1.4.f. Eksplorasi Konsep - Modul 1.4
Moda: Kegiatan mandiri, Forum
Diskusi
Durasi: 4 JP
Bapak/Ibu CGP, Eksplorasi konsep untuk
Budaya positif terdiri dari beberapa bagian yaitu.
2.1. Disiplin
Positif dan Nilai-nilai Kebajikan Universal
Tujuan pembelajaran:
o
CGP dapat menjelaskan makna ‘kontrol’ dari paparan Teori Kontrol
Dr. William Glasser serta miskonsepsi yang terjadi di kehidupan sehari-hari,
serta dapat menjelaskan perubahan paradigma stimulus respon kepada teori
kontrol.
o
CGP dapat menjelaskan makna Disiplin Positif, dan mengamati penerapannya di
lingkungannya, serta kaitan Teori Kontrol dengan 3 Motivasi Perilaku Manusia.
o
CGP menjelaskan pentingnya memilih dan menentukan nilai-nilai kebajikan
yang akan diyakini dan disepakati seluruh warga sekolah, sehingga kelak
tercipta sebuah budaya positif.
2.2. Teori
Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi
Tujuan Pembelajaran:
o
CGP dapat menjelaskan dan menganalisis Teori Motivasi dan Motivasi
Intrinsik yang dituju, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari di
lingkungannya.
o
CGP dapat menjelaskan konsep hukuman dan penghargaan, dan konsep
pendekatan restitusi.
o
CGP dapat melakukan pengamatan dan peninjauan atas praktik penerapan
konsep-konsep tersebut di lingkungannya sendiri.
2.3. Keyakinan
Kelas
Tujuan Pembelajaran Khusus:
o
CGP dapat menganalisis pentingnya memiliki keyakinan sekolah/kelas sebagai
fondasi dan arah tujuan sebuah sekolah/kelas, yang akan menjadi landasan dalam
memecahkan konflik atau permasalahan di dalam sebuah sekolah/kelas.
o
CGP dapat menjelaskan proses pembentukan dari peraturan-peraturan beralih
ke keyakinan kelas.
o
CGP akan dapat berpikir kritis, kreatif, reflektif, dan terbuka dalam
menggali nilai-nilai yang dituju pada peraturan yang ada di sekolah mereka
masing-masing.
2.4. Kebutuhan
Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas
Tujuan Pembelajaran
Khusus:
o
CGP dapat menjelaskan kebutuhan dasar yang menjadi motif dari tindakan
manusia baik murid maupun guru
o
CGP dapat menganalisis dampak tidak terpenuhinya kebutuhan dasar terhadap
pelanggaran peraturan dan tindakan yang tidak sesuai dengan nilai
kebajikan
o
CGP dapat mengidentifikasi peran dan sekolah guru dalam upayanya
menciptakan lingkungan belajar dan pemenuhan kebutuhan anak yang beragam.
2.5. Restitusi -
Lima Posisi Kontrol
Tujuan Pembelajaran Khusus:
o
CGP dapat melakukan refleksi atas praktik disiplin yang dijalankan selama
ini dan dampaknya untuk murid-muridnya.
o
CGP dapat menerapkan disiplin restitusi di
posisi Manajer, minimal pemantau agar dapat menghasilkan murid
yang bertanggung jawab, mandiri dan merdeka.
o
CGP dapat menganalisis secara kritis, reflektif, dan
terbuka atas penemuan diri yang didapatkan dari mempelajari 5 posisi kontrol.
2.6. Restitusi -
Segitiga Restitusi
Tujuan Pembelajaran
Khusus:
o
CGP menjelaskan restitusi sebagai salah satu cara menanamkan disiplin
positif pada murid sebagai bagian dari budaya positif di sekolah.
o
CGP dapat menerapkan restitusi dalam membimbing murid berdisiplin positif
agar menjadi murid merdeka.
o
CGP dapat menganalisis dengan sikap reflektif dan kritis penerapan disiplin
positif di lingkungannya.
Komentar
Posting Komentar