1.4.f.1. Disiplin Positif dan Nilai-Nilai Kebajikan Universal POINT 12
All sections
1212
Jawaban belum terbaca.2626
Jawaban.
Moda: Kegiatan mandiri, Forum Diskusi
Tujuan Pembelajaran Khusus:
·
o
§
§
§
CGP dapat menjelaskan makna ‘kontrol’ dari paparan Teori Kontrol Dr.
William Glasser serta miskonsepsi yang terjadi di kehidupan sehari-hari, serta
dapat menjelaskan perubahan paradigma stimulus respon kepada teori kontrol.
§
CGP dapat menjelaskan makna Disiplin Positif, dan mengamati penerapannya di
lingkungannya, serta kaitan Teori Kontrol dengan 3 Motivasi Perilaku Manusia.
§
CGP menjelaskan pentingnya memilih dan menentukan nilai-nilai kebajikan
yang akan diyakini dan disepakati seluruh warga sekolah, sehingga kelak
tercipta sebuah budaya positif.
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14
Gunakan navigasi diatas untuk ke halaman
berikutnya!
Tugas 2.1 (5)
Selanjutnya, silakan jawab pertanyaan
berikut.
Strategi apa yang selama ini Anda terapkan untuk menanamkan disiplin
positif pada murid-murid Anda, bagaimana hasilnya pada perilaku murid-murid
Anda?
Strategi positif yang saya terapkan
untuk menanamkan disiplin positif pada murid yaitu dengan
1. Membangun hubungan
positif dengan komunikasi yang terbuka, menciptakan suasana kelas yang nyaman
di mana murid merasa bebas untuk bertanya dan berpendapat, menunjukkan empati
kepada murid serta memberikan pujian yang spesifik
2. Membuat kesepakatan
kelas
3. Memberikan penguatan
posistif dengan memberikan hadiah dan merayakan keberhasilan
4. Mengajarkan
keterampilan komunikasi kepada murid agar tidak ada konflik antar murid
Hasil yang Diharapkan dari Penerapan
Disiplin Positif
Jika strategi-strategi
di atas diterapkan secara konsisten, maka diharapkan akan terjadi perubahan
positif pada perilaku murid, seperti: Peningkatan disiplin diri, meningkatnya
rasa percaya diri, peningkatan kemampuan sosial, meningkatnya motivasi
belajarPenurunan perilaku negatif, penting untuk diingat bahwa perubahan
perilaku membutuhkan waktu
Komentar
Posting Komentar