1.4.f.1. Disiplin Positif dan Nilai-Nilai Kebajikan Universal POINT 10
All sections
1414
Jawaban belum terbaca.3030
Jawaban.
Moda: Kegiatan mandiri, Forum Diskusi
Tujuan Pembelajaran Khusus:
·
o
§
§
§
CGP dapat menjelaskan makna ‘kontrol’ dari paparan Teori Kontrol Dr.
William Glasser serta miskonsepsi yang terjadi di kehidupan sehari-hari, serta
dapat menjelaskan perubahan paradigma stimulus respon kepada teori kontrol.
§
CGP dapat menjelaskan makna Disiplin Positif, dan mengamati penerapannya di
lingkungannya, serta kaitan Teori Kontrol dengan 3 Motivasi Perilaku Manusia.
§
CGP menjelaskan pentingnya memilih dan menentukan nilai-nilai kebajikan
yang akan diyakini dan disepakati seluruh warga sekolah, sehingga kelak
tercipta sebuah budaya positif.
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14
Gunakan navigasi diatas untuk ke halaman
berikutnya!
Tugas 2.1 (3)
Selanjutnya, silakan jawab pertanyaan
berikut.
Bila di sekolah Anda tidak ada aturan yang memberikan surat teguran bagi
karyawan yang sering datang terlambat, atau tidak ada atasan yang memberikan
Anda penghargaan menjadi karyawan terbaik, karena sering tepat waktu, apakah
Anda akan tetap datang tepat waktu untuk mengajar murid-murid Anda? Jelaskan
alasan Anda.
Tentu, saya akan tetap datang tepat
waktu untuk mengajar murid-murid saya, meskipun tidak ada aturan yang secara
eksplisit menghukum keterlambatan atau memberikan penghargaan atas ketepatan
waktu. Karena hal itu bukan masalah ada atau tidak ada teguran ataupun
penghargaan tetapi tentang profsionalisme sebagai seorang pendidik, saya
memiliki tanggung jawab profesional untuk memberikan contoh yang baik kepada
murid-murid saya. Ketepatan waktu adalah salah satu nilai dasar yang perlu
ditanamkan pada anak didik. Jika saya sendiri tidak disiplin, bagaimana saya
bisa menuntut murid-murid saya untuk disiplin?. Sebagai bentuk penghormatan
tehadap siswa karena menghormati waktu murid dan keterlambatan saya akan
mengurangi waktu efektif pembelajaran dan merugikan hak belajar murid-murid.
Dengan kita datang tepat waktu dapat menjaga kualitas pembelajaran dengan
memulai pembelajaran tepat waktu, saya dapat menciptakan suasana belajar yang
lebih efektif dan produktif. Dan yang terpenting adalah mencerminkan integritas
dan profesionalisme.
Sebagai seorang
pendidik, saya yakin bahwa tindakan kita, baik yang besar maupun yang kecil,
akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan murid-murid
kita. Oleh karena itu, saya akan selalu berusaha untuk menjadi teladan yang
baik bagi mereka.
Komentar
Posting Komentar