1.4.e. Mulai Dari diri - Modul 1.4 POINT 3

All sections

1313 Jawaban belum terbaca.3030 Jawaban.


Durasi: 2 JP
Jenis Kegiatan: Refleksi mandiri

Tujuan Pembelajaran khusus:

·       

o    

§   

§   

§  Mengaktifkan pengetahuan awal apa yang telah dipelajari sebelumnya tentang konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara dihubungkan dengan konsep lingkungan dan budaya positif di sekolah. 

§  Mengamati bagaimana sistem rancangan di sekolah masing-masing dapat menciptakan lingkungan positif serta mendukung murid menjadi pribadi yang bahagia, mandiri, dan bertanggung jawab, sesuai dengan filosofi Ki Hadjar Dewantara.


1  2  3  4  5  6  7  8  9

Gunakan navigasi diatas untuk ke halaman berikutnya!


Pertanyaan 2

Sebagai seorang pendidik dan/atau pimpinan sekolah, bagaimana Anda dapat menciptakan suasana positif di lingkungan Anda selama ini?

 

Sebagai seorang pendidik dan/atau pimpinan sekolah, saya berkomitmen untuk menciptakan suasana positif di lingkungan sekolah yang berpusat pada murid, sesuai dengan filosofi KHD. Saya percaya bahwa setiap anak memiliki potensi yang unik dan berhak mendapatkan kesempatan untuk berkembang secara optimal. Oleh karena itu, dalam upaya menciptakan suasana positif, saya:

·       Membangun hubungan yang kuat dengan setiap murid: Saya selalu meluangkan waktu untuk mendengarkan pendapat, perasaan, dan kesulitan yang dialami oleh setiap murid. Dengan membangun hubungan yang baik, saya berharap dapat menciptakan ikatan emosional yang kuat antara guru dan murid sehingga mereka merasa nyaman untuk belajar dan berkreasi.

·       Menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan inklusif: Saya berupaya untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Selain itu, saya juga memastikan bahwa semua siswa merasa diterima dan dihargai tanpa memandang latar belakang atau perbedaan.

·       Memberdayakan siswa: Saya memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan sekolah, seperti menjadi ketua kelas, anggota OSIS, atau panitia acara. Dengan demikian, siswa merasa memiliki tanggung jawab dan ikut bertanggung jawab atas keberhasilan sekolah.

·       Mengutamakan pengembangan karakter: Selain memberikan pengetahuan akademik, saya juga fokus pada pengembangan karakter siswa, seperti kejujuran, tanggung jawab, toleransi, dan kerjasama. Saya percaya bahwa karakter yang kuat akan menjadi bekal bagi siswa untuk menghadapi tantangan di masa depan.

·       Menyediakan dukungan yang komprehensif: Saya memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan, baik itu dalam bidang akademik maupun non-akademik. Jika ada siswa yang mengalami kesulitan, saya akan berusaha untuk mencari solusi bersama dengan guru, orang tua, dan pihak terkait lainnya.

·       Menerapkan prinsip-prinsip demokrasi: Saya melibatkan siswa dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan kegiatan sekolah. Dengan demikian, siswa merasa memiliki suara dan ikut berperan dalam membangun sekolah yang mereka inginkan.

·       Menjadi teladan: Sebagai seorang pendidik, saya berusaha untuk menjadi teladan bagi siswa dengan menunjukkan sikap yang positif, jujur, dan bertanggung jawab. Saya percaya bahwa tindakan nyata jauh lebih bermakna daripada sekedar kata-kata."

Begitupun kepada rekan rekan guru saya kan menciptakan lingkungan suasana positif, yang menjadikan bahwa semua yang bekerja adalah saudara, dengan komunikasi terbuka supaya tidak ada kesalahpahaman antar guru, sehingga tidak sering terjadi perombakan pegawai / pendidik karena kurang nyaman bekerja.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal uas semester gasal senibudaya kelas x

SOAL DAN JAWABAN KARBOHIDRAT KIMIA KELAS XII SEMESTER 1