1.3.e. Mulai dari Diri - Modul 1.3

·       Batas waktu 16 Jul at 23:59

 

·       Jumlah Soal 3

 

·       Batas durasi Tidak ada

 

·       Batas jumlah pengerjaan Tidak dibatasi

Instruksi

https://storage.googleapis.com/guru-lms-gtk-content-cdn-production/PGP%202023/Graphis/1m.png

Durasi : 1 JP
Moda: Mandiri
Tujuan Pembelajaran: CGP mampu merumuskan visi pribadi mengenai murid dan sekolah yang menumbuhkembangkan Profil Pelajar Pancasila.

Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak!

https://storage.googleapis.com/guru-lms-gtk-content-cdn-production/PGP%202023/Modul%201.3/Image/Ilustrasi%20Visi.pngDalam Pembelajaran 1 ini kita akan menggali pemahaman kita atas visi. Ingatkah Bapak/Ibu CGP, pada masa kecil, kita pernah ditanya mengenai cita-cita. Pertanyaan yang sering diajukan adalah, “Mau jadi apa jika sudah besar?”. Pada masa itu, sebagian besar dari kita dapat menjawab dengan percaya diri. Kita menjawab dengan bersemangat tentang profesi yang ingin kita geluti di masa depan. Padahal, kita belum tahu apakah hal itu dapat dicapai atau tidak. Seperti itulah visi. 

Visi itu bagaikan membayangkan sebuah lukisan lengkap pada kanvas yang masih kosong. Visi juga dapat diibaratkan sebagai bintang penunjuk arah yang memandu penjelajah untuk mencapai tujuannya. Visi memang belum terjadi saat ini, namun begitu kuat kita inginkan untuk terwujud di masa depan. Visi adalah representasi visual kita akan masa depan. Penggambaran visi yang jelas tentang keadaan di masa depan dapat membantu kita untuk merencanakan dan menyelaraskan upaya-upaya mewujudkannya.

Pada tugas ini, artikulasikanlah nilai-nilai, filosofi, harapan atas murid di sekolah yang Bapak/Ibu yakini dalam sebuah VISI. Pastikan kalimat-kalimat yang digunakan memiliki makna tersendiri bagi Bapak/Ibu secara pribadi sehingga ketika dibaca, kalimat itu akan menyemangati Bapak/Ibu sendiri, sekaligus menggerakkan hati tiap orang yang turut membacanya. Lewat kalimat itu, Bapak/Ibu harus menggambarkan seberapa berharga visi tersebut hingga patut diperjuangkan pencapaiannya.


Silahkan klik tombol Start/Take the survey yang ada dibawah ini untuk memulai kegiatan.

Soal 1

Kita semua mengenal “Sumpah Palapa” dari Gajah Mada. Lewat sejarah kita belajar bagaimana kemudian visi yang Gajah Mada artikulasikan sebagai sumpah tersebut menggerakkan Kerajaan Majapahit menjadi kerajaan besar di Nusantara. Visi pribadi beliau begitu kuat, dipercaya, hingga didukung oleh warga dan kerajaannya. Visi itu menguatkan hatinya, menggerakkan hati semua orang, dan mempersatukan gerak bersama dalam pencapaiannya. Gajah Mada adalah Mahapatih bukan Raja dari Kerajaan Majapahit saat itu. Kisah Gajah Mada itu dapat kita tarik ke dalam konteks guru dan sekolahnya. Guru memang bukan Kepala Sekolah, namun jika visi seorang guru memiliki makna yang kuat maka visi tersebut berpeluang menghubungkan hati lebih banyak pihak hingga kemudian mengundang upaya kolaboratif demi mewujudkannya. Visi seorang guru harus dapat di-amini semua pihak karena sangat jelas keberpihakannya pada murid.

Nah, ketika kita sebagai seorang guru membayangkan suatu visi, apakah kita telah menyertakan gambaran murid ke dalamnya? Sebagai seorang guru, mendidik bukanlah pekerjaan administratif. Target pekerjaan kita bukan sebuah dokumen, selembar kertas, atau daftar angka. Mendidik tidak hanya berbicara tentang dimensi waktu “sekarang”. Sasaran pekerjaan kita adalah manusia. Target pekerjaan kita adalah pertumbuhan manusia demi manusia. Hasil pekerjaan kita baru akan terlihat saat manusia ini berkarya di masa depan nanti. Oleh karena itu, memiliki visi tentang pertumbuhan murid menjadi hal yang sangat penting bagi seorang guru. Visi yang diharapkan terwujud pada murid Bapak/Ibu di masa depan. Visi mengenai murid inilah yang nantinya menjadi bintang penunjuk arah bagi guru dalam menentukan program dan strategi pembelajaran.

Pada kesempatan ini kita juga akan membayangkan tanggung jawab kita sebagai seorang guru dengan peran sebagai Guru Penggerak. Kita memiliki peran untuk mengembangkan diri dan orang lain, memimpin pembelajaran, memimpin manajemen sekolah, dan memimpin pengembangan sekolah. Peran ini memunculkan harapan bahwa ada hal besar yang kita harapkan dapat kita capai di masa depan.  Sebagai Guru Penggerak kelak, peran kita akan melampaui dinding dan pintu kelas di mana kita mengajar. Oleh karena itu, Guru Penggerak perlu mengartikulasikan harapan besar mengenai dirinya, murid, rekan kerja, sekolah, dan kedigjayaan Indonesia dalam kalimat-kalimat yang sifatnya pribadi, sehingga paling tidak dapat menggerakkan hatinya, menyemangati dirinya, di tengah jatuh-bangun perjuangannya kelak.

Untuk membantu Bapak/Ibu dalam memaknai bagaimana pentingnya visi tentang murid, mari kita membuat “gambar” yang bertemakan “Imajiku tentang murid di masa depan”Buatlah satu gambar mengenai murid yang Bapak/Ibu dambakan 5-10 tahun mendatang. Sertakan juga dalam gambar itu, lingkungan pembelajaran yang sesuai untuk murid sebagaimana Bapak/Ibu cita-citakan. Gambarkan situasi murid, peran guru, juga suasana sekolah sesuai dengan cita-cita Bapak/Ibu. Konsentrasikan diri pada substansi pesan pribadi Bapak/Ibu bukan pada keindahan gambarnya.

Soal 2

Bagaimana perasaan Bapak/Ibu setelah membuat “gambar”? Semoga gambar mengenai mimpi tentang murid dan lingkungan pembelajaran di masa depan ini mendatangkan perasaan bahagia dalam diri sebagai guru. Gambar yang Bapak/Ibu buat sesungguhnya adalah visi mengenai layanan dan lingkungan pembelajaran di masa depan yang akan kita berikan pada murid kita. Ketika kita menggambar visi, maka yang muncul adalah keyakinan dalam diri untuk mewujudkannya. Akhirnya, kita pun terpacu untuk melakukan peningkatan kualitas diri serta menguatkan kolaborasi di sekolah agar terjadi upaya perbaikan dan perubahan berkesinambungan yang diperlukan agar visi menjadi kenyataan. 

Pada kesempatan ini, marilah merangkai mimpi dalam gambar tersebut ke dalam kata-kata yang lebih jelas sebagai sebuah visi Bapak/Ibu. Kalimat rumpang dalam paragraf berikut ini menyediakan panduan untuk menuliskan visi yang telah Bapak/Ibu gambar. Diharapkan kegiatan ini dapat membantu Bapak/Ibu menyingkap apa yang sebetulnya telah dan perlu terus diyakini demi kebaikan murid-murid.

Silahkan lengkapi kalimat rumpang ini dengan sungguh-sungguh sepenuh hati dan pikiran, sehingga tersusun sebuah paragraf utuh yang dapat menggambarkan visi tentang murid dan sekolah yang Bapak/Ibu idam-idamkan. Sebuah sekolah yang berpihak pada murid, dan menuntun murid mengejawantahkan Profil Pelajar Pancasila.


Saya memimpikan murid-murid yang ……………………………………………………...............
Saya percaya bahwa murid adalah ……………………………………………………...................
Di sekolah, saya mengutamakan ……………………………………………………......................
Murid di sekolah saya sadar betul bahwa …………………………………………………….......
Saya dan guru lain di sekolah saya yakin untuk ………………………………………………….
Saya dan guru lain di sekolah saya paham bahwa ……………………………………………....

Your answer:

 

NO 2.  Visi Murid dan Sekolah Impian Saya: Menumbuhkan Generasi Emas yang Berkarakter dan Berwawasan Global

Saya memimpikan murid-murid yang:

·       Cerdas dan penuh rasa ingin tahu, selalu haus akan ilmu pengetahuan dan siap menjelajahi dunia dengan penuh semangat.

·       Kreatif dan inovatif

·       Berkarakter mulia, menjunjung tinggi nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, kerjasama, dan rasa hormat terhadap sesama.

·       Berwawasan global, memahami keberagaman budaya dan siap menjadi warga negara yang bertanggung jawab di dunia global.

·       Mandiri dan berjiwa wirausaha, mampu mengelola diri sendiri, mengambil inisiatif, dan berani mewujudkan mimpinya.

Saya percaya bahwa murid adalah:

·       Pusat dari proses belajar mengajar, dan setiap murid memiliki potensi luar biasa yang perlu digali dan dikembangkan.

·       Individu yang unik dengan gaya belajar dan minatnya masing-masing, dan belajar terbaik dengan cara yang berbeda.

·       Agen perubahan yang dapat membawa perubahan positif bagi diri sendiri, komunitas, dan bangsa.

Di sekolah, saya mengutamakan:

·       Kebahagiaan dan kesejahteraan murid: Menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan suportif di mana murid merasa dihargai dan dihormati.

·       Pembelajaran yang berpusat pada murid: Memberikan murid kesempatan untuk belajar sesuai dengan gaya belajar dan minatnya masing-masing.

·       Pengembangan karakter: Menanamkan nilai-nilai moral dan karakter yang mulia melalui berbagai kegiatan dan pembelajaran.

·       Keterampilan abad ke-21: Mempersiapkan murid dengan keterampilan yang mereka butuhkan untuk sukses di masa depan, seperti berpikir kritis, komunikasi, dan kerjasama.

Murid di sekolah saya sadar betul bahwa:

·       Mereka adalah individu yang berharga dan memiliki potensi untuk mencapai apa pun yang mereka impikan.

·       Mereka bertanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri dan harus berusaha keras untuk mencapai tujuan mereka.

·       Mereka harus saling menghormati dan menghargai perbedaan satu sama lain.

·       Mereka harus berkontribusi secara positif terhadap komunitas sekolah dan masyarakat.

 Saya dan guru lain di sekolah saya yakin untuk:

·       Memberikan bimbingan dan dukungan yang dibutuhkan murid untuk mencapai potensi penuh mereka.

·       Menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif dan mendorong murid untuk terus belajar dan berkembang.

·       Mempersiapkan murid untuk menjadi pemimpin masa depan yang berkarakter dan bertanggung jawab.

Saya dan guru lain di sekolah saya paham bahwa:

·       Peran kami adalah untuk memfasilitasi pembelajaran murid dan membantu mereka mencapai tujuan mereka.

·       Kami harus terus belajar dan berkembang untuk mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan murid.

·       Kami harus bekerja sama dengan murid, orang tua, dan pemangku kepentingan lainnya untuk menciptakan sekolah yang terbaik bagi semua.

Sekolah yang saya impikan adalah sekolah yang berpihak pada murid, dan menuntun murid mengejawantahkan Profil Pelajar Pancasila. Saya yakin bahwa dengan kerjasama dan komitmen dari semua pihak, visi ini dapat diwujudkan dan kita dapat menciptakan Generasi Emas yang Berkarakter dan Berwawasan Global

 

keren bu ngesti, sangat jelas sekali penjelasannya

Soal 3

Pada kesempatan ini, mari kita formulasikan VISI Bapak/Ibu sebagai pendidik. Jadikan kesempatan ini bermakna pribadi, bukan untuk sekedar memenuhi tagihan centang di LMS Bapak/Ibu. Gunakan pertanyaan-pertanyaan berikut untuk kemudian dirumuskan dalam sebuah VISI:

·       Apa makna pernyataan visi bagi Bapak/Ibu?

·       Apa harapan, cita-cita Bapak/Ibu untuk murid, rekan pendidik, komunitas sekolah, kehidupan masyarakat di daerah Bapak/Ibu, dan bangsa-negara Indonesia?

·       Apa yang selama ini jadi keyakinan bersama dan menyatukan sekolah kita?

·       Apa yang diharapkan menjadi pembeda antara murid di sekolah Bapak/Ibu dengan murid di sekolah lain?

·       Apa kontribusi orang dewasa dan para pemangku kepentingan di sekolah kita dalam mewujudkan murid dengan Profil Pelajar Pancasila?

Susunlah rumusan VISI Bapak/Ibu dalam kalimat-kalimat yang menggunakan kata bermakna kuat, spesifik, berorientasi masa depan, menekankan potensi yang ada sehingga khas menggambarkan murid dan sekolah dalam konteks yang sesuai dengan kenyataan Bapak/Ibu masing-masing. 

Sebagai guru dan Guru Penggerak, Bapak/Ibu kelak akan terlibat dalam proses menyusun atau menelaah kembali visi sekolah. Diharapkan, proses belajar dalam modul ini dapat menguatkan Bapak/Ibu sehingga membantu sekolah melihat pentingnya melibatkan murid dan komunitas sekolah dalam merumuskan visi sekolah.

Your answer:

Makna Pernyataan Visi Bagi Saya:

Bagi saya, visi adalah sebuah kompas yang menuntun langkah saya sebagai pendidik. Visi ini bukan hanya kata-kata di atas kertas, tetapi merupakan komitmen dan tekad saya untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan bermakna bagi murid, sekolah, dan bangsa.

Harapan dan Cita-cita Saya:

·       Murid: Saya mendambakan murid-murid yang cerdas, kreatif, berkarakter mulia, dan berwawasan global. Murid yang tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan, tetapi juga mampu berpikir kritis, memecahkan masalah, dan berkontribusi positif bagi masyarakat.

·       Rekan Pendidik: Saya ingin membangun kolaborasi yang kuat dengan rekan-rekan pendidik untuk saling belajar, berbagi ide, dan bersama-sama meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

·       Komunitas Sekolah: Saya ingin menjalin kerjasama yang erat dengan orang tua, komite sekolah, dan pemangku kepentingan lainnya untuk membangun ekosistem pendidikan yang suportif dan inklusif.

·       Kehidupan Masyarakat: Saya berharap murid-murid di sekolah saya dapat menjadi agen perubahan yang membawa kemajuan dan kebaikan bagi masyarakat di sekitar mereka.

·       Bangsa-Negara Indonesia: Saya ingin berkontribusi dalam membangun generasi penerus bangsa yang tangguh, berkarakter, dan siap membawa Indonesia menjadi bangsa yang maju dan bermartabat.

Keyakinan Bersama dan Pemersatu Sekolah:

Sekolah kita memiliki keyakinan bersama bahwa setiap murid memiliki potensi luar biasa yang perlu digali dan dikembangkan. Kami berkomitmen untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan inspiratif di mana murid merasa dihargai, dihormati, dan didorong untuk mencapai potensi penuh mereka.

Pembeda Murid di Sekolah Kami:

Murid di sekolah kami akan menjadi pembelajar mandiri yang mampu berpikir kritis, kreatif, dan komunikatif. Mereka akan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dan mampu bekerja sama dengan baik dalam tim. Murid di sekolah kami juga akan memiliki karakter mulia dan berwawasan global, siap untuk menjadi pemimpin masa depan yang membawa perubahan positif bagi dunia.

Kontribusi Orang Dewasa dan Pemangku Kepentingan:

Orang dewasa dan pemangku kepentingan di sekolah kami memiliki peran penting dalam mewujudkan murid dengan Profil Pelajar Pancasila. Kami harus bekerja sama dengan penuh komitmen untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan memberikan bimbingan serta dukungan yang dibutuhkan murid untuk mencapai potensi penuh mereka.

Rumusan Visi Saya:

"Menjadi pelopor dalam membangun generasi emas yang cerdas, kreatif, berkarakter mulia, dan berwawasan global melalui pendidikan yang berpusat pada murid, kolaboratif, dan berorientasi masa depan."

Visi ini akan menjadi landasan bagi saya dalam mengambil keputusan dan tindakan sebagai pendidik. Saya yakin bahwa dengan kerjasama dan komitmen dari semua pihak, visi ini dapat diwujudkan dan kita dapat membangun generasi emas yang siap membawa Indonesia menuju masa depan yang gemilang."

Proses belajar dalam modul ini telah membantu saya untuk memahami pentingnya melibatkan murid dan komunitas sekolah dalam merumuskan visi sekolah. Saya yakin bahwa dengan melibatkan semua pihak, kita dapat menciptakan visi yang lebih kuat dan bermakna bagi semua.

Sebagai Guru Penggerak, saya siap untuk berkontribusi dalam proses penyusunan atau penelaahan kembali visi sekolah. Saya yakin bahwa dengan kolaborasi dan gotong royong, kita dapat mewujudkan visi yang akan membawa manfaat bagi murid, sekolah, dan bangsa.

semoga visi ibu ini bisa terealisasikan bukan sekedar wacana

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal uas semester gasal senibudaya kelas x

SOAL DAN JAWABAN KARBOHIDRAT KIMIA KELAS XII SEMESTER 1