1.4.f.2. Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi POINT 2

All sections

77 Jawaban belum terbaca.1818 Jawaban.

Durasi : 1 JP
Moda: 
Kegiatan mandiri, Forum Diskusi
Tujuan Pembelajaran

·       

o    

§   

§   

§  CGP dapat menjelaskan dan menganalisis Teori Motivasi dan Motivasi Intrinsik yang dituju, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungannya.

§  CGP dapat menjelaskan konsep hukuman dan penghargaan, dan  konsep pendekatan restitusi.

§  CGP dapat melakukan pengamatan dan peninjauan atas praktik penerapan konsep-konsep tersebut di lingkungannya sendiri.


1  2  3  4  5  6  7 8  9  10  11  12  13  14  15  16

Gunakan navigasi diatas untuk ke halaman berikutnya!


3 Motivasi Perilaku Manusia

Bapak Ibu calon guru penggerak,

Bagaimana menurut Anda? Pernahkah Anda melakukan sesuatu untuk mendapat senyuman dari orang lain? Untuk mendapat hadiah? Atau untuk mendapatkan uang? Apalagi kira-kira alasan orang melakukan sesuatu? Untuk mengetahui lebih jauh lagi mengenai motivasi manusia, mari kita baca artikel ini:

Diane Gossen dalam bukunya Restructuring School Discipline, menyatakan ada 3 motivasi perilaku manusia:

1.    Untuk menghindari ketidaknyamanan atau hukuman
Ini adalah tingkat terendah dari motivasi perilaku manusia. Biasanya orang yang motivasi perilakunya untuk menghindari hukuman atau ketidaknyamanan, akan bertanya, apa yang akan terjadi apabila saya tidak melakukannya? Sebenarnya mereka sedang menghindari permasalahan yang mungkin muncul dan berpengaruh pada mereka secara fisik, psikologis, maupun tidak terpenuhinya kebutuhan mereka, bila mereka tidak melakukan tindakan tersebut. Motivasi ini bersifat eksternal. 

2.    Untuk mendapatkan imbalan atau penghargaan dari orang lain.
Satu tingkat di atas motivasi yang pertama, disini orang berperilaku untuk mendapatkan imbalan atau penghargaan dari orang lain. Orang dengan motivasi ini akan bertanya, apa yang akan saya dapatkan apabila saya melakukannya? Mereka melakukan sebuah tindakan untuk mendapatkan pujian dari orang lain yang menurut mereka penting dan mereka letakkan dalam dunia berkualitas mereka. Mereka juga melakukan sesuatu untuk mendapatkan hadiah, pengakuan, atau imbalan. Motivasi ini juga bersifat eksternal. 

3.    Untuk menjadi orang yang mereka inginkan dan menghargai diri sendiri dengan nilai-nilai yang mereka percaya. 
Orang dengan motivasi ini akan bertanya, akan menjadi orang yang seperti apabila saya melakukannya? Mereka melakukan sesuatu karena nilai-nilai yang mereka yakini dan hargai, dan mereka melakukannya karena mereka ingin menjadi orang yang melakukan nilai-nilai yang mereka yakini tersebut. Ini adalah motivasi yang akan membuat seseorang memiliki disiplin positif karena motivasi berperilakunya bersifat internal, bukan eksternal.

Pernahkan Anda berada dalam sebuah situasi dimana anda sengaja melakukan sesuatu yang menyakitkan bagi anda, bahkan bertabrakan dengan penghargaan dari orang lain? Mengapa anda tetap memilih melakukannya padahal anda tahu akibatnya akan menyakitkan, anda mungkin akan dikecam secara sosial, bahkan ada kerugian secara finansial? Apa prinsip-prinsip yang anda perjuangkan dan anda lindungi? Saat itu, anda sedang menjadi orang yang seperti apa?

 

 Pernah, pada saat saya smp demi mendapatkan nilai baik saya membuka buku untuk mendapatkan jawaban, padahal saya bukan tipe siswa yang malas belajar. Dan belum pernah terjadi sebelumnya, akhirnya ketahuan. Ketika ketahuan reputasi saya sebagi siswa yang rajin hancur. Untuk memperbaiki prinsip saya, saya mengajukan ujian ulang dengan jujur dan saa belajar keras dan hasilnya ujian kedua saya mendapat nilai 100. Karena diawal mengapa sampai terjadi karena saat itu prinsip saya tidak boleh nilai ujian jelek jadi saya melakukan berbagai cara yang ternyata salah. Setelah kejadian itu saya menjadi seseorang yang sangat kecewa terhaap diri sendiri mengapa sampai harus buka buku saat ujian.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal uas semester gasal senibudaya kelas x

SOAL DAN JAWABAN KARBOHIDRAT KIMIA KELAS XII SEMESTER 1