1.4.f.1. Disiplin Positif dan Nilai-Nilai Kebajikan Universal POINT 5
Moda: Kegiatan mandiri, Forum Diskusi
Tujuan Pembelajaran Khusus:
·
o
§
§
§
CGP dapat menjelaskan makna ‘kontrol’ dari paparan Teori Kontrol Dr.
William Glasser serta miskonsepsi yang terjadi di kehidupan sehari-hari, serta
dapat menjelaskan perubahan paradigma stimulus respon kepada teori kontrol.
§
CGP dapat menjelaskan makna Disiplin Positif, dan mengamati penerapannya di
lingkungannya, serta kaitan Teori Kontrol dengan 3 Motivasi Perilaku Manusia.
§
CGP menjelaskan pentingnya memilih dan menentukan nilai-nilai kebajikan
yang akan diyakini dan disepakati seluruh warga sekolah, sehingga kelak
tercipta sebuah budaya positif.
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14
Gunakan navigasi diatas untuk ke halaman berikutnya!
Makna Disiplin
Dalam rangka menciptakan lingkungan
positif, salah satu strategi yang perlu kita tinjau kembali adalah penerapan
disiplin di sekolah kita. Apakah telah efektif, apakah masih perlu ditinjau
kembali? Apa sesungguhnya arti dari disiplin itu sendiri? Apa kaitannya dengan
nilai-nilai kebajikan? Mari kita bahas makna disiplin dan nilai-nilai kebajikan
universal dengan mengaitkan beberapa pembelajaran awal di modul 1.2 tentang
perubahan paradigma teori stimulus respon ke teori kontrol serta teori 3
motivasi perilaku manusia.
Sebelumnya, mari kita tanyakan ke diri
kita sendiri, bagaimana kita berperilaku? Mengapa kita melakukan segala
sesuatu? Apakah kita melakukan sesuatu karena adanya dorongan dari lingkungan,
atau ada dorongan yang lain? Terkadang kita melakukan sesuatu karena kita
menghindari rasa sakit atau ketidaknyamanan, terkadang kita juga melakukan
sesuatu untuk mendapatkan apa yang kita mau. Pernahkah Anda melakukan sesuatu
untuk mendapat senyuman atau pujian dari orang lain? Untuk mendapat hadiah?
Atau untuk mendapatkan uang? Apa lagi kira-kira alasan orang melakukan sesuatu?
Komentar
Posting Komentar