1.4.f.1. Disiplin Positif dan Nilai-Nilai Kebajikan Universal POINT 1

Moda: Kegiatan mandiri, Forum Diskusi
Tujuan Pembelajaran Khusus:

·       

o    

§   

§   

§  CGP dapat menjelaskan makna ‘kontrol’ dari paparan Teori Kontrol Dr. William Glasser serta miskonsepsi yang terjadi di kehidupan sehari-hari, serta dapat menjelaskan perubahan paradigma stimulus respon kepada teori kontrol.

§  CGP dapat menjelaskan makna Disiplin Positif, dan mengamati penerapannya di lingkungannya, serta kaitan Teori Kontrol dengan 3 Motivasi Perilaku Manusia.

§  CGP menjelaskan pentingnya memilih dan menentukan nilai-nilai kebajikan yang akan diyakini dan disepakati seluruh warga sekolah, sehingga kelak tercipta sebuah budaya positif.


1  2  3  4  5  6  7  8   9   10   11   12   13   14  

Gunakan navigasi diatas untuk ke halaman berikutnya!


Cobalah Buka !

Anda dan teman Anda akan melakukan kegiatan ‘Cobalah Buka’. Anda adalah A , tugas Anda adalah mengepalkan salah satu tangan Anda. Coba Anda bayangkan bahwa Anda  menyimpan sesuatu yang sangat berharga di dalam kepalan tangan Anda. Anda  perlu menjaga benda tersebut sekuat tenaga Anda karena begitu pentingnya untuk  kehidupan Anda. Tugas B (rekan Anda), adalah mencoba dengan segala cara untuk membuka kepalan tangan Anda. Teman Anda B boleh membujuk, menghardik,  mengintimidasi, memarahi, menggoda, menggelitik, bahkan menawari Anda uang agar Anda bersedia membuka  kepalan tangan Anda.  

Cobalah lakukan kegiatan ‘Cobalah Buka’ di atas dengan B secara  bergantian, masing-masing A dan B memiliki waktu 30 detik saja. Sesudah itu  diskusikan kegiatan ini dan coba jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini secara  mandiri, dan diskusikan kembali dengan rekan Anda B. Bandingkan jawaban Anda,  apakah berbeda, atau sama. Bilamana berbeda, kira-kira mengapa?

1.    Apakah Anda atau B membuka kepalan tangan Anda? Mengapa, apa alasan Anda atau B membuka kepalan tangan Anda?

2.    Apakah Anda atau B menutup kepalan tangan Anda? Mengapa, apa alasan Anda atau B tetap menutup kepalan tangan Anda?

3.    Dalam kegiatan ini, sesungguhnya siapa yang memegang kendali atau kontrol untuk membuka atau menutup kepalan tangan?

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal uas semester gasal senibudaya kelas x

SOAL DAN JAWABAN KARBOHIDRAT KIMIA KELAS XII SEMESTER 1