1.4.f.2. Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi POINT 3

All sections

99 Jawaban belum terbaca.1818 Jawaban.

Durasi : 1 JP
Moda: 
Kegiatan mandiri, Forum Diskusi
Tujuan Pembelajaran

·       

o    

§   

§   

§  CGP dapat menjelaskan dan menganalisis Teori Motivasi dan Motivasi Intrinsik yang dituju, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungannya.

§  CGP dapat menjelaskan konsep hukuman dan penghargaan, dan  konsep pendekatan restitusi.

§  CGP dapat melakukan pengamatan dan peninjauan atas praktik penerapan konsep-konsep tersebut di lingkungannya sendiri.


1  2  3  4  5  6  7 8  9  10  11  12  13  14  15  16

Gunakan navigasi diatas untuk ke halaman berikutnya!


Tugas 2.2 (1)

Bapak Ibu calon guru penggerak,

Tujuan dari disiplin positif adalah menanamkan motivasi yang ketiga pada murid-murid kita yaitu untuk menjadi orang yang mereka inginkan dan menghargai diri sendiri dengan nilai-nilai yang mereka percaya. Ketika murid-murid kita memiliki motivasi tersebut, mereka telah memiliki motivasi intrinsik yang berdampak jangka panjang, motivasi yang tidak akan terpengaruh pada adanya hukuman atau hadiah. Mereka akan tetap berperilaku baik dan berlandaskan nilai-nilai kebajikan karena mereka ingin menjadi orang yang menjunjung tinggi nilai-nilai yang mereka hargai. Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara kita sebagai guru untuk menanamkan disiplin positif yang positif ini kepada murid-murid kita?

Sekarang, mari pikirkan tentang diri Anda sendiri. Anda sekarang mengikuti Program. Guru Penggerak, mengapa Anda mengikuti program ini? Apakah bila Anda tidak mengikuti program ini, akan ada hal yang menyakitkan yang akan terjadi pada Anda? Apakah ada hadiah atau penghargaan setelah Anda mengikuti program ini? Atau apakah Anda mengikuti program ini karena Anda ingin menjadi seorang guru dengan nilai-nilai yang Anda yakini, misalnya menjadi seorang guru pemelajar? Apa dampak ketiga motivasi tersebut pada diri Anda sebagai calon guru penggerak? Yang mana motivasi yang paling akan berdampak jangka panjang dan membuat Anda terus bersemangat secara internal?

Mungkin pada awalnya motivasi Anda mengikuti program ini karena ingin mendapat penghargaan. Namun seiring Anda mengikuti program ini dan kemudian menikmatinya, mungkinkah motivasi Anda akan berubah menjadi sebuah pemahaman untuk menjadi guru dengan nilai-nilai yang Anda yakini? Bila itu terjadi, dampaknya pada diri Anda?

Awal saya mengikuti kegiatan ini adalah untuk mendapat kemudahan dalam program pendidikan guru lain, ketika saya tidak mengikuti program ini tidak ada hal yang menyakitkan bagi saya ketika saya belum tau ternyata banyak materi yang bermanfaat yang bisa saya dapatkan dan terapkan untuk peserta didik saya disekolah, ketika sudah berjalan pendidikan guru pengerak ini saya akan merasa terugikan karena banyak melewatkan ilmu yang akan saya dapatkan. Dampak ketiag motivasi dii saya adalah motivasi ekternal karena ingin mendapatkan penghargaan.motivasi berdampak jangka panjang saat ini yang saya rasakan adalah motivasi internal. Yang mana saya harus menyelesaikan proses ini sampai selesai dan motivasi internal untuk menerapkan  semua ilmu yang saya peroleh dalam proses ini untuk perubahan sekolah dan peserta didik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal uas semester gasal senibudaya kelas x

contoh soal dan pembahasan momentum dan impuls kelas x semester 2