1.1.h. Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.1

Kerjakan lagi

·       Batas waktu 28 Jun jam 23:59

 

·       Format isian teks, url website, or unggah dokumen


Durasi : 4 JP (180 menit)
Moda : Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus: Peserta mendesain strategi dalam mewujudkan pemikiran KHD - 'Pendidikan yang Berpihak pada Murid' sesuai dengan Konteks Diri Murid dan Sosial Budaya di daerah asal (karya demonstrasi kontekstual dalam video, atau infografis atau puisi atau lagu, dll).

Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)

Anda mendesain sebuah strategi dalam mewujudkan pemikiran KHD - ‘Pendidikan yang Berpihak pada Murid’ - dalam sebuah karya (video pendek, komik, lagu, puisi, dll) dan mempublikasikan sebagai wujud pemahaman, pemaknaan dan penghayatan yang Anda praktekkan dari pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara.  Karya Anda menjadi sebuah demonstrasi kontekstual bagaimana pemikiran Ki Hadjar Dewantara dikembangkan dan diterapkan di kelas dan sekolah asal Anda.

Instruksi penugasan: 

Pengantar

Metafora atau perlambang menjadi salah satu cara yang efektif untuk memahami sebuah konsep yang rumit. Filosofi KHD mengenai asas Tri-Kon dapat dilambangkan sebagai sistem tata surya, di mana murid digambarkan sebagai planet yang mengorbit pada matahari (simbol nilai kemanusiaan) dalam garisnya masing-masing. Setiap planet berevolusi dengan kecepatan yang berbeda-beda, namun tak pernah berhenti bergerak (Syahril, 2018).

Selain metafora, cara lain untuk mengabadikan pemahaman dan pengalaman belajar kita adalah dengan karya seni. Jadi, mengapa kita tidak menciptakan sesuatu yang menarik mengenai filosofi pendidikan KHD? Membuat lagu, puisi, gambar, poster metafora, atau karya apapun tentu akan menyenangkan.

Penugasan

1.     

1.    Buatlah satu karya (karikatur, infografis, video pendek, komik, lagu, puisi, dll) untuk menggambarkan pemikiran filosofis KHD sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman baru yang Anda peroleh.

2.    Karya itu merupakan sebuah perumpamaan yang Anda gunakan sebagai wujud kontekstual pemahaman Anda terhadap pemikiran-pemikiran KHD.


·      

 

Rubric

Rubrik Penilaian Demonstrasi Kontekstual Pemikiran KHD

Rubrik Penilaian Demonstrasi Kontekstual Pemikiran KHD

Criteria

Ratings

Pts

This criterion is linked to a learning outcomeIsi

1️ memaparkan penerapan ide/gagasan sesuai dengan pemikiran KHD.
2️
menyampaikan alasan yang kontekstual mengenai penerapan ide/gagasan sesuai dengan pemikiran KHD.
3️
mendemonstrasikan hasil penerapan ide/gagasan terkait pemikiran KHD secara kontekstual.
4️
menyampaikan tantangan dan solusi penerapan pemikiran KHD sesuai dengan konteks kelas dan sekolah.

40 Pts

ISI yang disampaikan memenuhi 4 dari 4 kriteria

30 Pts

ISI yang disampaikan memenuhi 3 dari 4 kriteria

20 Pts

ISI yang disampaikan memenuhi 2 dari 4 kriteria

10 Pts

ISI yang disampaikan memenuhi 1 dari 4 kriteria

40 pts

This criterion is linked to a learning outcomePenyampaian Materi

1️ menggunakan kaidah Bahasa Indonesia yang tepat (SPOK).
2️
menyampaikan pesan secara terstruktur dan sistematis (alur materi mudah dipahami).
3️
menggunakan pendukung visual dalam presentasi sebagai penguat pemaparan pemahaman.
4️
mendemonstrasikan diri CGP secara lugas dan kontekstual.

40 Pts

Penyampain Materi yang disampaikan memenuhi 4 dari 4 kriteria

30 Pts

Penyampain Materi yang disampaikan memenuhi 3 dari 4 kriteria

20 Pts

Penyampain Materi yang disampaikan memenuhi 2 dari 4 kriteria

10 Pts

Penyampain Materi yang disampaikan memenuhi 1 dari 4 kriteria

40 pts

This criterion is linked to a learning outcomeKetepatan waktu pengumpulan tugas

20 Pts

Dikumpulkan sebelum/saat due date

15 Pts

H+1 s.d. H+2 setelah due date

10 Pts

H+3 s.d. H+4 setelah due date

0 Pts

lebih dari H+4 setelah due date

20 pts

Total points: 100

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal uas semester gasal senibudaya kelas x

SOAL DAN JAWABAN KARBOHIDRAT KIMIA KELAS XII SEMESTER 1