1.4.f.1. Disiplin Positif dan Nilai-Nilai Kebajikan Universal POINT 14
Moda: Kegiatan mandiri, Forum Diskusi
Tujuan Pembelajaran Khusus:
·
o
§
§
§
CGP dapat menjelaskan makna ‘kontrol’ dari paparan Teori Kontrol Dr.
William Glasser serta miskonsepsi yang terjadi di kehidupan sehari-hari, serta
dapat menjelaskan perubahan paradigma stimulus respon kepada teori kontrol.
§
CGP dapat menjelaskan makna Disiplin Positif, dan mengamati penerapannya di
lingkungannya, serta kaitan Teori Kontrol dengan 3 Motivasi Perilaku Manusia.
§
CGP menjelaskan pentingnya memilih dan menentukan nilai-nilai kebajikan
yang akan diyakini dan disepakati seluruh warga sekolah, sehingga kelak
tercipta sebuah budaya positif.
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14
Gunakan navigasi diatas untuk ke halaman berikutnya!
Penutup
Dengan menjawab setiap pertanyaan, Anda
telah menyelesaikan serangkaian kegiatan untuk mempelajari disiplin positif dan
nilai-nilai kebajikan universal.
Jika diperlukan, Bapak/ibu juga dapat mencermati dan mengunduh bahan bacaan
tentang Disiplin Positif dan Nilai-nilai Kebajikan Universal pada tautan
berikut: 2.1. Disiplin Positif dan Nilai-nilai
Kebajikan Universal (Links to an external site.)
Standar Pendidikan Nasional:
Dalam rangka menciptakan lingkungan yang positif maka setiap warga sekolah
dan pemangku kepentingan perlu saling mendukung, menghayati, dan
menerapkan nilai-nilai kebajikan yang telah disepakati bersama. Untuk dapat
menerapkan tujuan mulia tersebut, maka seorang pemimpin pembelajaran perlu
berjiwa kepemimpinan sehingga dapat mengembangkan sekolah dengan baik agar
terwujud suatu budaya sekolah yang positif sesuai dengan standar kompetensi
pengelolaan yang telah ditetapkan. Tujuan mulia dari penerapan disiplin
positif adalah agar terbentuk murid-murid yang berkarakter, berdisiplin,
santun, jujur, peduli, bertanggung jawab, dan merupakan pemelajar sepanjang hayat
sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang diharapkan.
Komentar
Posting Komentar