1.1.f. Eksplorasi Konsep - Modul 1.1 POINT 2
·
Batas waktu Tidak ada batas waktu
·
Jumlah Soal 3
·
Batas durasi Tidak ada
·
Batas jumlah pengerjaan Tidak dibatasi
Instruksi
1. Peserta memahami pemikiran Ki Hadjar Dewantara
(KHD) mengenai tujuan dan asas pendidikan;
2. Peserta menganalisis
konsep-konsep pemikiran KHD berdasarkan pengalaman pembelajaran yang berpihak
pada murid.
Gunakan navigasi diatas untuk ke halaman berikutnya!
Potret pendidikan
Indonesia sejak zaman kolonial hingga kini
Bapak/Ibu CGP, mengawali refleksi
filosifis Pendidikan Indonesia, Anda diminta untuk menyimak video
"Pendidikan Zaman Kolonial" di bawah ini. Bapak/Ibu CGP dapat melihat
perjalanan Pendidikan Indonesia sebelum kemerdekaan dan peran sekolah Taman
Siswa sejak pendiriannya di tahun 1922.
Selanjutnya, silahkan jawablah
pertanyaan panduan berikut sebagai refleksi diri terhadap perjalanan Pendidikan
Indonesia sebelum Kemerdekaan dan membandingkannya dengan kondisi pendidikan
saat ini pada konteks sekolah Anda.
https://www.youtube.com/watch?v=YBqW3vwIw-c
Soal 1
Apa bagian yang paling menarik bagi
saya? Mengapa?
Your answer:
bagian yang paling menarik buat saya adalah pendidikan
pada zaman kolonial hanya diperuntukkan untuk kalangan tertentu dan kepentingan
tertentu. serta pembelajaran zaman kolonial hanya membaca, menulis, dan
menghitung untuk usaha dagang.
karena apabila pendidikan hanya untuk kalangan
tertentu dan kepentingan tertentu serta hanya membaca, menulis dan menghitung
untuk kepentingan usaha dagang kita tidak akan bisa mengikuti perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi seperti saat ini.
dengan adanya peran taman siswa yang berdiri tahun
1922 berdirilah banyak sekolah- sekolah yang tidak adanya diskriminasi untuk
kalangan tertentu atau tujuan tertentu.
seperti yang ada disekolah saya saat ini banyak dari
berbagai kalangan masyarakat sehingga tidak ada diskriminasi. dan juga sekolah
saya saat ini tidak hanya memberikan pembelajaran tentang membaca, menulis dan
menghitung saja tetapi juga pembelajaran berbasis teknologi, mereka bisa
mendapat infomasi langsung di Laboraturium komputer dan mereka juga bisa
melakukan penelitian untuk mata pelajaran ipa di laboraturium.
keren sekali apa yang diterapkan disekolahan
bu ngesti
Soal 2
Apa tujuan pendidikan yang dapat dilihat
dari video ini pada zaman Kolonial?
Your answer:
tujuan pendidikan pada zaman kolonial hanya
menguntungkan kalangan- kalangan tertentu, seperti tahun 1854 hanya mendidik
calon pegawai ditahun yang sama juga hadirlah sekolah bumi putra yang hanya
mengajarkan membaca, menulis, dan menghitung terbatas untuk pembantu untuk
mendukung usaha dagang. pemerintah hindia belanda memberikan kemudahan untuk
dokter djawa mendapatkan pengajaran tujuannya tidak lain agar tidak perlu
mendatangkan tenaga medis dari belanda karena mahal.
setelah berdirinya sekolah taman siswa melahirkan
semangat kebangsaan serta anti penjajah, sehingga lahirlah banyak sekolah -
sekolah di negri ini yang tidak hanya diperuntukkan untuk kalangan tertentu dan
kepentingan tertentu, semua masyarakan indonesia mendapatkan hak yang sama
untuk mendapatkan pendidikan.
seperti yang terjadi disekolah saya saat ini banyak
sebagian dari peserta didik dari kalangan tidak mampu dan gratis
semoga semua sekolah mempermudah semua
kalangan masyarakat agar bisa mengenyam pendidikan secara merata
Soal 3
Apa persamaan dan perbedaan antara
proses pembelajaran pada zaman Kolonial dengan proses pembelajaran saat ini?
Your answer:
perbedaan proses pembelajaran pada zaman kolonial
dengan proses pembelajaran saat ini.
pada zaman kolonial pembelajaran hanya untuk
kepentingan tertentu dan kalangan tertentu, yaitu untuk calon pegawai dan usaha
saja. tidak semua penduduk pribumi bisa mendapatkan pembelajaran dan cenderung
diskriminatif. pada zaman sekarang semua penduduk pribumi/ masyarakat indonesia
bisa mendapatkan pendidikan tanpa terkecuali. pendidikan saat ini tidak hanya
berpusat pada membaca, menulis, dan menghitung untuk dagang saja tetapi
berkembang sesuai kebutuhan zaman.
seperti disekolah saya peserta didik tidak hanya
berasal dari kalangan tertentu tapi dari berbagai kalangan sehingga tidak ada
yang namanya kesenjangan sosial. dan juga disekolah saya tidak hanya
mengajarkan tentang membaca, menulis, menghitung untuk kepentingan dagang
tetapi juga untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. peserta
didik diajarkan membaca , menulis dan menghitung lebih kompleks untuk mengejar
perkembangan ilmu pengetahuan saat ini. peserta didik disekolah saya juga
diajarkan pembelajaran komputer untuk mengikuti perkembangan teknologi serta
belajar ilmu sains di laboraturium.
persamaan proses pembelajarab pada zaman kolonial dan
zaman sekarang adalah pembelajaran sama- sama dilaksanakan di sekolah dengan
menerapkan budi pekerti dan dasar pendidikan
sangat setuju sekali bu.
Komentar
Posting Komentar