Keluwesan/Fleksibilitas
o
Berorganisasi
o
Kesabaran
o
Keteguhan hati
o
Kehormatan
o
Memiliki Rasa Humor
o
Berinisiatif
o
Integritas
o
Pemecahan Masalah
o
Sumber pengetahuan
o
Tanggung jawab
o
Persahabatan
The Seven Essential Virtues (Building Moral Intelligence,...
o
Empati
o
Suara Hati
o
Kontrol Diri
o
Rasa Hormat
o
Kebaikan
o
Toleransi
o
Keadilan
The Virtues Project (Proyek Nilai-nilai Kebajikan)
Silakan Anda membaca nilai-nilai kebajikan dari keenam
institusi/organisasi yang telah disampaikan di sini, dan pilihlah salah satu
yang menurut Anda paling menarik. Bandingkan dengan nilai-nilai kebajikan atau
prinsip-prinsip yang Anda miliki di sekolah Anda. Adakah suatu perbedaan atau
persamaan? Kemudian pikirkan bagaimana nilai-nilai kebajikan yang Anda pilih
tersebut dapat disampaikan dan menjadi fondasi dari keyakinan sekolah atau
keyakinan kelas yang disepakati seluruh warga sekolah. Kemudian pikirkan
kegiatan-kegiatan apa saja yang dapat dilakukan agar keyakinan-keyakinan
tersebut dapat dipahami, dan diterapkan seluruh warga sekolah dalam kehidupan
mereka sehari-hari.
Komentar
Posting Komentar