1.4.f.1. Disiplin Positif dan Nilai-Nilai Kebajikan Universal POINT 9

All sections

1414 Jawaban belum terbaca.3030 Jawaban.

Moda: Kegiatan mandiri, Forum Diskusi
Tujuan Pembelajaran Khusus:

·       

o    

§   

§   

§  CGP dapat menjelaskan makna ‘kontrol’ dari paparan Teori Kontrol Dr. William Glasser serta miskonsepsi yang terjadi di kehidupan sehari-hari, serta dapat menjelaskan perubahan paradigma stimulus respon kepada teori kontrol.

§  CGP dapat menjelaskan makna Disiplin Positif, dan mengamati penerapannya di lingkungannya, serta kaitan Teori Kontrol dengan 3 Motivasi Perilaku Manusia.

§  CGP menjelaskan pentingnya memilih dan menentukan nilai-nilai kebajikan yang akan diyakini dan disepakati seluruh warga sekolah, sehingga kelak tercipta sebuah budaya positif.


1  2  3  4  5  6  7  8   9   10   11   12   13   14  

Gunakan navigasi diatas untuk ke halaman berikutnya!


Tugas 2.1 (2)

Selanjutnya, silakan jawab pertanyaan berikut. 

Sebagai seorang pendidik, saat Anda perlu hadir di suatu pelatihan, motivasi apakah yang mendasari tindakan Anda?

·       Apakah Anda hadir karena tidak ingin ditegur oleh pihak panitia atau pengawas Anda, dan mendapatkan surat teguran (menghindari ketidaknyamanan dan hukuman), atau 

·       Anda ingin dilihat dan dipuji oleh lingkungan Anda, atau mendapat penghargaan sebagai kepala sekolah berprestasi? (mendapatkan imbalan atau penghargaan dari orang lain), atau 

·       Anda ingin menjadi pemelajar sepanjang hayat, menjadi orang yang berusaha dan bertanggung jawab serta menghargai diri Anda sendiri sebagai teladan bagi murid-murid Anda, guru-guru Anda, serta lingkungan Anda karena Anda percaya, tindakan Anda sebagai pemimpin pembelajaran akan jadi panutan oleh lingkungan Anda (menghargai nilai-nilai kebajikan diri sendiri). 

Manakah motivasi yang paling kuat mendasari tindakan Anda, atau adakah suatu proses perubahan motivasi antara dua motivasi?

 

Sebagai seorang pendidik, motivasi untuk mengikuti pelatihan dapat bervariasi dan seringkali merupakan kombinasi dari beberapa faktor. Namun, secara ideal, motivasi yang paling kuat dan berkelanjutan adalah motivasi intrinsik yang didorong oleh nilai-nilai kebajikan dan keinginan untuk terus belajar dan berkembang.

Keinginan saya menjadi pemelajar sepanjang hayat merupakan motivasi terkuat dan positif yang akan terus berusaha untuk meningkatkan kompetensinya dan memberikan yang terbaik bagi siswanya. Dan juga motivasi menjadi teladan bagi dan rekan kerja akan terdorong untuk mengikuti pelatihan dan menerapkan ilmu yang diperoleh dalam praktik.

Seringkali, motivasi seseorang dapat berubah seiring waktu dan pengalaman. Pada awalnya, seorang pendidik mungkin lebih termotivasi oleh faktor eksternal seperti menghindari teguran atau mendapatkan penghargaan. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan semakin memahami pentingnya peran seorang pendidik, motivasi intrinsik akan semakin dominan.

Motivasi intrinsik ini adalah motivasi diri sendiri dan tidak tegantung pada faktor external dan ketika kita bisa melakukan sesuatu karena merasa benar dan penting kita akan merasakan kepuasan yang lebih besar. Dari motivasi intrinsik ini juga mendorong seseorang mencari cara-cara baru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Meskipun motivasi eksternal seperti menghindari teguran atau mendapatkan penghargaan dapat menjadi pendorong awal, namun motivasi intrinsik yang didasarkan pada nilai-nilai kebajikan dan keinginan untuk terus belajar adalah yang paling berkelanjutan dan akan membawa dampak yang lebih positif bagi seorang pendidik dan siswanya.

Sebagai seorang pendidik, idealnya kita memiliki kombinasi dari kedua motivasi tersebut. Motivasi eksternal dapat menjadi pemicu awal, namun motivasi intrinsik akan menjadi pendorong utama untuk terus belajar dan berkembang.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal uas semester gasal senibudaya kelas x

contoh soal dan pembahasan momentum dan impuls kelas x semester 2