1.2.f. Eksplorasi Konsep - Modul 1.2 POINT 1
Durasi : 2 JP
Moda : Pembelajaran
Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus:
1.
1.
1.
1.
1. CGP mengetahui
hubungan antara emosi, cara kerja otak, kebutuhan dasar manusia, daya untuk
memilih, motivasi intrinsik, dan struktur sistemik lingkungan dalam pembentukan
nilai-nilai dalam diri seseorang
2. CGP menjelaskan makna
Profil Pelajar Pancasila dalam transformasi pendidikan.
3. CGP menjelaskan makna
nilai-nilai yang perlu dikembangkan guru penggerak.
4. CGP menjelaskan makna
peran guru penggerak dalam transformasi pendidikan.
5. CGP mengetahui bahwa
keteladanan dan sistem pembiasaan yang konsisten di suatu lingkungan
mempengaruhi penumbuhan nilai-nilai dalam diri seseorang.
6. CGP mengelaborasi
makna pemimpin pembelajaran di sekolahnya masing-masing.
Gunakan navigasi diatas untuk ke halaman berikutnya!
Pengantar
"Perubahan yang kita lakukan di pendidikan harus menuju pada suatu
titik yang memanusiakan manusia dan memperkuat nilai kemanusiaan
kita."
(Iwan Syahril Dirjen GTK Kemdikbudristek, Refleksi atas Asas Konvergensi Ki
Hadjar Dewantara)
Dalam
sesi ini, Bapak/Ibu akan melakukan aktivitas yang berbentuk paparan materi.
Bapak/Ibu akan berinteraksi dengan materi secara mandiri dengan menyimak dan
memaknai materi yang dipaparkan serta merefleksikannya. Sebagaimana
dinyatakan dalam kalimat pembuka di atas, pendidikan harus mampu menumbuhkan
manusia yang kuat nilai kemanusiaannya, yang memegang teguh nilai-nilai
kebajikan. Dalam konteks yang beranekaragam, kita memerlukan pegangan yang
mempersatukan. Nilai-nilai kebajikan yang sifatnya universal lah kemudian yang
dapat dijadikan “landasan bersama” (common-ground), bagi beragam kepentingan,
suku-bangsa, ras, agama, dan antar-golongan. Semangat untuk mengapresiasi dan
berpihak pada nilai-nilai yang diperlukan dan menguntungkan anak adalah
landasan dalam membawakan peran perubahan di pendidikan. Dengan demikian
diharapkan, Bapak/Ibu dapat menilik kembali nilai-nilai yang sudah ada dalam
diri pribadi lalu menguatkan yang selaras dengan nilai-nilai dan konsep yang
dipromosikan dalam Program Guru Penggerak ini. Bapak/Ibu juga diharapkan untuk
menjawab dengan seksama dan mendalam pertanyaan-pertanyaan refleksi yang telah
disediakan agar pemahaman Bapak/Ibu akan konsep yang dipaparkan pun menjadi
semakin kuat, semakin paham pula bagaimana manusia tergerak dan bergerak,
sehingga semakin menghayati bagaimana menggerakkan manusia.
Silahkan ikuti
navigasi di atas untuk menuntaskan aktivitas Eksplorasi Konsep - Modul 1.2.
ini. Silakan baca, cermati dan pahami seluruh materi yang disediakan.
Komentar
Posting Komentar