1.1.f. Eksplorasi Konsep - Modul 1.1 POINT 2

·       Batas waktu Tidak ada batas waktu

 

·       Jumlah Soal 3

 

·       Batas durasi Tidak ada

 

·       Batas jumlah pengerjaan Tidak dibatasi

Instruksi


1.    Peserta memahami pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD) mengenai tujuan dan asas pendidikan;

2.    Peserta menganalisis konsep-konsep pemikiran KHD berdasarkan pengalaman pembelajaran yang berpihak pada murid.


1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11

Gunakan navigasi diatas untuk ke halaman berikutnya!


Potret pendidikan Indonesia sejak zaman kolonial hingga kini

Bapak/Ibu CGP, mengawali refleksi filosifis Pendidikan Indonesia, Anda diminta untuk menyimak video "Pendidikan Zaman Kolonial" di bawah ini. Bapak/Ibu CGP dapat melihat perjalanan Pendidikan Indonesia sebelum kemerdekaan dan peran sekolah Taman Siswa sejak pendiriannya di tahun 1922. 

Selanjutnya, silahkan jawablah pertanyaan panduan berikut sebagai refleksi diri terhadap perjalanan Pendidikan Indonesia sebelum Kemerdekaan dan membandingkannya dengan kondisi pendidikan saat ini pada konteks sekolah Anda. 

 

https://www.youtube.com/watch?v=YBqW3vwIw-c

 

 

Soal 1

Apa bagian yang paling menarik bagi saya? Mengapa?

Your answer:

bagian yang paling menarik buat saya adalah pendidikan pada zaman kolonial hanya diperuntukkan untuk kalangan tertentu dan kepentingan tertentu. serta pembelajaran zaman kolonial hanya membaca, menulis, dan menghitung untuk usaha dagang. 

karena apabila pendidikan hanya untuk kalangan tertentu dan kepentingan tertentu serta hanya membaca, menulis dan menghitung untuk kepentingan usaha dagang kita tidak akan bisa mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti saat ini.

dengan adanya peran taman siswa yang berdiri tahun 1922 berdirilah banyak sekolah- sekolah yang tidak adanya diskriminasi untuk kalangan tertentu atau tujuan tertentu.

seperti yang ada disekolah saya saat ini banyak dari berbagai kalangan masyarakat sehingga tidak ada diskriminasi. dan juga sekolah saya saat ini tidak hanya memberikan pembelajaran tentang membaca, menulis dan menghitung saja tetapi juga pembelajaran berbasis teknologi, mereka bisa mendapat infomasi langsung di Laboraturium komputer dan mereka juga bisa melakukan penelitian untuk mata pelajaran ipa di laboraturium.

keren sekali apa yang diterapkan disekolahan bu ngesti

 

 

Soal 2

Apa tujuan pendidikan yang dapat dilihat dari video ini pada zaman Kolonial?

Your answer:

tujuan pendidikan pada zaman kolonial hanya menguntungkan kalangan- kalangan tertentu, seperti tahun 1854 hanya mendidik calon pegawai ditahun yang sama juga hadirlah sekolah bumi putra yang hanya mengajarkan membaca, menulis, dan menghitung terbatas untuk pembantu untuk mendukung usaha dagang. pemerintah hindia belanda memberikan kemudahan untuk dokter djawa mendapatkan pengajaran tujuannya tidak lain agar tidak perlu mendatangkan tenaga medis dari belanda karena mahal.

setelah berdirinya sekolah taman siswa melahirkan semangat kebangsaan serta anti penjajah, sehingga lahirlah banyak sekolah - sekolah di negri ini yang tidak hanya diperuntukkan untuk kalangan tertentu dan kepentingan tertentu, semua masyarakan indonesia mendapatkan hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan.

seperti yang terjadi disekolah saya saat ini banyak sebagian dari peserta didik dari kalangan tidak mampu dan gratis

semoga semua sekolah mempermudah semua kalangan masyarakat agar bisa mengenyam pendidikan secara merata

 

Soal 3

Apa persamaan dan perbedaan antara proses pembelajaran pada zaman Kolonial dengan proses pembelajaran saat ini?

Your answer:

perbedaan proses pembelajaran pada zaman kolonial dengan proses pembelajaran saat ini.

pada zaman kolonial pembelajaran hanya untuk kepentingan tertentu dan kalangan tertentu, yaitu untuk calon pegawai dan usaha saja. tidak semua penduduk pribumi bisa mendapatkan pembelajaran dan cenderung diskriminatif. pada zaman sekarang semua penduduk pribumi/ masyarakat indonesia bisa mendapatkan pendidikan tanpa terkecuali. pendidikan saat ini tidak hanya berpusat pada membaca, menulis, dan menghitung untuk dagang saja tetapi berkembang sesuai kebutuhan zaman.

seperti disekolah saya peserta didik tidak hanya berasal dari kalangan tertentu tapi dari berbagai kalangan sehingga tidak ada yang namanya kesenjangan sosial. dan juga disekolah saya tidak hanya mengajarkan tentang membaca, menulis, menghitung untuk kepentingan dagang tetapi juga untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. peserta didik diajarkan membaca , menulis dan menghitung lebih kompleks untuk mengejar perkembangan ilmu pengetahuan saat ini. peserta didik disekolah saya juga diajarkan pembelajaran komputer untuk mengikuti perkembangan teknologi serta belajar ilmu sains di laboraturium.

 

persamaan proses pembelajarab pada zaman kolonial dan zaman sekarang adalah pembelajaran sama- sama dilaksanakan di sekolah dengan menerapkan budi pekerti dan dasar pendidikan

sangat setuju sekali bu.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal uas semester gasal senibudaya kelas x

SOAL DAN JAWABAN KARBOHIDRAT KIMIA KELAS XII SEMESTER 1