1.1.h.
Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.1
Kerjakan lagi
·
Batas waktu 28 Jun jam 23:59
·
Format isian teks, url website, or unggah
dokumen
Durasi : 4 JP (180 menit)
Moda : Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus: Peserta mendesain strategi dalam mewujudkan
pemikiran KHD - 'Pendidikan yang Berpihak pada Murid' sesuai dengan Konteks
Diri Murid dan Sosial Budaya di daerah asal (karya demonstrasi kontekstual
dalam video, atau infografis atau puisi atau lagu, dll).
Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)
Anda mendesain sebuah strategi dalam
mewujudkan pemikiran KHD - ‘Pendidikan yang Berpihak pada Murid’ - dalam sebuah
karya (video pendek, komik, lagu, puisi, dll) dan mempublikasikan sebagai wujud
pemahaman, pemaknaan dan penghayatan yang Anda praktekkan dari pemikiran
filosofis Ki Hadjar Dewantara. Karya Anda menjadi sebuah demonstrasi
kontekstual bagaimana pemikiran Ki Hadjar Dewantara dikembangkan dan diterapkan
di kelas dan sekolah asal Anda.
Instruksi penugasan:
Pengantar
Metafora atau perlambang menjadi salah
satu cara yang efektif untuk memahami sebuah konsep yang rumit. Filosofi KHD
mengenai asas Tri-Kon dapat dilambangkan sebagai sistem tata surya, di mana
murid digambarkan sebagai planet yang mengorbit pada matahari (simbol nilai
kemanusiaan) dalam garisnya masing-masing. Setiap planet berevolusi dengan
kecepatan yang berbeda-beda, namun tak pernah berhenti bergerak (Syahril,
2018).
Selain metafora, cara lain untuk mengabadikan pemahaman dan pengalaman belajar
kita adalah dengan karya seni. Jadi, mengapa kita tidak menciptakan sesuatu yang
menarik mengenai filosofi pendidikan KHD? Membuat lagu, puisi, gambar, poster
metafora, atau karya apapun tentu akan menyenangkan.
Penugasan
1.
1. Buatlah satu karya
(karikatur, infografis, video pendek, komik, lagu, puisi, dll) untuk
menggambarkan pemikiran filosofis KHD sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman
baru yang Anda peroleh.
2. Karya itu merupakan
sebuah perumpamaan yang Anda gunakan sebagai wujud kontekstual pemahaman Anda
terhadap pemikiran-pemikiran KHD.
·
Rubric
Rubrik Penilaian Demonstrasi Kontekstual Pemikiran KHD
Rubrik Penilaian Demonstrasi Kontekstual Pemikiran
KHD |
||||||
Criteria |
Ratings |
Pts |
||||
This
criterion is linked to a learning outcomeIsi 1️⃣ memaparkan penerapan ide/gagasan sesuai dengan
pemikiran KHD. |
|
40 pts |
||||
This
criterion is linked to a learning outcomePenyampaian Materi 1️⃣ menggunakan kaidah Bahasa Indonesia yang tepat
(SPOK). |
|
40 pts |
||||
This
criterion is linked to a learning outcomeKetepatan waktu pengumpulan tugas |
|
20 pts |
||||
Total
points: 100 |
Komentar
Posting Komentar