1.4.f.1. Disiplin Positif dan Nilai-Nilai Kebajikan Universal POINT 10

All sections

1414 Jawaban belum terbaca.3030 Jawaban.

Moda: Kegiatan mandiri, Forum Diskusi
Tujuan Pembelajaran Khusus:

·       

o    

§   

§   

§  CGP dapat menjelaskan makna ‘kontrol’ dari paparan Teori Kontrol Dr. William Glasser serta miskonsepsi yang terjadi di kehidupan sehari-hari, serta dapat menjelaskan perubahan paradigma stimulus respon kepada teori kontrol.

§  CGP dapat menjelaskan makna Disiplin Positif, dan mengamati penerapannya di lingkungannya, serta kaitan Teori Kontrol dengan 3 Motivasi Perilaku Manusia.

§  CGP menjelaskan pentingnya memilih dan menentukan nilai-nilai kebajikan yang akan diyakini dan disepakati seluruh warga sekolah, sehingga kelak tercipta sebuah budaya positif.


1  2  3  4  5  6  7  8   9   10   11   12   13   14  

Gunakan navigasi diatas untuk ke halaman berikutnya!


Tugas 2.1 (3)

Selanjutnya, silakan jawab pertanyaan berikut. 

Bila di sekolah Anda tidak ada aturan yang memberikan surat teguran bagi karyawan yang sering datang terlambat, atau tidak ada atasan yang memberikan Anda penghargaan menjadi karyawan terbaik, karena sering tepat waktu, apakah Anda akan tetap datang tepat waktu untuk mengajar murid-murid Anda? Jelaskan alasan Anda.

 

Tentu, saya akan tetap datang tepat waktu untuk mengajar murid-murid saya, meskipun tidak ada aturan yang secara eksplisit menghukum keterlambatan atau memberikan penghargaan atas ketepatan waktu. Karena hal itu bukan masalah ada atau tidak ada teguran ataupun penghargaan tetapi tentang profsionalisme sebagai seorang pendidik, saya memiliki tanggung jawab profesional untuk memberikan contoh yang baik kepada murid-murid saya. Ketepatan waktu adalah salah satu nilai dasar yang perlu ditanamkan pada anak didik. Jika saya sendiri tidak disiplin, bagaimana saya bisa menuntut murid-murid saya untuk disiplin?. Sebagai bentuk penghormatan tehadap siswa karena menghormati waktu murid dan keterlambatan saya akan mengurangi waktu efektif pembelajaran dan merugikan hak belajar murid-murid. Dengan kita datang tepat waktu dapat menjaga kualitas pembelajaran dengan memulai pembelajaran tepat waktu, saya dapat menciptakan suasana belajar yang lebih efektif dan produktif. Dan yang terpenting adalah mencerminkan integritas dan profesionalisme.

Sebagai seorang pendidik, saya yakin bahwa tindakan kita, baik yang besar maupun yang kecil, akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan murid-murid kita. Oleh karena itu, saya akan selalu berusaha untuk menjadi teladan yang baik bagi mereka.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal uas semester gasal senibudaya kelas x

contoh soal dan pembahasan momentum dan impuls kelas x semester 2