1.4.f.1. Disiplin Positif dan Nilai-Nilai Kebajikan Universal POINT 9
All sections
1414
Jawaban belum terbaca.3030
Jawaban.
Moda: Kegiatan mandiri, Forum Diskusi
Tujuan Pembelajaran Khusus:
·
o
§
§
§
CGP dapat menjelaskan makna ‘kontrol’ dari paparan Teori Kontrol Dr.
William Glasser serta miskonsepsi yang terjadi di kehidupan sehari-hari, serta
dapat menjelaskan perubahan paradigma stimulus respon kepada teori kontrol.
§
CGP dapat menjelaskan makna Disiplin Positif, dan mengamati penerapannya di
lingkungannya, serta kaitan Teori Kontrol dengan 3 Motivasi Perilaku Manusia.
§
CGP menjelaskan pentingnya memilih dan menentukan nilai-nilai kebajikan
yang akan diyakini dan disepakati seluruh warga sekolah, sehingga kelak
tercipta sebuah budaya positif.
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14
Gunakan navigasi diatas untuk ke halaman
berikutnya!
Tugas 2.1 (2)
Selanjutnya, silakan jawab pertanyaan
berikut.
Sebagai seorang pendidik, saat Anda perlu hadir di suatu pelatihan,
motivasi apakah yang mendasari tindakan Anda?
·
Apakah Anda hadir karena tidak ingin ditegur oleh
pihak panitia atau pengawas Anda, dan mendapatkan surat teguran (menghindari
ketidaknyamanan dan hukuman), atau
·
Anda ingin dilihat dan dipuji oleh lingkungan Anda,
atau mendapat penghargaan sebagai kepala sekolah berprestasi? (mendapatkan
imbalan atau penghargaan dari orang lain), atau
·
Anda ingin menjadi pemelajar sepanjang hayat, menjadi
orang yang berusaha dan bertanggung jawab serta menghargai diri Anda sendiri
sebagai teladan bagi murid-murid Anda, guru-guru Anda, serta lingkungan Anda
karena Anda percaya, tindakan Anda sebagai pemimpin pembelajaran akan jadi
panutan oleh lingkungan Anda (menghargai nilai-nilai kebajikan diri
sendiri).
Manakah motivasi yang paling kuat mendasari tindakan Anda, atau adakah
suatu proses perubahan motivasi antara dua motivasi?
Sebagai seorang pendidik, motivasi untuk
mengikuti pelatihan dapat bervariasi dan seringkali merupakan kombinasi dari
beberapa faktor. Namun, secara ideal, motivasi yang paling kuat dan
berkelanjutan adalah motivasi intrinsik yang didorong oleh nilai-nilai
kebajikan dan keinginan untuk terus belajar dan berkembang.
Keinginan saya menjadi pemelajar
sepanjang hayat merupakan motivasi terkuat dan positif yang akan terus berusaha
untuk meningkatkan kompetensinya dan memberikan yang terbaik bagi siswanya. Dan
juga motivasi menjadi teladan bagi dan rekan kerja akan terdorong untuk
mengikuti pelatihan dan menerapkan ilmu yang diperoleh dalam praktik.
Seringkali, motivasi seseorang dapat
berubah seiring waktu dan pengalaman. Pada awalnya, seorang pendidik mungkin
lebih termotivasi oleh faktor eksternal seperti menghindari teguran atau
mendapatkan penghargaan. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan semakin
memahami pentingnya peran seorang pendidik, motivasi intrinsik akan semakin
dominan.
Motivasi intrinsik ini adalah motivasi
diri sendiri dan tidak tegantung pada faktor external dan ketika kita bisa
melakukan sesuatu karena merasa benar dan penting kita akan merasakan kepuasan
yang lebih besar. Dari motivasi intrinsik ini juga mendorong seseorang mencari
cara-cara baru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Meskipun motivasi eksternal seperti
menghindari teguran atau mendapatkan penghargaan dapat menjadi pendorong awal,
namun motivasi intrinsik yang didasarkan pada nilai-nilai kebajikan dan
keinginan untuk terus belajar adalah yang paling berkelanjutan dan akan membawa
dampak yang lebih positif bagi seorang pendidik dan siswanya.
Sebagai seorang pendidik, idealnya kita
memiliki kombinasi dari kedua motivasi tersebut. Motivasi eksternal dapat
menjadi pemicu awal, namun motivasi intrinsik akan menjadi pendorong utama
untuk terus belajar dan berkembang.
Komentar
Posting Komentar