1.2.f. Eksplorasi Konsep - Modul 1.2 POINT 1

Durasi : 2 JP
Moda : Pembelajaran Mandiri 
Tujuan Pembelajaran Khusus:

1.     

1.     

1.     

1.     

1.    CGP mengetahui hubungan antara emosi, cara kerja otak, kebutuhan dasar manusia, daya untuk memilih, motivasi intrinsik, dan struktur sistemik lingkungan dalam pembentukan nilai-nilai dalam diri seseorang

2.    CGP menjelaskan makna Profil Pelajar Pancasila dalam transformasi pendidikan.

3.    CGP menjelaskan makna nilai-nilai yang perlu dikembangkan guru penggerak.

4.    CGP menjelaskan makna peran guru penggerak dalam transformasi pendidikan.

5.    CGP mengetahui bahwa keteladanan dan sistem pembiasaan yang konsisten di suatu lingkungan mempengaruhi penumbuhan nilai-nilai dalam diri seseorang.

6.    CGP mengelaborasi makna pemimpin pembelajaran di sekolahnya masing-masing.


1  2  3  4  5  6  7  8 

Gunakan navigasi diatas untuk ke halaman berikutnya!


Pengantar


"Perubahan yang kita lakukan di pendidikan harus menuju pada suatu titik yang memanusiakan manusia dan memperkuat nilai kemanusiaan kita."

(Iwan Syahril Dirjen GTK Kemdikbudristek, Refleksi atas Asas Konvergensi Ki Hadjar Dewantara)


Dalam sesi ini, Bapak/Ibu akan melakukan aktivitas yang berbentuk paparan materi. Bapak/Ibu akan berinteraksi dengan materi secara mandiri dengan menyimak dan memaknai materi yang dipaparkan serta merefleksikannya. Sebagaimana dinyatakan dalam kalimat pembuka di atas, pendidikan harus mampu menumbuhkan manusia yang kuat nilai kemanusiaannya, yang memegang teguh nilai-nilai kebajikan. Dalam konteks yang beranekaragam, kita memerlukan pegangan yang mempersatukan. Nilai-nilai kebajikan yang sifatnya universal lah kemudian yang dapat dijadikan “landasan bersama” (common-ground), bagi beragam kepentingan, suku-bangsa, ras, agama, dan antar-golongan. Semangat untuk mengapresiasi dan berpihak pada nilai-nilai yang diperlukan dan menguntungkan anak adalah landasan dalam membawakan peran perubahan di pendidikan. Dengan demikian diharapkan, Bapak/Ibu dapat menilik kembali nilai-nilai yang sudah ada dalam diri pribadi lalu menguatkan yang selaras dengan nilai-nilai dan konsep yang dipromosikan dalam Program Guru Penggerak ini. Bapak/Ibu juga diharapkan untuk menjawab dengan seksama dan mendalam pertanyaan-pertanyaan refleksi yang telah disediakan agar pemahaman Bapak/Ibu akan konsep yang dipaparkan pun menjadi semakin kuat, semakin paham pula bagaimana manusia tergerak dan bergerak, sehingga semakin menghayati bagaimana menggerakkan manusia.


 





Silahkan ikuti navigasi di atas untuk menuntaskan aktivitas Eksplorasi Konsep - Modul 1.2. ini. Silakan baca, cermati dan pahami seluruh materi yang disediakan.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal uas semester gasal senibudaya kelas x

SOAL DAN JAWABAN KARBOHIDRAT KIMIA KELAS XII SEMESTER 1