1.4.f.2. Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi POINT 2
All sections
77
Jawaban belum terbaca.1818
Jawaban.
Durasi : 1 JP
Moda: Kegiatan mandiri, Forum Diskusi
Tujuan Pembelajaran
·
o
§
§
§
CGP dapat menjelaskan dan menganalisis Teori Motivasi dan Motivasi
Intrinsik yang dituju, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari di
lingkungannya.
§
CGP dapat menjelaskan konsep hukuman dan penghargaan, dan konsep
pendekatan restitusi.
§
CGP dapat melakukan pengamatan dan peninjauan atas praktik penerapan
konsep-konsep tersebut di lingkungannya sendiri.
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
Gunakan navigasi diatas untuk ke halaman
berikutnya!
3 Motivasi Perilaku Manusia
Bapak Ibu calon guru
penggerak,
Bagaimana menurut
Anda? Pernahkah Anda melakukan sesuatu untuk mendapat senyuman dari orang lain?
Untuk mendapat hadiah? Atau untuk mendapatkan uang? Apalagi kira-kira alasan
orang melakukan sesuatu? Untuk mengetahui lebih jauh lagi mengenai motivasi manusia,
mari kita baca artikel ini:
Diane Gossen dalam bukunya Restructuring School Discipline, menyatakan ada
3 motivasi perilaku manusia:
1. Untuk menghindari
ketidaknyamanan atau hukuman
Ini adalah tingkat terendah dari motivasi perilaku manusia. Biasanya orang
yang motivasi perilakunya untuk menghindari hukuman atau ketidaknyamanan, akan
bertanya, apa yang akan terjadi apabila saya tidak melakukannya? Sebenarnya
mereka sedang menghindari permasalahan yang mungkin muncul dan berpengaruh pada
mereka secara fisik, psikologis, maupun tidak terpenuhinya kebutuhan mereka,
bila mereka tidak melakukan tindakan tersebut. Motivasi ini bersifat
eksternal.
2. Untuk mendapatkan
imbalan atau penghargaan dari orang lain.
Satu tingkat di atas motivasi yang pertama, disini orang berperilaku untuk
mendapatkan imbalan atau penghargaan dari orang lain. Orang dengan motivasi ini
akan bertanya, apa yang akan saya dapatkan apabila saya melakukannya? Mereka
melakukan sebuah tindakan untuk mendapatkan pujian dari orang lain yang menurut
mereka penting dan mereka letakkan dalam dunia berkualitas mereka. Mereka juga
melakukan sesuatu untuk mendapatkan hadiah, pengakuan, atau imbalan. Motivasi
ini juga bersifat eksternal.
3. Untuk menjadi orang
yang mereka inginkan dan menghargai diri sendiri dengan nilai-nilai yang mereka
percaya.
Orang dengan motivasi ini akan bertanya, akan menjadi orang yang seperti
apabila saya melakukannya? Mereka melakukan sesuatu karena nilai-nilai yang
mereka yakini dan hargai, dan mereka melakukannya karena mereka ingin menjadi
orang yang melakukan nilai-nilai yang mereka yakini tersebut. Ini adalah
motivasi yang akan membuat seseorang memiliki disiplin positif karena motivasi
berperilakunya bersifat internal, bukan eksternal.
Pernahkan Anda berada dalam sebuah
situasi dimana anda sengaja melakukan sesuatu yang menyakitkan bagi anda,
bahkan bertabrakan dengan penghargaan dari orang lain? Mengapa anda tetap
memilih melakukannya padahal anda tahu akibatnya akan menyakitkan, anda mungkin
akan dikecam secara sosial, bahkan ada kerugian secara finansial? Apa
prinsip-prinsip yang anda perjuangkan dan anda lindungi? Saat itu, anda sedang
menjadi orang yang seperti apa?
Pernah, pada saat saya smp
demi mendapatkan nilai baik saya membuka buku untuk mendapatkan jawaban,
padahal saya bukan tipe siswa yang malas belajar. Dan belum pernah terjadi
sebelumnya, akhirnya ketahuan. Ketika ketahuan reputasi saya sebagi siswa yang
rajin hancur. Untuk memperbaiki prinsip saya, saya mengajukan ujian ulang
dengan jujur dan saa belajar keras dan hasilnya ujian kedua saya mendapat nilai
100. Karena diawal mengapa sampai terjadi karena saat itu prinsip saya tidak
boleh nilai ujian jelek jadi saya melakukan berbagai cara yang ternyata salah.
Setelah kejadian itu saya menjadi seseorang yang sangat kecewa terhaap diri
sendiri mengapa sampai harus buka buku saat ujian.
Komentar
Posting Komentar