1.3.h. Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.3
Kerjakan lagi
·
Batas waktu 29 Jul jam 23:59
·
Format isian
teks, url website, or unggah dokumen
Durasi : 4 JP
Moda: Penugasan mandiri
Tujuan
Pembelajaran:
1.
1.
1.
1.
1. CGP mempraktekan penerapan paradigma
Inkuiri Apresiatif untuk mengidentifikasi potensi diri dan membuat kalimat
prakarsa perubahannya.
2. CGP menyusun BAGJA menurut kalimat
prakarsa perubahan diri yang telah dibuat untuk kemudian menjalankannya.
Selamat datang
kembali di sesi pembelajaran ke 4!
Pada bagian ini, Bapak/Ibu Calon Guru
Penggerak akan ditantang untuk menjalankan model manajemen perubahan
Inkuiri Apresiatif BAGJA secara nyata. Sebagai latihan, Anda diminta
untuk menjalankan tahapan BAGJA untuk menghasilkan sebuah rekomendasi
perubahan.
Sebagai tambahan, Anda juga dapat
menyimak terlebih dahulu paparan Jon Townsin seorang Psikolog Organisasi yang
menjelaskan inkuiri apresiatif dalam video berikut sebagai filosofi dan
proses untuk memanfaatkan kekuatan dan pengalaman semua orang yang berada dalam
suatu sistem untuk mewujudkan yang diinginkan.
Menurut Townsin, inkuiri apresiatif
dapat menyuntikkan energi, harapan dan optimisme ketika kebutuhan untuk
perubahan telah teridentifikasi. Kali ini, sebagai latihan, kita tentukan
kebutuhan perubahan tersebut.
Sebagai pendidik, kita perlu ingat
kembali tujuan pendidikan nasional yang telah dinyatakan dalam Undang-Undang
Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal
3, bahwa pendidikan diselenggarakan agar setiap individu dapat menjadi manusia
yang “beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan
bertanggung jawab”. Sekarang, berdasarkan pedoman itu, Profil Pelajar Pancasila
diharapkan menjadi pegangan untuk para pendidik di ruang belajar yang lebih
kecil. Profil ini tidak hanya dimiliki oleh murid berprestasi secara akademik
atau murid yang menonjol dalam bakat lainnya, profil pelajar Pancasila ini
diharapkan dimiliki oleh seluruh murid Bapak/Ibu di dalam kelas.
https://www.youtube.com/watch?v=apqKi_m6Ejs
Fokuskan diri Bapak/Ibu untuk
menjalankan B-A-G-J-A tahap demi tahap. Susunlah pertanyaan-pertanyaan yang
dapat mengungkap hal paling menyenangkan, positif atau menarik yang Bapak/Ibu
rasakan saat berinteraksi dengan murid. Gunakan rubrik di bawah ini untuk
memandu penyusunan pertanyaan dan tindakan di tiap tahapan. Bukalah ruang
dialog bersama murid-murid ini untuk menghasilkan pertanyaan-pertanyaan yang
sesuai di tiap tahapan B-A-G-J-A bagi pengembangan diri Bapak/Ibu. Model
B-A-G-J-A merupakan praktik membawakan proses perubahan berbasis kekuatan.
Setelah Bapak/Ibu membuat prakarsa perubahan diri yang kemudian dijabarkan
dalam kanvas BAGJA, maka proses berikutnya adalah Bapak/Ibu diminta untuk
mengunggahnya ke LMS.
Pada tugas Demonstrasi Kontekstual kali ini, Bapak/Ibu
diminta membuat rancangan tindakan perubahan berdasarkan
tahapan B-A-G-J-A untuk mulai melakukan perubahan pada diri sendiri sehingga
semakin berdaya dalam berpihak pada murid. Temukan potensi dan kekuatan, juga
hal baru dalam diri Bapak/Ibu yang dapat membawa manfaat untuk murid.
Unduh kanvas BAGJA disini
Rubrik DK Modul 1.3
Rubrik DK Modul 1.3 |
||||||
Criteria |
Ratings |
Pts |
||||
This
criterion is linked to a learning outcomeB-uat pertanyaan utama (Define) 1️⃣ mengarahkan perhatian ke arah yang positif dan/atau menggunakan pola
pendekatan berbasis kekuatan; |
|
16 pts |
||||
This
criterion is linked to a learning outcomeA-mbil pelajaran (Discover) 1️⃣ mengarahkan perhatian ke arah yang positif dan/atau menggunakan pola
pendekatan berbasis kekuatan; |
|
16 pts |
||||
This
criterion is linked to a learning outcomeG-ali mimpi (Dream) 1️⃣ mengarahkan perhatian ke arah yang positif dan/atau menggunakan pola
pendekatan berbasis kekuatan; |
|
16 pts |
||||
This
criterion is linked to a learning outcomeJ-abarkan rencana (Design) 1️⃣ mengarahkan perhatian ke arah yang positif dan/atau menggunakan pola
pendekatan berbasis kekuatan; |
|
16 pts |
||||
This
criterion is linked to a learning outcomeA-tur eksekusi (Deliver) J-abarkan
rencana (Design) 1️⃣ mengarahkan perhatian ke arah yang positif dan/atau menggunakan pola
pendekatan berbasis kekuatan; |
|
16 pts |
||||
This
criterion is linked to a learning outcomeKetepatan waktu pengumpulan tugas |
|
20 pts |
||||
Total points: 100 |
Komentar
Posting Komentar