1.4.f.2. Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi POINT 3
All sections
99
Jawaban belum terbaca.1818
Jawaban.
Durasi : 1 JP
Moda: Kegiatan mandiri, Forum Diskusi
Tujuan Pembelajaran
·
o
§
§
§
CGP dapat menjelaskan dan menganalisis Teori Motivasi dan Motivasi
Intrinsik yang dituju, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari di
lingkungannya.
§
CGP dapat menjelaskan konsep hukuman dan penghargaan, dan konsep
pendekatan restitusi.
§
CGP dapat melakukan pengamatan dan peninjauan atas praktik penerapan
konsep-konsep tersebut di lingkungannya sendiri.
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
Gunakan navigasi diatas untuk ke halaman
berikutnya!
Tugas 2.2 (1)
Bapak Ibu calon guru
penggerak,
Tujuan dari disiplin
positif adalah menanamkan motivasi yang ketiga pada murid-murid kita yaitu
untuk menjadi orang yang mereka inginkan dan menghargai diri sendiri
dengan nilai-nilai yang mereka percaya. Ketika murid-murid kita memiliki
motivasi tersebut, mereka telah memiliki motivasi intrinsik yang berdampak
jangka panjang, motivasi yang tidak akan terpengaruh pada adanya hukuman atau
hadiah. Mereka akan tetap berperilaku baik dan berlandaskan nilai-nilai
kebajikan karena mereka ingin menjadi orang yang menjunjung tinggi nilai-nilai
yang mereka hargai. Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara kita
sebagai guru untuk menanamkan disiplin positif yang positif ini kepada
murid-murid kita?
Sekarang, mari pikirkan tentang diri Anda sendiri. Anda sekarang mengikuti
Program. Guru Penggerak, mengapa Anda mengikuti program ini? Apakah bila Anda
tidak mengikuti program ini, akan ada hal yang menyakitkan yang akan terjadi
pada Anda? Apakah ada hadiah atau penghargaan setelah Anda mengikuti program
ini? Atau apakah Anda mengikuti program ini karena Anda ingin menjadi seorang
guru dengan nilai-nilai yang Anda yakini, misalnya menjadi seorang guru
pemelajar? Apa dampak ketiga motivasi tersebut pada diri Anda sebagai calon
guru penggerak? Yang mana motivasi yang paling akan berdampak jangka panjang
dan membuat Anda terus bersemangat secara internal?
Mungkin pada awalnya motivasi Anda mengikuti
program ini karena ingin mendapat penghargaan. Namun seiring Anda mengikuti
program ini dan kemudian menikmatinya, mungkinkah motivasi Anda akan berubah
menjadi sebuah pemahaman untuk menjadi guru dengan nilai-nilai yang Anda
yakini? Bila itu terjadi, dampaknya pada diri Anda?
Awal saya mengikuti kegiatan ini adalah untuk mendapat
kemudahan dalam program pendidikan guru lain, ketika saya tidak mengikuti
program ini tidak ada hal yang menyakitkan bagi saya ketika saya belum tau
ternyata banyak materi yang bermanfaat yang bisa saya dapatkan dan terapkan
untuk peserta didik saya disekolah, ketika sudah berjalan pendidikan guru
pengerak ini saya akan merasa terugikan karena banyak melewatkan ilmu yang akan
saya dapatkan. Dampak ketiag motivasi dii saya adalah motivasi ekternal karena
ingin mendapatkan penghargaan.motivasi berdampak jangka panjang saat ini yang
saya rasakan adalah motivasi internal. Yang mana saya harus menyelesaikan
proses ini sampai selesai dan motivasi internal untuk menerapkan semua ilmu
yang saya peroleh dalam proses ini untuk perubahan sekolah dan peserta didik.
Komentar
Posting Komentar